Penerapan Tilang Elektronik Bisa Kurangi Kemacetan di Jalan

29/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Penerapan Tilang Elektronik Bisa Kurangi Kemacetan di Jalan
Pihak kepolisian bakal menambahkan sistem e-TLE alias tilang elektronik di sejumlah daerah. Adanya tilang elektronik dipercaya bisa mengurangi kemacetan.

Seiring dengan perkembangan teknologi sistem tilang di Indonesia pun kini lebih canggih. Kalau dulu Anda mungkin biasa melihat tilang dilakukan pihak kepolisian dengan menyetop kendaraan di pinggir jalan. Walhasil, tak jarang hal ini menimbulkan kemacetan. 

Namun dalam beberapa tahun terakhir, pihak kepolisian sudah mulai menerapkan sistem tilang elektronik atau biasa disebut Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Penerapan tilang elektronik dilakukan sebagai upaya pelayanan keamanan dan keselamatan maupun hukum dengan mempersingkat cara menindak atau melakukan penindakkan oleh para petugas di lapangan. 

Cara Mengetahui Lokasi Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze

Akan diterapkan lebih banyak di Indonesia

>>> 50 Kamera e-TLE Baru di Jakarta Bakal Intai Pelanggar Lalu Lintas

Bisa Minimalisir Kemacetan

E-TLE sudah terhubung dengan sejumlah sistem yang bisa membaca kode-kode pengaman pada SIM/ STNK maupun kendaraan yang sedang melintas tidak dengan blangko dengan kamera CCTV maupun dengan gate secara online.

Nantinya sistem itu juga sudah terhubung dengan back office untuk mengenali wajah maupun kendaraan. Cara itu dinilai lebih praktis sehingga kepolisian tak perlu repot memberhentikan kendaraan yang melanggar. 

Dengan E-TLE jumlah personel yang bertugas di lapangan dapat diminimalisir, terawasi 24 jam penuh, serta semua pelanggaran lalu lintas dapat termonitor secara bersamaan, lalu dapat dijadikan bukti valid dalam persidangan.

“Selain itu juga dapat meminimalisir kemacetan, karena tidak melakukan pemberhentian kendaraan di jalan,” ungkap Kakorlantas Irjen Pol Istiono. 

>>> Kamera ETLE Ditambah, Sasaran Tilang Elektronik Diperluas

Sejumlah Daerah Juga Bakal Menerapkan E-TLE

Disebutkan Istiono, sistem E-TLE dapat memberikan dampak positif pada pelayanan lalu lintas yang lebih efisien, mudah, dan tepat. Nantinya E-TLE akan diaplikasikan di sejumlah titik yang lebih luas guna mendukung kinerja 100 hari Kapolri Listyo Sigit Prabowo. 

Gambar menunjukkan rambu tilang elektronik di jalan

Jumlah kamera di Jakarta bakal ditambah

Adapun titik-titik penambahan E-TLE yakni Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Jateng, Jatim, Riau, dan DIY pada bulan Maret 2021.

Nantinya akan dilanjutkan pada bulan berikutnya sekaligus persiapan dalam pengamanan arus mudik tahun 2021 di Sumut, Sumsel, Sumbar, Jambi, Kaltim, Kalsel, Bali, Banten, Sulut, Sulsel, NTT dan Kepri. Untuk di kawasan Ibu Kota sendiri Direktorat Lalu Lintas Polda Metro saat ini tengah mengajukan penambahan 50 kamera e-TLE baru di Jakarta ke Pemprov DKI untuk mengcover pelanggaran lalu lintas.

“Nantinya launching sendiri akan dipimpin oleh bapak Kapolri,” lanjut ujar Istiono.

>>> Cara Mengetahui Lokasi Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top