Penelitian Tunjukan Mobil Diesel Lepaskan Emisi Lebih Besar

26/06/2018

Pasar mobil
Penelitian Tunjukan Mobil Diesel Lepaskan Emisi Lebih Besar
Meskipun beberapa instansi pemerintah di Eropa sudah menetapkan batas emisi yang diperbolehkan, sebuah penelitian menunjukan bagaimana hampir semua mobil diesel di jalanan melewati batas emisi yang telah ditetapkan.

Mesin diesel secara sistematis melepaskan nitrogen oksida dalam jumlah besar ke atmosfer selama mengemudi meskipun mobil diesel memenuhi peraturan terbaru yang di tetapkan di Eropa tentang emisi minimum yang boleh dikeluarkan oleh kendaraan, berdasarkan penelitian yang dikerjakan oleh International Council on Clean Transportation (ICCT).

ICCT merupakan sebuah organisasi nonprofit independen yang berbasis di Berlin. Para ilmuwan di ICCT telah merisi hasil pertama dari penelitian yang telah dilakukan dengan berbagai organisasi lain, termasuk FIA Foundation.

Gambar yang menunjukan sebuah kontainer yang mengeluarkan asap knalpot berwarna putih

Menurut penelitian, mobil bermesin diesel menghasilkan emisi yang lebih banyak

>>> Mitsubishi Eclipse Cross kembali dapatkan tingkat keselamatan bintang 5 dari NCAP

The Real Urban Emissions Initiative (True) telah membuat sistem peringkat publik yang merefleksikan hasil penelitian dari emisi NOx yang terjadi di jalanan perkotaan. Penelitian ini juga menilai hasil buangan mobil melalui skema hijau/kuning/merah sebagai perbandingan baik/sedang/buruk untuk mencerminkan tingkan polusi kendaraan.

True telah menguji sekitar 4.850 model, mulai dari kendaraan Euro 3 hingga standar Euro 6. Hasil yang didapatkan cukup mengejutkan, dengan semua kendaraan diesel standar Euro 3, 4, dan 5 menerima penilaian buruk. Sedangkan 91 kendaraan Euro 6 juga berada dalam posisi berbahaya. Sebaliknya, semua mesin bensin Euro 6 menerima peringkat baik atau sedang.

>>> Ingin menukar mobil diesel Anda dengan mobil bermesin bensin? Lihat daftarnya di Cintamobil

Gambar yang menunjukan perbandingan mobil bermesin diesel dengan bermesin bensin di Eropa

Perbandingan pengaruh emisi dari mobil bermesin diesel dan bensin di Eropa

Semua model diesel Euro 6 dinilai melebihi batas emisi NOx diukur dengan pengemudian di dunia nyata. Penelitian juga menemukan bahwa keluarga kendaraan bermuatan gas Euro 6 tertinggi memiliki tingkat emisi NOx yang sama dengan kendaraan diesel yang memancarkan emisi terendah.

>>> Berita pasar mobil terbaru paling lengkap hanya ada di Cintamobil

"Jika saya adalah pelanggan, saya akan melihat angka-angka ini pada saat ini dan harus menyimpulkan saya tidak boleh membeli mobil diesel," kata Peter Mock dari ICCT. "Bahkan kendaraan diesel Euro 6 tidak tampil baik pada saat ini sehingga hampir semua dari mereka tidak boleh memiliki akses ke pusat kota."

Gambar yang menunjukan logo Volkswagen berwarna biru yang terpampang di jalanan

Skandal Volkswagen menurunkan kepercayaan konsumen terhadap mesin diesel

Mesin diesel mengalami penurunan yang signifikan sejak pertengahan 2015 di Eropa, ketika pertama kali Volkswagen muncul dengan perangkat yang memanipulasi hasil tes emisi saat percobaan buangan di jalan. Perundang-undangan yang lebih ketat mulai diperkenalkan, tetapi masing-masing kota memiliki aturan baru untuk melarang mobil diesel di daerah-daerah tertentu.

>>> Dapatkan semua berita otomotif terkini hanya ada di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top