Penelitian Membuktikan Mobil Terbaru Memiliki Sistem Keselamatan yang Lebih Baik

15/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Penelitian Membuktikan Mobil Terbaru Memiliki Sistem Keselamatan yang Lebih Baik
Tidak dipungkiri, teknologi berkembang dengan pesat pada abad milenial ini dibandingkan seratus tahun yang lalu. Bisnis otomotif juga merasakan dampak yang diberikan, dimana NHTSA mengumumkan bahwa sistem keamanan mobil terbaru lebih aman dibandingkan mobil-mobil sebelumnya.

Bagi konsumen yang ingin membeli mobil, mungkin memperhatikan apa yang diberitakan oleh NHTSA bisa menjadi rekomendasi. Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika merilis data yang dikompilasi sebagai bagian dari Sistem Pelaporan Analisis Kematian yang menegaskan gagasan bahwa sistem keselamatan mobil terbaru lebih aman secara inheren daripada yang lebih tua.

Gambar yang menunjukan mobil berwarna kuning sedang melakukan uji coba sistem keselamatan

Mobil terbaru memiliki sistem keselamatan yang lebih baik

Mengutip dari penelitian tersebut, menjelaskan "Menggunakan data kecelakaan fatal terbaru, analisis ini mendukung penelitian sebelumnya dalam menemukan bahwa proporsi yang lebih tinggi dari penumpang kendaraan yang lebih tua menderita cedera yang fatal. Selain itu, proporsi penumpang kendaraan yang terluka parah meningkat seiring usia kendaraan. "

>>> Baca juga Mengenal sistem keselamatan NHTSA pada mobil

Menghindari membeli mobil yang lebih tua atau keluaran diatas 5-10 tahun ke belakang bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kendaraan yang memiliki sistem keselamatan terbaru. Secara khusus, inilah cara data NHTSA memecah frekuensi kematian dalam kerusakan berdasarkan tahun model:

  • 1984 dan sebelumnya: 55%
  • 1985-1992: 53%
  • 1993-1997: 46%
  • 1997-2002: 42%
  • 2003-2007: 36%
  • 2008-2012: 31%
  • 2013-2017: 26%

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Tentu saja, penelitian ini menggambarkan cakupan data yang luas. Perlu diingat bahwa kapanpun kendaraan dikeluarkan, beberapa kendaraan cenderung memiliki kinerja yang lebih baik dalam uji tabrakan yang dilakukan oleh NHTSA dan Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya Amerika dibandingkan saingan yang dikeluarkan pada tahun yang sama.

Gambar yang menunjukan mobil berwarna perak yang sedang mengalami sistem keselamatan

Perkembangan sistem keselamatan bisa memberikan kenyamanan berkendara

Rating terbaru dari IIHS melangkah lebih jauh dan mempertimbangkan seberapa baik sistem pengereman otomatis kendaraan yang tersedia dapat menghindari atau setidaknya membantu mengurangi efek tabrakan. Bagi kendaraan yang lebih muda, peningkatan teknologi memang dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan mengurangi korban jiwa.

Beberapa fitur keselamatan terbaru seperti kontrol stabilitas dan airbag samping/kepala yang melindungi pengemudi beserta penumpang. Bahkan tidak mungkin, beberapa diler nantinya sudah menjual mobil bekas yang dilengkapi dengan sistem penghindaran kecelakaan berteknologi tinggi, seperti tabrakan depan dan sistem peringatan blind-spot.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top