Penarikan Kembali Airbag Takata: Mobil-Mobil yang Perlu Diperhatikan

03/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Penarikan Kembali Airbag Takata: Mobil-Mobil yang Perlu Diperhatikan
Recall atau penarikan kembali airbag Takata bisa dibilang menjadi salah satu recall paling besar depanjang sejarah permobilan di dunia. Bahkan, untuk Amerika Serikat sendiri, recall ini terjadi pada 49.5 juta airbag dari perusahaan Takata yang dipasang oleh 19 produsen mobil dengan total 37 juta mobil, SUV dan truk.

Dalam beberapa laporan yang diberikan, airbag Takata memiliki kesalahan pada bagian infiltrator. Infiltrator merupakan bagian yang menyebarkan airbag ketika kendaraan mengalami kecelakaan. Kesalahan ‘kecil’ inilah yang membuat penarikan kembali airbag Takata: ketika airbag tidak bisa mengembang dengan sempurna, maka fungsi airbag menjadi hilang.

Pada kantung udara yang rusak, uap air dapat masuk ke bagian infiltrator seiring waktu dan mempengaruhi bahan kimia di dalamnya. Masalah ini bisa menciptakan kekuatan eksplosif yang cukup kuat untuk melemparkan bagian-bagian casing logam infiltrator ke kabin kendaraan dan melukai bahkan membunuh pengemudi dan penumpang.

Gambar yang menunjukan masalah infiltrator airbag Takata pada bagian kemudi mobil

Bagian infiltrator terletak pada kemudi dalam mengembangkan airbag

>>> Baca juga Toyota Camry melakukan recall terkait masalah pompa vakuum

Jumlah korban sejak penarikan nasional diumumkan pada 2015 di Amerika berjumlah 15 orang dan telah melukai setidaknya 240 orang. Pada 2017, Takata mengajukan perlindungan kebangkrutan karena kesulitan mendapatkan kantong udara penganti bagi konsumen mereka.

Lebih dari 28 juta airbag masih harus diganti. Untungnya, produsen mobil juga bergerak dengan secara agresif menjangkau pengguna dengan menginformasikan kepada mereka melalui situs web, seperti yang dilakukan Toyota atau memasuki media sosial. Bahkan, Honda memperkerjakan perwakilan mereka untuk melacak mobil yang lebih tua.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

David Friedman yang merupakan Direktur Mobil dan Kebijakan dan Analisis Produk untuk Consumers Union, menjelaskan, ” Takata dan industri otomotif secara keseluruhan tidak melakukan cukup upaya untuk melindungi konsumen dari kantung udara yang mematikan dan rusak, karena laporan ini memperjelas [penarikan airbag ini].”

Gambar yang menunjukan bagian airbag yang mengembang dari kemudi mobil

Ledakan airbag ini bisa melukai bahkan membunuh pengemudi

NHTSA telah merilis model-model yang dipengaruhi oleh penarikan besar-besaran ini. Model yang patut diperhatikan adalah:

  • Honda Civic 2001-2002
  • Honda Accord 2001-2002
  • Acura TL 2002-2003
  • Honda CR-V 2002
  • Honda Odyssey 2002
  • Acura CL 2003
  • Honda Pilot 2003
  • Ford Ranger 2006
  • Mazda B-Series 2006

Untuk mengetahui kendaraan yang membutuhkan inflator airbag baru, konsumen bisa melihat nomor identifikasi kendaraan (Vehicle Identification Number /VIN) yang dapat ditemukan di bagian bawah kaca depan di sisi pengemudi atau pada stiker di pintu pengemudi.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top