Pemprov Jatim Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

21/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hingga 24 Juni 2021 Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar pemutihan pajak kendaraan bermotor roda empat dan roda dua serta undian berhadiah tabungan umroh.

Upaya mendorong pemilik kendaraan bermotor memenuhi kewajiban membayar pajak terus diupayakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Di bulan puasa ini Pemprov menggelar program Diskon Ramadan 2021 dengan tawaran menarik berupa penghapusan sanksi administrasi, meringankan pokok pajak, dan program undian berhadiah.

Informasi diatas diunggah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagramnya @khofifah.ip.

“Buat semua wajib pajak, pemilik kendaraan roda dua, roda empat, atau lebih. Pemprov Jatim memberikan Diskon Ramadhan berupa pengurangan pokok Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar 15 persen untuk roda 2 dan roda 3 serta 5 persen untuk roda 4 atau lebih.” tulis Khofifah.

>>> Mobil Toyota Dapat 'Jatah' Diskon PPnBM Paling Banyak

Foto Datsun Go 2016 warna putih plat nomor Jawa Timur

Pemprov Jatim dorong wajib pajak memenuhi kewajibannya membayar pajak

  • Penghapusan sanksi administrasi

Penghapusan sanksi administrasi atau denda berlaku buat Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang sudah jatuh tempo dan belum dibayarkan, serta Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

  • Diskon pajak

Diskon atau pengurangan pokok PKB diberikan untuk kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat, atau lebih, serta berlaku untuk kendaraan baru maupun lama. Rinciannya; kendaraan roda empat atau lebih sebesar 5%, kendaraan roda dua dan tiga 15%.

  • Program undian berhadiah

Tidak hanya pemutihan pajak seperti di atas, wajib pajak juga diikutkan dalam undian berhadiah senilai 30 juta rupiah. Hadiah diberikan berupa tabungan umroh untuk 15 orang yang beruntung.

Program Diskon Ramadan 2021 di atas berlaku ketentuan-ketentuan, yaitu khusus warga Jawa Timur dan berlaku mulai 20 April hingga 24 Juni 2021. Untuk informasi lebih lengkap warga Jatim bisa menghubungi Kantor Bersama Samsat terdekat di seluruh kota di Jawa Timur.

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim sepanjang Triwulan I tahun 2021, masih ada sekitar 18,09 persen wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya membayar pajak. Padahal pemasukan pajak sangat penting. Pajak menjadi salah satu sumber daya dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

Gubernur berharap promo ini dimanfaatkan dengan baik oleh warga Jawa Timur.

“Bagi masyarakat Jatim yang bulan Januari sampai Maret kemarin belum bayar pajak, monggo silahkan bayar di bulan Ramadan ini. Selain Insya Allah akan berkah, juga pasti dapat diskonnya dan hilang dendanya,” ujarnya.

>>> Baru Jual Mobil? Jangan Lupa Lapor Biar Tak Bayar Pajak Progresif

Gambar banner Promo Diskon Ramadan Pajak Kendaraan Bermotor di Jawa Timur

Pemprov Jatim gelar promo pajak kendaraan bermotor

>>> [INFOGRAFIK] Harga Mobil Baru Sebelum dan Setelah Insentif Pajak PPnBM

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top