Pemilik Porsche 911 Ajukan Gugatan karena Merasa Ditipu Porsche

20/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Pemilik Porsche 911 Ajukan Gugatan karena Merasa Ditipu Porsche
Pemilik Porsche 911 ini merasa apa yang diiklankan Porsche tentang emisi gas buang dan efisiensi bahan bakar mobilnya jauh dari kenyataan. Bahkan si pemilik menemukan alat yang dicurigai memanipulasi data emisi tersebut.

Volkswagen (VW) Group mengaku telah mengambil banyak pelajaran dari kasus Dieselgate yang menimpa perusahaan otomotif asal Jerman tersebut. Dan setelah kasus ini mencuat setidaknya lima tahun yang lalu, VW Group telah melakukan perombakan besar-besar. Mulai dari jajaran direktur eksekutifnya sampai lini produk yang mereka pasarkan.

Tapi rupanya pengajuan gugatan dari konsumen atas skandal emisi gas buang ini masih melekat pada bisnis VW Group. Misalnya saja yang belum lama ini dilayangkan seorang pemilik Porsche 911 produksi 2012. Menurut pemilik mobil sport tersebut, Porsche sudah memanipuasi kadar emisi dan juga data efisiensi bahan bakar dari mobilnya.

>>> Peluncuran Porsche Taycan Cross Turismo Tertunda karena Covid-19

Porsche Dinilai Manipulasi Data Emisi

Porsche 911 Carrera

Pemilik Porsche ini menilai emisi bahan bakar mobilnya jauh dari yang diiklankan

Dikutip dari Carbuzz, Selasa (20/10/2020), seseorang membeli sebuah Porsche 911 Carrera bekas yang sudah menempuh jarak sekitar 58.800 kilometer seharga USD 65.800 atau kira-kira Rp 956 juta. Mobil tersebut kemudian ia kirim ke California, Amerika Serikat (AS) untuk didaftarkan di kepolisian setempat.

Setelah memiliki dan menggunakan mobil terseut untuk beberapa lama, si pemilik Porsche 911 ini mengaku menemukan sebuah perangkat yang diduga berfungsi menghilangkan emisi. Perangkat inilah yang kemudian diyakini menjadi alat manipulasi Porsche agar bisa lolos dari izin Federal Motor Transport Authority di Jerman.

Pemilik Porsche itu merasa dengan adanya alat tersbeut maka ia sudah kehilangan nilai sesungguhnya dari kendaraan yang ia miliki. Alat ini pula yang ia yakini memberikan keterangan palsu tentang konsumsi bahan bakar dari 911 Carrera tahun 2012.

>>> Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

Pemilik Porsche 911 Ini Sudah Mengukur Emisi Kendaraannya

Porsche 911 Carrera Scandal

Dicurigai ada alat untuk memanipulasi emisi gas buang dari mobil-mobil Porsche

Sebelum mengajukan gugatan kepada pihak Porsche, pemilik mobil lebih dulu mengukur emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar dari kendaraannya. Porsche yang ia punyai disebutkan secara konsisten mencatat konsumsi bahan bakar 5 mil per galon (mpg), padahal diklaim konsumsi BBM mobil itu bisa mencapai 20 mpg.

Lalu tepat di bulan Maret 2020, pemilik Porsche 911 ini melihat komputer pada kendarananya seperti mem-flash kode tertentu yang ia tidak pahami. Ia pun mencoba melakukan reset untuk kode-kode aneh tersebut, menambahkan aditif bahan bakar, dan mengganti tutup bensin. Semua ini ia lakukan berdasarkan informasi yang ia dapat dari forum pemilik Porsche.

Tetapi ternyata kode itu muncul lagi beberapa bulan berikutnya. Ia pun membawa mobilnya ke bengkel resmi dan diberitahu akan ada penggantian komponen yang diklaim mengalami penyumbatan. Inilah yang dikatakan pihak dealer menjadi penyebab mengapa mobilnya jauh lebih boros dari yang diklaim pihak pabrikan karena mesin membakar bahan bakar lebih cepat.

>>> Review Porsche 911 Carrera 2017: Ubahan 911 nan Lebih Sporty

Ada Pemilik Porsche Lain yang Mengalami Hal Serupa

Namun ternyata, gugatan yang sama juga datang dari pemilik Porsche 911 lain. Diceritakan jika ia juga membeli Porsche 911 dalam keadaan bekas tapi jarak tempuhnya masih rendah. Namun nyatanya, mobil tidak memiliki efisiensi bahan bakar yang baik serta emisi yang tidak sesuai yang diiklankan. Bahkan pemilik ini merasa ditipu oleh Porsche.

Porsche memang sempat kembali terganjal kasus emisi mesin untuk produk-produknya di Eropa. Model ini dicurigai terjadi pada 911 Carrera dan Panamera yang diproduksi tahun 2008 - 2013. Namun belum ada keterangan remsi lanjutan dari pihak Porsche terkait adanya dua gugatan dari pemilik 911 tersebut.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Modifikasi Porsche 911 RWB Bertema Warna Warni Apple

29/09/2020

Pengemudian

5 menit

Modifikasi RWB selalu melahirkan karya yang unik, termasuk modifikasi Porsche 911 RWB yang satu ini, karena lebih memilih tema warna dari logo komputer Apple di masa lampau.

Lihat juga

Porsche Tersangkut Skandal Emisi Mesin

27/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Gaung skandal Dieselgate belum sepenuhnya sunyi, Volkswagen Group kembali tersangkut skandal terkait mesin, kali ini Porsche yang diinvestigasi oleh otoritas Jerman.

Lihat juga

Porsche 911 Turbo 2021 Tawarkan Paket Hemat dengan Performa Jempolan

20/07/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah peluncuran 911 Turbo S Maret lalu, Porsche memperkenalkan 911 Turbo 2021 yang punya tenaga 70 HP lebih rendah, namun lebih murah Rp 600 juta-an dari model flagship.

Lihat juga

Porsche Hadirkan 911 Targa, Perpaduan Model Coupe dan Convertible

19/05/2020

Mobil baru

3 menit

Tak pernah absen sejak generasi pertama, Porsche kembali menghadirkan model ikonik targa di line-up 911 generasi terbaru, dan akan dijual mulai akhir 2020.

Lihat juga

Porsche Masih Ogah Buat Hypercar Baru dalam Waktu Dekat

01/05/2020

Mobil baru

4 menit

Sempat gencar rumor Hypercar Baru Porsche menyusul bocornya gambar paten beberapa waktu lalu. Pabrikan Stuttgart itu mengonfirmasi belum mau membuat hypercar dalam waktu dekat.

Lihat juga
 
back to top