Pemilik Mobil DFSK Catat, Ini Yang Bikin Garansi Kendaraan Hangus

22/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Bagi Anda yang memiliki mobil DFSK model apapun sebaiknya perhatikan, ada banyak hal yang bikin garansi kendaraan hangus dan tidak berlaku sehingga kalau terjadi error atau masalah pada kendaraan Anda harus tanggung sendiri biaya perbaikannya.

Garansi menjadi salah satu upaya produsen otomotif meningkatkan penjualan. Dengan adanya garansi konsumen lebih merasa tenang dan nyaman karena jika terjadi masalah konsumen tidak harus kehilangan banyak biaya. Makin panjang tempo garansi, makin tenang hati konsumen. Selain itu, garansi dinilai banyak kalangan turut berperan menjaga nilai jual kendaraan tetap tinggi.

Nah, untuk urusan garansi Dongfeng Sokon (DFSK) terbilang sangat berani. Dengan usia yang belum begitu lama sejak kehadirannya di Indonesia pertengahan 2017, PT Sokonindo Automobile (DFSK Motors) selaku distributor memberi garansi panjang hingga 7 tahun atau 150.000 kilometer pada dua model andalannya medium SUV Glory 580 dan compact SUV Glory 560.

>>> DFSK Tawarkan Garansi 7 Tahun Pertama di Dunia

Foto menunjukkan Glory 580 di pameran IIMS 2018 dengan stiker garansi 7 tahun di bodinya

Garansi 7 tahun / 150.000 km jadi senjata bagi DFSK Motors bersaing di Indonesia

Sekali lagi ini adalah garansi yang cukup berani mengingat pabrikan lain belum ada yang memberi garansi selama itu untuk model yang dibuat. Umumnya garansi maksimal hanya 4 sampai 5 tahun saja.

Apakah garansi ini benar-benar berlaku untuk 7 tahun atau 150.000 kilometer? Jawabannya iya. Garansi ini dipastikan berlaku sesuai yang ditawarkan DFSK Motors asalkan konsumen taat persyaratan dan tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat garansi kendaraan hangus tidak berlaku.

Secara global menurut Sugi, ada tiga hal yang membuat garansi kendaraan hangus yaitu penggunaan tidak wajar, tidak melakukan perawatan rutin di bengkel resmi dan tidak bisa menunjukkan tanda bukti servis seperti kehilangan buku servis atau ketinggalan.

"Salah satu contoh apa yang menghanguskan garansi, yaitu pasti mutlak, konsumen tidak melakukan proses perawatan secara berkala. Di buku misalnya mobilnya sudah 20.000 km, tetapi konsumen terlewat. Servis tidak dilakukan dengan sengaja, itu bisa menggugurkan garansi," tutur Technical Training dan Service Manager DFSK Motors, Sugiartono seperti dikutip dari Kompas (19/7/2019).

"Selain itu, adanya penggunaan yang tidak sesuai. Contohnya, Glory 560 ini dipakai untuk balapan. Peruntukkan yang tidak normal ini juga bisa menghanguskan garansi," tambahnya.

>>> Review DFSK Glory 560 2019, silahkan baca di sini!

Foto suasana menjelang Jelang peluncuran Glory 560 di IIMS 2019

DFSK Glory 560 juga digaransi 7 tahun / 150.000 km

Dan secara terperinci, berikut beberapa kondisi yang menyebabkan garansi kendaraan hangus tidak berlaku:

  1. Tidak bisa membuktikan bahwa kendaraan Anda dalam masa garansi.
  2. Merek, model dan Vehicle Identification Number (VIN) pada sertifikat garansi tidak sesuai dengan kendaraan yang sebenarnya
  3. Mengubah struktur atau fungsi dari kendaraan tanpa persetujuan, PT. SOKONINDO AUTOMOBILE tidak bertanggungjawab terhadap kerugian yang diakibatkan hal tersebut.
  4. Kecelakaan
  5. Selama masa garansi, tanpa persetujuan dari PT. SOKONINDO AUTOMOBILE setelah terjadi masalah di kendaraan, pemilik kendaraan berinisiatif menghilangkan barang bukti tanpa persetujuan, melakukan pembongkaran, perbaikan, atau mengganti komponen sehingga analisa penilaian tidak bisa dilakukan.
  6. Kerusakan atau keausan yang tidak normal, disebabkan penggunaan bahan bakar, oli pelumas, cairan rem, radiator coolant, dan lainnya yang tidak mengikuti spesifikasi dari “Owner’s Manual” yang ada.
  7. Perawatan yang dilakukan di bukan bengkel resmi DFSK (termasuk kerusakan akibat kualitas layanan yang diakibatkanya).
  8. Kerusakan sekunder akibat tetap menggunakan kendaraan dalam kondisi tidak normal, termasuk tapi tidak terbatas pada contohnya kerusakan pada bagian kendaraan yang terjadi akibat suhu mesin terlalu panas (overheat) akibat pengguna tetap menjalankan kendaraan dalam kondisi suhu mesin yang tidak normal.
  9. Pengguna tidak mengikuti tata cara penggunaan sesuai buku manual pengguna seperti cara perawatan dan penyimpanan yang salah, mengakibatkan kerusakan atau kehilangan spareparts, termasuk tapi tidak terbatas pada mesin, peralatan elektrik dan bagian lainnya dan komponen yang rusak akibat kendaraan tenggelam, atau akibat pencurian. Kerusakan akibat kelebihan beban, penggunaan yang tidak nomal, seperti balapan, terkena sinar matahari terlalu lama, parkir jangka panjang dan hal lainnya.
  10. Kerusakan akibat kendali manusia karena undang-undang atau peraturan pemerintah, perang, demo, blokade, kecelakaan kerja dan kerusuhan. Termasuk juga banjir, badai, dan bencana alam.
  11. Ketika spare part yang terbuat dari logam aus atau berkarat tetapi tidak mempengaruhi fungsi dari spare part tersebut seperti karat pada chassis dan karat pada sistem knalpot.
  12. Karat pada bagian luar atau pada permukaan dan bagian bodi yang pernah dilakukan perbaikan.
  13. Fenomena yang tidak akan mempengaruhi kualitas atau fungsi kendaraan, termasuk tetapi tidak terbatas pada kebisingan atau getaran halus, penuaan normal, deformasi, warna memudar dan kehilangan cahaya pada bahan non logam seperti kursi, interior, dan eksterior trim.
  14. Kerugian secara tidak langsung akibat penggunaan normal kendaraan.

Jadi meski garansi panjang jadi sesuatu yang menyenangkan, para pemilik mobil DFSK juga harus komitmen mematuhi segala yang disyaratkan agar garansi tetap berlaku.

Nah, bagi Anda yang merasa tertarik memiliki mobil DFSK karena garansinya yang panjang, silahkan datang ke gedung ICE BSD City Tangerang, Banten. Saat ini sedang berlangsung pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar mulai 8 Juli 2019 hingga 28 Juli 2019 mendatang. DFSK Motors turut hadir menempati Hall 6C membawa seluruh model andalannya yaitu medium SUV Glory 580, compact SUV Glory 560 dan pick up Super Cab. DFSK Motors juga memperkenalkan varian terbarunya yaitu Glory I-Auto yang dibekali teknologi voice command serta mobil konsep bertenaga listrik Glory E3.

Ada banyak promo menarik ditawarkan mulai DP ringan mulai Rp 49 jutaan, angsuran mulai Rp 3 jutaan, bunga 0%, cashback senilai Rp 1 juta, door prize berupa emas hingga kesempatan memenangkan paket tour ke pulau Hainan serta masih banyak lagi yang lain.

>>> Berikut Tips Jitu Kunjungi GIIAS 2019 Agar Lebih Nyaman Dan Optimal

>>> Berita informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top