Pemerintah Thailand Potong Pajak Suku Cadang Mobil Listrik

12/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah Thailand Potong Pajak Suku Cadang Mobil Listrik
Pemerintah Thailand Berencana untuk potong pajang suku cadang mobil listrik untuk biasa hadirkan 750.000 mobil listrik dalam 10 tahun mendatang.

Dorongan pemerintah Thailand untuk kendaraan listrik terus berlanjut. Kali ini dengan mengurangi bea masuk suku cadang otomotif yang digunakan untuk merakit mobil listrik (EV) di Thailand. Hal ini dilakukan untuk bisa menurunkan harga EV mendekati harga mobil bermesin bensin.

>>> Mercedes-Benz Vision EQXX, EV Paling Efisien di Dunia

Gambar menunjukan Mobil listrik

Harga EV ingin lebih terjangkau di Thailand

Potong Pajak Suku Cadang ini untuk Turunkan Harga Mobil Listrik

Untuk saat ini, pejabat ekonomi industri Thailand telah ditugaskan untuk melakukan studi kelayakan opsi pengurangan pajak suku cadang mobil listrik. Kemudian studi yang dihasilkan akan diteruskan ke Komite Kebijakan Kendaraan Listrik Nasional untuk dipertimbangkan lebih lanjut akhir bulan ini.

Dengan kebijakan perpajakan yang tepat, Menteri Perindustrian Thailand Suriya Jungrungreangkit memperkirakan permintaan kendaraan listrik akan meningkat. Peningkatan adopsi EV juga akan membantu negara dalam upaya mengurangi polusi yang dipancarkan oleh mobil bermesin konvensional seperti bensin dan diesel yang merupakan masalah yang telah melanda ibu kota Thailand selama beberapa tahun kebelakang.

Saat ini tarif pajak mencapai 80% dari harga suku cadang mobil, Suriya mencatat bahwa faktor lain yang dipertimbangkan termasuk meningkatkan jumlah model EV di negara tersebut dan membuatnya dengan harga terjangkau untuk pembeli antara 700.000 (Rp 332 juta) hingga 800.000 baht (Rp 379 juta).

“Nanti kita tahu berapa pajak yang harus dipotong agar harga EV setara dengan mobil bermesin bensin. Pemerintah yakin pengurangan pajak akan membuat EV menjadi murah." ujar Suriya seperti dikutip dari Bangkokpost.

>>> 13 Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Indonesia yang Sudah Bisa Dibeli

Gambar menunjukan Mobil listrik

Stasiun pengisan daya EV

Thailand Targetkan untuk Produksi 750.000 Mobil Listrik di Tahun 2030

Thailand ingin meningkatkan produksi kendaraan listrik hingga 30% dari total volume industri (TiV) selama 10 tahun ke depan. Dalam rencana ini, mobil, motor, dan bus merupakan bagian dari strategi ini untuk memangkas tingkat polusi udara berbahaya yang melanda di negara berjuluk Gajah Putih tersebut.

Suraya sebelumnya telah menguraikan tujuan dari rencana pengembangan industri electric vehicle (EV) di Thailand dengan menyatakan bahwa dalam jangka pendek, tujuannya adalah untuk menghasilkan lebih dari 60.000 hingga 110.000 EV, termasuk bus umum dan sepeda motor listrik. Sedangkan sasaran jangka menengah mampu menghasilkan sekitar 300.000 EV dan bus kota pintar.

Sedangkan target jangka panjangnya mampu memproduksi 750.000 EV dari total 2,5 juta mobil yang dibuat setiap tahun pada tahun 2030. Suriya mengatakan kementerian perindustrian akan mempercepat peningkatan kualitas EV dan mempelajari pedoman untuk pengembangan industri EV yang berkelanjutan, termasuk mempromosikan daur ulang untuk mencapai mekanisme manajemen kendaraan yang sistematis.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Great Wall Motor Perbesar Pabrik di Thailand, Bersiap Ekspansi ke ASEAN

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil asal China Great Wall Motor investasikan dana sebesar Rp 10,3 triliun untuk perluas pabriknya di Thailand untuk bisa memproduksi mobil listrik.

Lihat juga

Nissan Stop Produksi 3 Model di Thailand, Ada X-Trail dan Teana

10/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Nissan Motor Thailand dikabarkan memutuskan untuk stop produksi tiga modelnya yakni X-Trail, Teana, dan juga Sylphy berkaitan dengan pengembangan mobil listrik.

Lihat juga

Thailand Targetkan untuk Produksi 750.000 Mobil Listrik di Tahun 2030

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Thailand Berencana untuk hadirkan 750.000 mobil listrik di tahun 2030. Itu berarti 30% dari total volume industri di Thailand akan menjadi EV.

Lihat juga

Thailand Beri Kupon Diskon Biar Penjualan Mobil Moncer Lagi

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Thailand berencana untuk memberikan kupon diskon tukar tambah bagi pemilik mobil pribadi. Cara ini dipercaya ampuh tingkatkan penjualan mobil.

Lihat juga

Di Thailand, Penjualan Hilux Mirip Toyota Avanza

30/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Bila di Indonesia penjualan Toyota Avanza kerap menjadi yang terlaris, berbeda halnya dengan Thailand. Di Thailand, model Hilux justru cukup laris manis.

Lihat juga