Pemerintah Targetkan Seksi 2B Tol Manado-Bitung Rampung Juni 2021

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah Targetkan Seksi 2B Tol Manado-Bitung Rampung Juni 2021
Pemerintah menargetkan Seksi 2B Tol Manado-Bitung bisa rampung pada Juni 2021 sehingga bisa beroperasi secara penuh mengurangi beban jalan arteri nasional.

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (29/9/2020). Peresmian itu sekaligus menandai beroperasinya jalan tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).Harapan Presiden pemerintah dan warga bisa memanfaatkannya dengan baik untuk menunjang kegiatan ekonomi hingga pariwisata.

"Saya melihat Provinsi Sulawesi Utara banyak potensi ekonomi yang harus terus dikembangkan. Ada industri perikanan, pertanian, perkebunan dan sektor pariwisata. Semuanya membutuhkan dukungan infrastruktur termasuk jalan tol," harap Jokowi dalam sambutannya di Bogor, (29/10/2020).

>>> Sudah Diresmikan, Jalan Tol Manado-Bitung Dibuka Gratis 2 Pekan

Target rampung pertengahan 2021

Foto menunjukkan Peresmian Jalan Tol Manado-Bitung oleh Presiden Joko Widodo

Jalan tol pertama di Sulawesi Utara resmi beroperasi

Secara jalan tersebut memang mempersingkat jarak tempuh dari Kota Manado menuju Kota Bitung atau sebaliknya. Dari yang biasanya ditempuh sekitar 1,5 - 2  jam menjadi kurang dari 1 jam. Namun untuk untuk sementara hal tersebut belum bisa terealisasi mengingat yang dioperasikan baru sepanjang 26 km, dari Manado sampai Danowudu.

Masih ada sekitar 15 km lagi dari Danowudu sampai Bitung yang masih dalam tahap pembangunan. Dan saat ini progresnya sudah mencapai 66,4 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam siaran persnya mengungkapkan, sisa tol yang masih dikerjakan ditargetkan selesai pertengahan tahun depan.

"Ditargetkan untuk Seksi 2B Danowudu-Bitung akan rampung konstruksinya pada Juni 2021 sehingga juga dapat mengurangi beban jalan arteri nasional yang kondisinya semakin padat akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas perekonomian," tutur Menteri Basuki sebagaimana dirilis BPJT, Selasa (29/9/2020).

Foto menunjukkan Jalan Tol Manado-Bitung

Tol Manado-Bitung, jalan tol terpanjang di pulau Sulawesi

Tol Terpanjang di Sulawesi

Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 40 Km (39+ km) adalah jalan tol pertama di Sulawesi Utara sekaligus yang terpanjang di pulau Sulawesi. Pembangunannya dilakukan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp 5,12 triliun. Rinciannya ruas Manado-Airmadidi sepanjang 15 km didanai APBN, sedangkan ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yakni  PT Jasa Marga Manado-Bitung (JMB).

Saat ini ruas Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu yang sudah diresmikan sudah dibuka untuk umum secara cuma-cuma. Warga bisa melintasinya secara gratis selama 2 pekan. Meski demikian warga harus membawa kartu uang elektronik mengingat portal gardu tol hanya bisa dibuka menggunakan kartu, dan saldo tidak akan terpotong.

>>> Cari mobil di Sulawesi Utara, cek harganya di sini!

Foto Pjs Gubernur Sulut mencoba jalan tol Manado-Bitung

Sudah dibuka untuk umum dan gratis selama 2 pekan

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sudah Diresmikan, Jalan Tol Manado-Bitung Dibuka Gratis 2 Pekan

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sudah diresmikan, warga bisa memanfaatkan secara GRATIS selama dua pekan untuk mendukung berbagai aktivitas.

Lihat juga

Diresmikan Jokowi, Satu Ruas Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Sudah diresmikan secara virtual oleh Jokowi, jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu segera beroperasi mendukung mobilitas dan kegiatan ekonomi warga.

Lihat juga

Pertama Kali Berkendara di Jalan Tol? Lakukan Tiga Hal Ini

07/01/2020

Pengemudian

3 menit

Baru pertama kali berkendara di jalan tol? Tentu Anda akan merasa sedikit gugup dan khawatir dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan. Agar menciptakan suasana aman di jalan bebas hambatan untuk Anda dan pengemudi lainnya, apa yang harus diperhatikan?

Lihat juga

Bahaya Kecepatan Tinggi di Jalur Lambat Jalan Tol

24/09/2020

Pengemudian

3 menit

Belajar dari kecelakaan Toyota Kijang Innova di Tol Mojokerto-Surabaya yang menewaskan 3 penumpang, betapa besar bahaya kecepatan tinggi di jalur lambat jalan tol

Lihat juga

Yang Perlu Dilakukan Jika Melihat Kejadian Khusus di Jalan Tol

21/09/2020

Pengemudian

3 menit

Kejadian tidak lazim terkadang dijumpai saat berkendara di jalan tol. Tetaplah tenang jika Anda melihat kejadian khusus di jalan tol dan lakukan 4 hal berikut!

Lihat juga