Pemerintah Prioritaskan 3 Jalan Tol Untuk Segera Diselesaikan

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah Prioritaskan 3 Jalan Tol Untuk Segera Diselesaikan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan setidaknya ada 3 jalan tol prioritas yang pembangunannya bakal disegerakan dalam waktu dekat hingga selesai.

Pemerintah memiliki sederet proyek infrastruktur jalan tol yang masih dalam rencana, baik yang berada pulau Jawa maupun di luar Jawa. Namun saat ini terdapat 3 jalan tol yang pembangunannya akan disegerakan. Ketiganya memiliki tingkat prioritas lebih besar dibanding yang lain.

Hal tersebut diungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat menghadiri acara groundbreaking pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati di Kertajati Majalengka Jawa Barat pada Senin (7/9/2020).

Pertama; Tol Yogyakarta-Solo

"Proyek pembangunan jalan tol prioritas yang pertama adalah Yogyakarta-Solo yang mulai dibangun Senin depan," tutur Menteri Basuki kepada wartawan.

Tol Yogyakarta-Solo bakal terkoneksi langsung dengan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo dengan total panjang lebih dari 90 km. Anggaran awal yang disiapkan pemerintah yaitu sebesar Rp 15,5 triliun.

>>> Lebih dari 70% Tol Yogyakarta-Bawen Berada di Kabupaten Magelang

Foto menunjukkan petunjuk arah di Persimpangan Gayamsari Tol Semarang ABC

Tol Semarang ABC yang menjadi akses utama Tol Trans Jawa ke arah Solo dan Yogyakarta

Kedua; Tol Palembang-Betung-Jambi

Saat ini Tol Palembang-Betung-Jambi sebagian belum dimulai pembangunan konstruksi, terutama yang dari Betung ke Jambi. Dikutip dari Wikipedia jalan tol tersebut bakal memiliki panjang lebih dari 200 Km.

Ketiga; Tol Padang-Pekanbaru

Tol Padang-Pekanbaru memiliki panjang lebih dari 240 km. Pembangunannya terbagi menjadi 6 Seksi yaitu Seksi 1 Padang–Sicincin 28 km, Seksi 2 Sicincin–Bukittinggi 41 km, Seksi 3 Bukittinggi–Payakumbuh 36 km, Seksi 4 Payakumbuh–Pangkalan 43 km, Seksi 5 Pangkalan–Bangkinang 56 km, dan Seksi 6 Bangkinang–Pekanbaru 38 km.

"Kedua antara Palembang ke arah Betung-Jambi di Sumatera. Karena ruas pertama [Kayu Agung-Jakabaring-red] sudah bertarif akan kita lanjutkan. Kemudian Pekanbaru ke Padang. Jadi di Sumatra masih banyak meneruskan pekerjaan itu," lanjut Menteri Basuki.

>>> Cari mobil bekas di Kota Pekanbaru, cek harganya di sini!

Foto Gerbang Tol Palembang

Tol Kayu Agung-Jakabaring sudah beroperasi sejak April 2020

Meski ketiganya diklaim sebagai prioritas, proyek tol lain juga menjadi perhatian serius. Seperti NS Link atau Tol Dalam Kota Bandung yang sudah disetujui DPRD Kota Bandung dan Tol Harbour Road yang menghubungkan Tomang-Tanjung Priok.

"NS Link di Bandung RTRW nya sudah disetujui DPRD Kota Bandung dan bisa dimulai. Kemudian Harbour Road dari Tomang ke Tanjung Priok dengan anggaran Rp 9,5 triliun," tutupnya.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Batal Naik

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Kementerian PUPR memutuskan tarif Tol Cipularang dan tarif Tol Padaleunyi tak jadi naik dan kembali ke tarif awal. Keputusan berlaku mulai 7 September 2020.

Lihat juga

Tanpa Diskon, Segini Besaran Tarif Tol Jakarta-Bandung

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Tarif baru Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi sudah ditetapkan dan ada diskon untuk Gol I. Berikut simulasi tarif Tol Jakarta Bandung jika dihitung tanpa diskon!

Lihat juga

Ada Diskon, Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Gol I Tak Jadi Naik

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi untuk kendaraan golongan I tidak jadi naik karena Jasa Marga memberi diskon yang berlaku mulai 6 September 2020.

Lihat juga

Jalan Tol di Pulau Sumatra Sudah Beroperasi Sepanjang 648 Km

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat hingga akhir Agustus 2020 jalan tol di pulau Sumatra yang telah beroperasi mencapai 648 km.

Lihat juga