Pemerintah Inggris Akan Perketat Aturan Mengemudi Menggunakan Ponsel

19/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah Inggris Akan Perketat Aturan Mengemudi Menggunakan Ponsel
Pemerintah Inggris tengah bergerak memungkinkan adanya aturan mengemudi menggunakan ponsel menjadi sepenuhnya ilegal dan bisa dikenakan tindak pidana.

Pemerintah Inggris tengah berencana untuk memperketat undang-undang seputar penggunaan telepon genggam saat mengemudi sehingga menjadi ilegal dalam segala situasi. Aturan ini akan berlaku saat pengendara melakukan panggilan atau mengirim SMS. Jika melanggar pengendara akan dikenakan tindak secara pidana.

>>> Varian Mesin Diesel Renault di Inggris Hanya Ada pada Megane

Gambar menunjukan Mengemudi menggunaka ponsel

Menggunakan ponsel saat mengemudi akan sepenuhnya dilarang di Inggris

Inggris Ingin Keselamatan di Jalan Semakin Aman

Menteri Jalan Baroness Charlotte Vere mengumumkan manfaat dari rencana ini. 

"Jalan kami termasuk yang teraman di dunia, tetapi kami ingin memastikan jalan itu lebih aman dengan membawa hukum ke abad ke-21," ungkapnya dikutip dari Autocar.

Sementara itu Ketua Asosiasi Otomotif Inggris menyambut baik akan aturan ini. Menurutnya memang tidak ada alasan bagi siapapun untuk menggunakan ponsel saat berkendara.

“Tidak ada alasan untuk mengangkat telepon genggam saat mengemudi, jadi kami senang celah ini akan ditutup," ungkapnya.

"Telepon melakukan lebih dari sekadar panggilan dan teks, jadi sudah sewajarnya undang-undang diubah untuk mengimbangi teknologi. Tweet, TikTok, dan foto Instagram semuanya dapat menunggu hingga Anda parkir. Jika Anda tidak dapat menahan godaan untuk mengangkat telepon Anda, maka Anda harus mengubah kotak sarung tangan Anda menjadi kotak telepon," tutupnya.

Meskipun pengemudi tidak lagi diizinkan untuk menggunakan telepon genggam, telepon bebas genggam dan perangkat lain belum dilarang, sehingga pengemudi dapat terus melakukan panggilan di loudspeaker dan menggunakan satelit navigasi bebas genggam. Pemerintah Inggris mengharapkan proposal baru larangan mengemudi menggunakan ponsel sudah ada pada awal 2021.

>>> Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan Lewat Ponsel

Usia 17-24 Tahun Mengaku Melakukan Video Call saat Mengemudi

Gambar menunjukan Aplikasi ponsel

Berkembangnya platform sosial media menjadi penyebabnya

Pengemudi yang menggunakan telepon genggam di belakang kemudi tetap menjadi salah satu perhatian utama keselamatan dalam berkendara. Data baru dari laporan RAC tentang Otomotif 2020 mengungkapkan bahwa pengemudi berusia antara 17 hingga 24 tahun mengaku melakukan aktifitas video call saat mengemudi. 

Angka tersebut lebih dari dua kali lipat dari pengemudi dari semua kelompok umur. RAC mengklaim meningkatnya popularitas aplikasi berbasis video seperti FaceTime, WhatsApp, dan Snapchat telah berkontribusi pada proporsi yang signifikan dalam tindakan mengemudi menggunakan ponsel.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top