Duh! Pemerintah Ingatkan PPKM Bakal Berlangsung Lama

18/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Pemerintah menegaskan PPKM akan terus diberlakukan sepanjang masih ada pandemi covid-19 di tanah air. Pelaksanaannya menyesuaikan level wilayah masing-masing.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memasuki perpanjangan untuk yang kesekian kalinya. Meski demikian belum ada tanda-tanda bakal dihentikan. Pemerintah justru menegaskan bahwa pembatasan mobilitas dan aktivitas itu akan terus diberlakukan selama masih ada pandemi Covid-19 di tanah air.

“Selama covid-19 masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat.” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

>>> Cegah Covid-19, Ini Perlengkapan yang Perlu Dibawa dalam Kendaraan

Perubahan Status

Terkait perubahan tren kasus di daerah, status PPKM bakal menyesuaikan. Jika tren menurun dan wilayah kabupaten/kota naik masuk kriteria level lebih rendah, makan akan diberlakukan aturan sesuai levelnya.

“Jika situasi covid-19 makin membaik tentunya level PPKM akan diturunkan ke level lebih rendah. Dimana level 2, 3 dan 1 nantinya akan mendekati situasi kehidupan normal. Oleh karena itu evaluasi akan dilakukan setiap minggu sehingga perubahan situasi dapat kita respon secara cepat.” kata Luhut.

Foto menunjukkan Menko Marinvest Luhut Binjar Pandjaitan

Pemerintah kembali memperpanjang masa pembatasan mobilitas masyarakat

Sebelumnya dijelaskan bahwa PPKM Jawa Bali yang diterapkan sejak 3 Juli 2021 berhasil menurunkan tren dan angka positif Covid-19 secara signifikan. Hingga 15 Agustus tren kasus terkonfirmasi turun 76%. Kasus aktif turun 53% dari titik puncak. Angka kesembuhan meningkat dan angka kematian semakin menurun.

Meski demikian Pemerintah kembali memperpanjang mulai 17 hingga 23 Agustus 2021. Alasannya untuk menjaga momentum pemulihan yang telah dicapai pada PPKM sebelum-sebelumnya.

“Untuk itu momentum yang cukup baik ini harus terus dijaga,” kata Luhut.

>>> Situasi Membaik, PPKM Jawa Bali Tetap Diperpanjang

PPKM Jawa Bali

PPKM Jawa Bali sendiri sudah berlangsung lebih dari satu bulan. Dimulai dari PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021 saat pandemi Covid-19 sedang tinggi-tingginya.

Selesai dengan PPKM Darurat dilanjutkan dengan PPKM Level 4 pada 21-25 Juli 2021, lalu diperpanjang PPKM Level 4 tahap 1 pada 26 Juli - 2 Agustus 2021, tahap 2 pada 3-9 Agustus 2021, tahap 3 pada 10-16 Agustus 2021 dan sekarang tahap 4 dari 17 hingga 23 Agustus 2021.

Foto menunjukkan polisi mengawasi kendaraan yang melintas di kawasan ganjil genap

Mobilitas masyarakat akan terus diawasi selama pembatasan masih berlangsung

Di setiap perpanjangan menunjukkan hasil positif berupa penurunan tren kasus. Karenanya mobilitas dan aktivitas masyarakat diberikan kelonggaran secara bertahap.

Untuk masa perpanjangan kali ini kelonggaran berupa peningkatan kapasitas kunjungan mall menjadi 50% dari sebelumnya 25%, diperbolehkan olahraga outdoor, serta peningkatan kapasitas tempat ibadah hingga menjadi 50 persen.

>>> Cari mobil plat nomor Jakarta, temukan dan cek harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top