Pemerintah China Pangkas Subsidi untuk Mobil Ramah Lingkungan

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah China Pangkas Subsidi untuk Mobil Ramah Lingkungan
Berada di tengah ambisi negaranya untuk terbebas dari polusi udara yang berbahaya. Pemerintah China memangkas subsidi mobil ramah lingkungan sebesar 10 %.

Pemerintah China dilaporkan akan memotong subsidi pada kendaraan energi baru seperti mobil listrik sebesar 10 persen di tahun ini. Langkah ini dibuat menyusul keputusan bulan lalu untuk terus memberikan insentif untuk membeli kendaraan yang lebih bersih dari polusi.

Gambar menunjukan Mobil listrik

Pemerintah China potong subsidi mobil ramah lingkungan 

>>> Dealer Mobil di Italia Telah Diizinkan untuk Beroperasi Kembali

Pemerintah telah mengumumkan rencana ini sejak tahun 2015 untuk mengakhiri subsidi di tahun ini. Tetapi pada bulan Maret mengatakan subsidi untuk kendaraan ramah lingkungan akan diperpanjang.

Pemerintah China sendiri telah menetapkan target untuk kendaraan ramah lingkungan yang meliputi plug-in hybrid dan kendaraan sel bahan bakar hidrogen, untuk memperhitungkan seperlima dari penjualan mobil pada tahun 2025, dibandingkan dengan 5 persen saat ini. Rencana itu bertujuan untuk mengurangi polusi dan mengatur industri otomotif dalam negeri menjadi ramah lingkungan.

Gambar menunjukan logo mobil listrik

Kendaraan ramah lingkungan akan menjadi masa depan di pasar otomotif China

>>> Auto2000 Sumbang Donasi Lebih dari 29.000 Paket Sembako

Di bawah rencana baru, Pemerintah China akan memperluas subsidi pada kendaraan ramah lingkungan hingga 2022, dan bebas pajak penjualan selama dua tahun. Namun, subsidi hanya akan berlaku untuk mobil penumpang dengan biaya kurang dari 300.000 yuan ($ 42.376). Itu kemungkinan tidak termasuk kendaraan listrik premium seperti yang dibuat oleh produsen mobil asal Jerman BMW dan Daimler. 

Pemerintah China juga akan meningkatkan persyaratan untuk jarak jangkauan dan efisiensi daya mobil yang memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi. "Perpanjangan subsidi ini akan memberikan dukungan jangka panjang bagi industri tetapi tidak akan banyak mempengaruhi penjualan jangka pendek," kata Cui Dongshu, sekretaris jenderal di Asosiasi Penumpang Mobil China.

Pasar mobil di China sendiri adalah pasar mobil terbesar di dunia, di mana lebih dari 25 juta kendaraan, termasuk 1,2 juta kendaraan ramah lingkungan telah terjual tahun lalu. Meski begitu penjualan mobil ramah lingkungan turun selama sembilan bulan berturut-turut pada bulan Maret dan turun lebih dari 50 persen dari tahun sebelumnya, menurut data dari Asosiasi Produsen Otomotif China, karena permintaan kendaraan jatuh karena krisis virus corona.

>>> Berita otomotif menarik dan terbaru lainnya ada di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lemahnya Penjualan Mobil Bensin Membuat Renault Hengkang dari Tiongkok

15/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil Prancis Renault memutuskan meninggalkan bisnis mobil penumpang utamanya di Tiongkok menyusul penjualan yang memburuk akibat dampak virus corona.

Lihat juga

Di Tiongkok, Orang Ogah Beli Mobil pada Musim Corona

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Selain kesehatan virus corona atau COVID-19 berdampak juga pada perekonomian di Tiongkok. Lalu bagaiamana kondisi beli mobil pada musim corona di Tiongkok?

Lihat juga

Virus Corona Mewabah di Tiongkok, DFSK Berikan Bantuan Hingga Rp1 Miliar

03/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus Corona saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat China akibat persebarannya yang masif. DFSK pun peduli dengan memberi bantuan Rp 1 Miliar

Lihat juga

Wow, Wabah Virus Corona di Tiongkok Justru Bisa Tingkatkan Penjualan Mobil?

03/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Akibat penyebaran wabah virus Corona yang begitu masif, penjualan mobil di Tiongkok malah justru diprediksi dapat meningkat. Bagaimana bisa?

Lihat juga

Efek Domino Virus Corona, Polusi Udara di Tiongkok Turun Drastis

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus corona merenggut banyak korban jiwa di Tiongkok. Tetapi kabar baiknya virus ini berhasil membuat udara di Tiongkok jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Lihat juga
 
back to top