Informasi Jalan Ditutup Hari Ini: Kawasan Simpang Lima Semarang 24 Jam

09/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Banyak jalan ditutup sehubungan dengan kebijakan PPKM Darurat dari Pemerintah, Dan berikut informasi jalan ditutup hari ini untuk wilayah Semarang Jawa Tengah.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat semakin diperketat. Penutupan akses di berbagai wilayah semakin diperbanyak demi mengurangi mobilitas masyarakat. Tidak hanya dipasang penyekat, lokasi penutupan juga dijaga sejumlah petugas. Hanya kendaraan dengan kategori tertentu yang diizinkan keluar masuk wilayah.

Jalan ditutup di Semarang

Penutupan jalan di Semarang dilakukan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Satlantas Polrestabes Semarang, dan Dirlantas Polda Jateng. Per hari ini, ada 18 ruas jalan yang ditutup dan tidak bisa dilewati.

Adapun waktu penutupan dilakukan mulai pukul 19.30 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Khusus untuk Kawasan Simpang Lima penutupan dilakukan selama 24 jam penuh.

>>> Tempat Wisata di Semarang Tutup Sampai PPKM Darurat Selesai

Foto Kawasan Kota Lama Semarang yang ditutup

Akses ke Kawasan Kota Lama Semarang juga ditutup

Berikut 18 ruas jalan Kota Semarang yang ditutup selama PPKM Darurat

  1. Jalan Ngesrep Timur V, Banyumanik (Patung Kuda)
  2. Jalan Supriyadi, Pedurungan
  3. Jalan Lamper Tengah Raya, Semarang Selatan
  4. Jalan Sendangguwo Baru, Tembalang
  5. Jalan Srikaton/Honggowongso, Ngaliyan
  6. Jalan Suratmo, Semarang Barat (Kawasan BK)
  7. Simpang Cendrawasih/Suprapto dan Simpang Merak/Cendrawasih
  8. Jalan Imam Barjo, Pleburan
  9. Jalan Pandanaran (ujung Lawang Sewu dan Simpang KFC)
  10. Jalan Pahlawan
  11. Jalan Erlangga (depan Berlian)
  12. Jalan Ahmad Yani (ujung RRI)
  13. Jalan Pemuda dan Piere Tendean
  14. Jalan Gajah
  15. Jalan Kranggan
  16. Jalan Kauman
  17. Jalan Lamongan Sampangan, dan
  18. Jalan Tanjung

"Khusus Simpang Lima waktu itu sistem buka tutup malam mulai pukul 19.30 WIB. Kami buka kembali jam 06.00 WIB. Sesuai Perwal 41/2021, mulai 3 juli kemarin, ada perubahan 8 ruas jalan yang 24 jam itu diperpanjang sampai tanggal 20 Juli. Demikian juga akses masuk Simpang Lima ditambah durasi 24 jam penuh. Ada pula penambahan beberapa ruas jalan. Hingga hari ini ada 18 ruas jalan yang ditutup," kata Kasi Penertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Antonius Haryanto.

>>> Trik Aman Mengemudi Mobil Besar di Masa PPKM Darurat

Penyekatan perbatasan

Selain ke 18 ruas jalan diatas yang merupakan akses mobilitas dalam kota, penyekatan juga dilakukan di titik masuk dari luar kota Semarang.

Beberapa pintu tol (exit) disekat secara total 24 jam hingga 20 Juli 2021 mendatang, yaitu exit Gayamsari, exit, Tembalang, exit Krapyak, exit Srondol, dan exit Johar (Kaligawe). Untuk exit Jatingaleh 1 dan Jatingaleh 2 tidak ditutup total, melainkan dilakukan sistem buka tutup dengan penjagaan ketat.

>>> PPKM Darurat di Semarang, 5 Gerbang Tol Masuk Kota Tutup Total

Foto menunjukkan petugas melakukan Penyekatan akses keluar jalan tol

Exit tol ke Kota Semarang ditutup

Penyekatan lainnya dilakukan di perbatasan. Sebelah barat dilakukan di Mangkang dan GT Kalikangkung (Tol Trans Jawa), sebelah selatan di Taman Unyil dan Terminal Bus Sisemut Ungaran, sebelah timur di Genuk.

Tak kalah penting dari informasi jalan ditutup hari ini jika Anda memang benar-benar harus masuk Kota Semarang, Anda wajib membawa bukti negatif Covid-19, baik PCR maupun rapid test antigen. Sedangkan untuk perjalanan jauh di atas 250 km, Anda wajib membawa kartu vaksin.

Petugas akan melakukan pemeriksaan, jika Anda tidak bisa menunjukkan bukti-bukti diatas, Anda akan diputarbalikkan dan tidak boleh meneruskan perjalanan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top