Pembangunan Tol Manado-Bitung Berlanjut, Target Selesai Tahun Ini

09/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Pembangunan Tol Manado-Bitung Berlanjut, Target Selesai Tahun Ini
Pembangunan jalan Tol Manado-Bitung berlanjut, dimulai dari Km 26,5 sampai selesai. Jasa Marga menargetkan jalan tol selesai tahun ini dan bisa beroperasi penuh

Jalan Tol Manado-Bitung sudah bisa dinikmati meski belum keseluruhan. Pada Selasa, 29 September 2020 Presiden Joko Widodo melakukan peresmian untuk ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,5 km secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat bersamaan dengan seremoni di Gerbang Tol (GT) Manado.

>>> Tinggal di Manado, Temukan mobil yang kamu cari di sini!

Setelahnya, jalan tol langsung beroperasi penuh dan bisa dimanfaatkan pengendara. Termasuk saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, jalan tol ini sangat membantu. PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) mencatat, selama masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sebanyak 50.271  kendaraan melintasi Jalan Tol Manado-Bitung Segmen Manado-SS Danowudu. Angka tersebut akumulasi lalu lintas sejak tanggal 23 Desember 2020 hingga 03 Januari 2020.

Pembangunan Dilanjutkan

Kini, pasca libur panjang berlalu pembangunan jalan Tol Manado-Bitung dilanjutkan. Dalam rilisnya, (8/1/2021) PT Jasa Marga (Persero) menyebut PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) selaku pengelola memulai kembali pembangunan Segmen 2B dari KM 26,5 sampai dengan KM 39+900.

Foto salah satu persimpangan Jalan Tol Manado-Bitung

Pembangunan jalan Tol Manado Bitung segera dilanjutkan

Sebagai informasi, ruas Manado-Bitung yang sudah diresmikan September tahun lalu adalah gabungan Segmen 1 dan Segmen 2B. Segmen 1 sepanjang 14 Km dibangun Pemerintah dan Segmen 2B sepanjang 12,5 Km dibangun PT JMB.

>>> Pemerintah Targetkan Seksi 2B Tol Manado-Bitung Rampung Juni 2021

Untuk progres, hingga 5 Januari 2021 Segmen 2A Airmadidi-Simpang Susun (SS) Danowudu progres pembebasan lahan sudah mencapai 100%. Sedangkan untuk pembangunan konstruksinya hampir selesai penuh, progres sudah 99,03 persen. Untuk Segmen 2B SS Danowudu-Bitung hingga 5 Januari 2021 pembebasan lahan sudah mencapai 98,86%. Sedangkan progres konstruksinya mencapai 73,57 persen.

“Saat ini, Perseroan telah menyelesaikan pembangunan dan pengoperasian Segmen 2A dan sebagian Segmen 2B, yaitu dari Manado-Airmadidi-SS Danowudu. Ditargetkan, penyelesaian konstruksi pembangunan Segmen 2B pada Juli 2021,” jelas Direktur Utama PT JMB George I.M.P Manurung, sebagaimana dirilis laman Jasa Marga, (8/1/2021).

>>> Tata Tertib Berkendara di Jalan Tol Manado Bitung

Tol Pertama dan Terpanjang di Sulawesi

Adanya jalan Tol Manado-Bitung menjadi kebanggaan warga. Jalan ini adalah jalan tol pertama dan terpanjang di Sulawesi Utara. Panjangnya 40 Km (39+ Km) membentang dari Kota Manado hingga Kota Bitung. Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB.

Foto menunjukkan Gerbang Tol Kauditan Tol Manado-Bitung

Tol Manado Bitung memberi manfaat besar terhadap mobilitas warga

Untuk memudahkan warga mengakses tol dilengkapi dengan 5 simpang susun (SS) yaitu SS Manado, SS Airmadidi, SS Kauditan, SS Danowudu, dan SS Bitung. Tol juga dilengkapi dengan 5 Gerbang Tol (GT) untuk pembayaran yaitu GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung.

Foto Tarif Tol Manado-Bitung

Uji coba gratis selesai, Tarif Tol Manado-Bitung resmi berlaku

Ruas Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu yang sudah diresmikan dan beroperasi gratis selama 1 bulan kini sudah berbayar. Ada 4 titik asal dan tujuan perjalanan, yaitu Manado, Airmadidi, Simpang Susun (SS) Kauditan, dan SS Danowudu. Tarif termurah yaitu Rp 6.500 untuk kendaraan Golongan I yang berasal dari SS Kauditan menuju SS Danowudu atau sebaliknya. Sedangkan yang Rp 58.500 untuk kendaraan Golongan IV dan V yang berasal dari Manado menuju SS Danowudu atau sebaliknya.

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top