Pembangunan Simpang Susun KIB Tol Semarang-Batang Terus Dikebut

24/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Pembangunan Simpang Susun KIB Tol Semarang-Batang Terus Dikebut
Progres pembangunan Simpang Susun KIB Tol Semarang-Batang telah mencapai 49%. Pengerjaannya terus dikebut seiring pembangunan KIT Batang yang terus berjalan.

Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang bakal mudah diakses dari jalan Tol Trans Jawa. Simpang Susun KIB (Kawasan Industri Batang) di Tol Semarang-Batang yang menjadi salah satu akses utamanya kini terus dikebut. Badan Pengawas Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres yang dicapai hingga saat ini sudah hampir mencapai 50%.

“Akses KIT Batang dibangun sepanjang 3,1 km, progresnya saat ini 49,01% dan dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang.” tulis BPJT di laman resminya, (22/4/2021).

Simpang Susun KIB

Pembangunan Simpang Susun (SS) KIB didasari pada pembangunan Kawasan Industri Batang (KIT). Lokasinya berada di pesisir utara Jawa cukup berjarak dengan jalan tol. Karenanya dibuatkan akses menuju jalan tol dengan panjang 3,1 Km seperti disebut di atas.

Simpang Susun KIB mulai dikerjakan pada akhir November 2020. Titik lokasinya di Tol Semarang-Batang KM 377, Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.

>>> Tol Semarang-Batang, Jalan Tol Dengan 40 Jembatan

Foto Pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang

Akses menuju KIT Batang dari Tol Trans Jawa dipermudah dengan simpang susun baru

KIT Batang yang memiliki luas 4.300 hektar diproyeksi menjadi kawasan ekonomi baru di wilayah Batang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. Selain menjadi daya tarik para investor, kawasan ini bakal menyerap banyak tenaga kerja baru di masyarakat.

“Ini adalah Kawasan Industri di Batang yang nantinya akan dikerjakan seluas 4.300 ha. Sekarang telah disiapkan dan hampir selesai seluas 450 ha yang akan dipakai untuk investasi-investasi dan akan menyerap tenaga kerja yang sebanyak-banyaknya, memberikan peluang pekerjaan yang seluas-luasnya dan juga ada arus modal masuk (capital inflow).” kata Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke lokasi di Batang Jawa Tengah, (21/4/2021).

Turut mendampingi Presiden yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tol Semarang-Batang

Jalan Tol Semarang-Batang sepanjang 75 Km merupakan salah satu ruas utama Tol Trans Jawa. Sebelah barat tersambung dengan Tol Pemalang-Batang dan sebelah timur tersambung dengan Tol Semarang ABC. Jalan Tol ini mudah dikenali dengan keberadaan Jembatan Kali Kuto, jembatan pelengkung merah yang sangat ikonik.

Untuk memudahkan akses warga tersedia 5 Simpang Susun (SS), yaitu SS Kandeman, SS Weleri, SS Kendal, SS Kaliwungu, dan SS Krapyak. Adapun SS KIT yang sedang dibangun berada di antara SS Weleri dan SS Kandeman.

>>> Indahnya Jembatan Kali Kuto, Jembatan Ikonik Tol Trans Jawa

Foto Jembatan Kali Kuto di jalan Tol Semarang-Batang

Keindahan Jembatan Kali Kuto terlihat sejak dari jauh

>>> Tinggal di Batang, temuka mobil pilihanmu di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top