Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, Progres Lebih Dari 65 Persen

10/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, Progres Lebih Dari 65 Persen
Informasi terkini dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), progres pembangunan jalan Tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 131,5 km sudah mencapai lebih dari 65 persen.

Pembangunan infrastruktur jalan terus berlanjut di periode kedua pemerintah Presiden Joko Widodo. Salah satunya jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 2.818 km dari pelabuhan Bakauheni hingga Banda Aceh.

Foto menunjukkan progress Jalan Tol Pekanbaru - Dumai (Pekdum) dari udara

Jalan Tol Trans Sumatra bakal membuat waktu tempuh antar kota di Sumatra lebih singkat

Hingga akhir Desember 2019 jalan tol panjang ini sudah beroperasi di beberapa bagian, yaitu Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter) 140 km, Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) 189 km, Palembang - Indralaya (Palindra) 22 km, Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi (MKTT) 61 km, dan Belawan - Medan - Tanjung Morawa (Belmera) 34 km. Sedangkan untuk yang lain masih dalam tahap pembangunan, seperti Tol Pekanbaru - Dumai (Pekdum) dan yang lain.

>>> Hindari 10 Kebiasaan Bodoh Ini Di Jalan Tol

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai

Foto Gerbang Tol Pekanbaru dibuka secara fungsional saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Progres pembangunan jalan Tol Pekanbaru - Dumai lebih dari 65 persen di akhir Desember 2019

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai (Pekdum) memiliki panjang 131,5 km membentang dari Kota Pekanbaru hingga Dumai, Riau dan terbagi menjadi 6 seksi. Menurut informasi yang diunggah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di akun Instagram @bpjt_info, Tol Pekdum ini masih dalam tahap pembangunan. Progresnya cukup positif dengan persentase lebih dari 65 persen.

Rincian lebih lengkapnya; Seksi 1 Pekanbaru-Minas (9,5 Km) dengan progres konstruksi 90,38%, Seksi 2 Minas-Petapahan (24,1 Km) progres konstruksi 81,76%, Seksi 3 Petapahan-Kandis Utara (16,9 Km) progres konstruksi 69,57%, Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan (26,25 Km) progres konstruksi 68,95%, Seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara (29,4) progres konstruksi 67,60%, dan Seksi 6 Duri Utara-Dumai (25,44 Km) progres konstruksi 71,88%. (Status: 23 Desember 2019).

>>> Tarif Tol TERPEKA Diberlakukan, Golongan I Terjauh Rp 170 Ribu

Perlintasan Gajah (underpass)

Foto Maps Tol Pekanbaru - Dumai

Grafis Tol Pekanbaru - Dumai

PT Hutama Karya (Persero) selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap pembangunan jalan tol tidak hanya memikirkan lintasan untuk kendaraan, tapi juga memikirkan lintasan penyeberangan untuk gajah berupa underpass agar hewan dilindungi tersebut tetap bebas berkeliaran di habitatnya. Total ada 6 underpass yang dibangun, perlintasan pertama di Sungai Tekuana lokasinya di Seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Kemudian lima perlintasan lainnya berada di Seksi 4 dekat dengan Suaka margasatwa Balai Raja.

Untuk memberikan kesan natural dan menambah kenyamanan para gajah, di bawah underpass bakal ditanami sejumlah pohon dan tanaman.

Foto menunjukkan proses pembangunan Underpass Tol Pekanbaru - Dumai untuk gajah

Ada underpass gajah di Tol Pekanbaru - Dumai

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tarif Tol TERPEKA Diberlakukan, Golongan I Terjauh Rp 170 Ribu

08/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tarif Tol TERPEKA resmi diberlakukan mulai 6 Januari 2020. Tarif terjauh untuk Golongan I sebesar Rp 170.000, sedangkan Golongan IV dan V sebesar Rp 341.000.

Lihat juga

Penghasilan Cukup Tapi Kredit Mobil Ditolak? Mungkin Ini Penyebabnya

10/01/2020

Jual beli

5 menit

Ada beberapa hal yang membuat kredit mobil ditolak walaupun Anda merasa penghasilan cukup untuk membayar cicilan bulanan dan besaran DP. Lalu mengapa bisa ditolak?

Lihat juga

Jika Nekat Menerjang Banjir, Klaim Asuransi Mobil Ditolak!

07/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Klaim asuransi mobil ditolak setelah mobil terkena banjir, bisa karena beberapa hal. Satu diantaranya pengemudi mobil nekat menerabas banjir dan kemudian menimbulkan kerusakan pada kendaraan tersebut.

Lihat juga

Hankook Senang Indonesia Punya Banyak Jalan Tol

18/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Hankook merasa sumringah dengan semakin banyaknya jalan tol di Indonesia. Diyakini hal tersebut akan berdampak positif terhadap permintaan ban di pasar lokal.

Lihat juga

Bumpy, Hati-Hati Melintas di Jalan Tol Layang Japek Elevated II

17/12/2019

Pengemudian

5 menit

Jalan Tol Layang Japek Elevated II dikeluhkan tidak nyaman. Alasannya jalan yang terasa bumpy saat melintas di beberapa titik. Berikut saran dari pihak JDDC.

Lihat juga