Pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Resmi Dimulai

29/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Groundbreaking dilakukan menandai dimulainya pembangunan jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3 ruas Limo-Kukusan. Ditargetkan ruas ini selesai Juni 2022.

Pembangunan jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 3 ruas Limo-Kukusan resmi dimulai, ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, pada Jum’at (28/5/2021).

Menteri PUPR menuturkan, pembangunan seksi 3 kali ini merupakan kelanjutan dari seksi 1 dan seksi 2 yang telah beroperasi lebih dulu. Sedangkan jika dihitung dari awal, pembangunan tol ini sudah memakan waktu 10 tahun. Hal itu karena tantangan yang dihadapi lebih sulit dibanding pembangunan tol di daerah.

“Pada hari ini kita akan melaksanakan Groundbreaking untuk Jalan Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3 (Limo – Kukusan) sepanjang 5,44 Km. Untuk Seksi 1 dan 2 sudah beroperasi pada tahun 2012 dan 2019, jadi sudah hampir 10 tahun dengan panjang 14 Km. Hal tersebut bukan berarti kita lambat dalam mengerjakan tetapi memang di wilayah perkotaan tantangannya jauh lebih besar.” kata Menteri Basuki dalam sambutannya, sebagaimana dirilis BPJT, (28/5/2021).

Ditargetkan selesai Juni 2022

Pemerintah menargetkan pada Juni 2022 pembangunan ruas terakhir Tol Cijago ini selesai dan bisa dioperasikan pada awal tahun depannya. Terlebih pembebasan lahan yang dibutuhkan telah mencapai 70 persen.

“Untuk Jalan Tol Cinere – Jagorawi sepanjang 5 Km direncanakan selesai pada tahun depan, jika pembebasan lahan sudah selesai maka pembangunan infrastruktur akan lebih cepat.” jelas Menteri Basuki.

>>> Ini Tol Terpanjang di Indonesia dengan Pembangunan Tercepat

Foto menunjukkan Menteri PUPR meninjau proyek pembangunan Tol Cijago

Pembangunan jalan Tol Cijago dimulai lagi

Tol Cinere-Jagorawi

Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta /  Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Tol yang digarap PT Translingkar Kita Jaya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini dibagi menjadi 3 seksi, yaitu:

  • Seksi 1 Raya Bogor – Cimanggis sepanjang 3,7 Km. Sudah beroperasi sejak Februari tahun 2012,
  • Seksi 2 Kukusan – Raya Bogor dengan panjang 5,5 Km. Sudah beroperasi sejak September tahun 2019, dan
  • Seksi 3  Limo – Kukusan sepanjang 5,44 Km, hari ini [28/5/2021] groundbreaking dengan target selesai pada kuartal II tahun 2022.

Penyelesaian Tol Cinere-Jagorawi dinilai sangat penting. Selain sudah molor lama tol ini bakal menyambungkan dengan ruas lain Tol JORR 2, yaitu ruas Cimanggis-Cibitung dan ruas Cibitung-Cilincing di sisi timur, serta ruas Cinere-Serpong dan Cengkareng-Kunciran di sisi barat.

Kepala BPJT Danang Parikesit juga mengatakan bahwa Jalan Cinere – Jagorawi menjadi penting dalam jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta/ Outer Ring Road (JORR) 2 karena akan menyambungkan sisi barat dan sisi timur dari JORR 2. Di sisi timur terdapat Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dan Cibitung – Cilincing, sisi Barat Cinere – Serpong dan Cengkareng – Kunciran.

“Apabila Jalan Tol Cinere – Jagorawi tuntas maka tuntaslah jaringan Jalan Tol JORR 2.” kata Kepala BPJT Danang Parikesit.

>>> Tarif Tol Serpong-Pamulang Dirilis, Termahal Rp 22.000

Foto udara Jalan Tol Cinere-Jagorawi

Pembangunan jalan Tol Cijago molor 10 tahun

>>> 4 Tips Istirahat Aman di Rest Area Jalan Tol

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top