Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Sudah Dibuka Lagi

01/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Sudah Dibuka Lagi
Keputusan memperpanjang penutupan layanan SIM, STNK, dan BPKB hingga 29 Juni 2020 dibatalkan. Dan mulai 30 Mei seluruh layanan tersebut dibuka kembali.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan kumpul-kumpul memaksa pihak kepolisian dengan meliburkan pelayanan di Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), untuk perpanjangan SIM dan STNK serta kepengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sejak bulan lalu. Namun, kini ketiga layanan tersebut kembali dibuka.

Resmi dibuka

Dirlantas Polda Metro Jaya kembali mengoperasikan pelayanan di Satpas dan Samsat, untuk perpanjangan SIM dan STNK serta kepengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mulai Sabtu 30 Mei 2020.

>>> Sekarang Sudah Bisa Bikin SIM Internasional Online, Ini Caranya

Foto Layanan SIM Keliling

Layanan SIM mulai dibuka

Keputusan diambil berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/1537/V/YAN.1.1/2020 yang diterbitkan 29 Mei 2020 oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono, menggantikan Surat Telegram Nomor : ST/1473/V/YAN.1.1/2020 yang terbit 18 Mei 2020 lalu.

Dalam pernyataan yang dirilis Humas Polri, Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya (Kompol. Lalu Hedwin Hanggara) membenarkan kabar tersebut. Dia juga menuturkan masyarakat yang sebelumnya ingin memperpanjang namun tak bisa karena tutup, kini sudah bisa mengurus perpanjangan SIM dengan syarat mengikuti protokol kesehatan.

“Betul, jadi hari ini (30/05/2020) sudah dibuka lagi untuk perpanjangan SIM. Secara operasi sudah normal, tapi kita tetap menjalankan dan membatasi kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan,” tutur Kompol Lalu Hedwin.

Disebutkan, Satpas tidak hanya dibuka di Daan Mogot saja, tapi di seluruh lokasi seperti di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok.

Ketentuan

Selain menerapkan protokol kesehatan memakai masker dan physical distancing, polisi juga melakukan pembatasan waktu operasional perpanjangan SIM dan jumlah pemohon secara situasional. Waktu operasional pada hari biasa, yakni dari Senin – Jumat dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB, sementara pada hari Sabtu dari 08.00 WIB – 12.00 WIB.

>>> Pakai Tes Psikologi, Ini Biaya Bikin SIM Baru dan Perpanjangan

Foto menunjukkan pelayanan di Satpas SIM Jepara

Pelayanan SIM mengikuti prosedur kesehatan

“Untuk jumlah pemohon juga dibatasi, tapi itu tergantung dari cakupan masing – masing kantor berapa. Bila dirasa terlalu ramai tentu akan langsung dibatasi dan akan diatur agar tidak terjadi kerumunan,” pungkasnya.

Sebelumnya, berdasarkan Surat Telegram Nomor : ST/1473/V/YAN.1.1/2020 yang terbit 18 Mei 2020 pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM, STNK, dan BPKB diperpanjang setelah 29 Juni 2020.

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top