Apa Bedanya Pelat Nomor Khusus Wakil Rakyat dengan yang Biasa?

24/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Anggota DPR dipastikan bakal menggunakan pelat nomor khusus yang sekaligus dikenakan sebagai identitas wakil rakyat. Apa bedanya dengan pelat nomor biasa?

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggunakan tanda pengenal berupa pelat nomor khusus. Ya, sesuai dengan telegram bernomor STR/164/III/YAN/1.2./2021 tertanggal 15 Maret 2021 ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dilanjutkan penerbitan Peraturan Sekjen DPR RI Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penggunaan STNK dan TNKB Khusus Bagi Pimpinan dan Anggota DPR RI untuk memberikan identitas khusus dan pengamanan ranmor pimpinan dan Anggota DPR RI untuk kelancaran pelaksanaan giat konstitusional maka para wakil rakya akan menggunakan pelat nomor khusus yang berbeda dari biasanya.

>>> Catat Ya! Pelat Nomor Anggota DPR Bukan Buat Gagah-gagahan! 

Punya Ciri Khusus

Apa saja perbedaannya? Dalam telegram tersebut dijelaskan bahwa pelat nomor wakil rakyat tersebut akan memiliki logo DPR RI. Bentuknya masih sama yakni persegi panjang denrgan warna dasar hitam pada kolom nomor. 

pelat nomor khusus

Begini wujud pelat nomor untuk anggota DPR. Foto: instagram @plat_dinas_official

Kemudian terdapat warna dasar silver pada kolom logo serta garis pinggirnya. Sementara penomoran menggunakan warna silver. Nantinya pelat nomor khusus tersebut akan diberikan kepada kendaraan yang telah terdaftar Polri lewat Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) serta tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

Sementara itu, pelat nomor biasa tentunya tak dibekali logo DPR RI melainkan cap emboss logo kepolisian. Posisinya berada di ujung pelat nomor. Kemudian untuk penomoran, pelat nomor biasa menggunakan warna putih bukan warna silver. Sistem penomorannya pun berbeda. Bila pelat nomor biasa menggunakan kode wilayah dan juga angka tertentu, sementara untuk anggota DPR memiliki sistem penomorannya sendiri. 

Ditujukan Sebagai Identitas Wakil Rakyat

Mengenal Arti Kode Plat Nomor Belakang Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Plat nomor biasa menggunakan penomoran berwarna putih

Saat ini pihak kepolisian tengah melakukan sosialisasi kepada seluruh jajarannya terkait aturan baru tersebut. Sosialiasi telegram plat nomor anggota DPR tersebut ditujukan kepada jajaran Kapolda di seluruh Indonesia, Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri, antara lain, Irwasum Polri, Asrena Kapolri, Kadiv Propam Polri, dan Kadiv Humas Polri.

Pelat nomor anggota DPR ini ditujukan agar para wakil rakyat itu lebih mudah dikenal. Di samping itu, pelat khusus ini tak digunakan sebagai 'alat' untuk berkuasa di jalan. Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni bahkan menyebut bila ada anggota dewan yang melakukan pelanggaran lalu lintas akan tetap ditindak sebagaimana mestinya. 

"Anggota DPR sama kaya masyarakat biasa... bukan punya Plat Khusus buat Gagah gagahan... ga ada hebatnya Anggota DPR kok... kl salah di Jalan di Videoin poto sebarin ke Lambe2 apa tuh namanyaaa... biar di Bully sekalian......Plat di gunakan hanyaa buat identitas aja bukan buat Lakukan hal hal yg ga Normal," tulis Roni dalam akun instagram pribadinya.

>>> Mau Pakai Pelat Nomor Cantik, Ini Ketentuan dan Biayanya!

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top