Ini Sebabnya Pelat Nomor Kendaraan Pribadi Ganti Warna Jadi Putih

13/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pelat nomor kendaraan di Indonesia akan segera berganti warna dasar dari hitam menjadi beragam warna agar lebih memudahkan pembacaan dan identifikasi

Setiap perubahan tentu ada latar belakangnya. Begitu juga dengan pergantian warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau biasa disebut pelat nomor kendaraan di Indonesia dari latar belakang hitam menjadi latar belakang putih. Wah,  bakal makin keren seperti di Eropa dan Jepang dong. O iya,  perubahan warna hitam menjadi putiih hanya berlaku untuk kendaraan pribadi.  

>>> Biar Mudah Dikenali, Kemenhub Usul Pelat Nomor Kendaraan Listrik Dibikin Beda

Dimulai Tahun Depan 

Penggantian latar belakang warna TNKB diatur dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Seharusnya, TNKB yang baru sudah mulai diberlakukan sejak 5 Mei 2021. Namun, penggantian TNKB model baru ini diperkirakan akan berlangsung mulai tahun 2022 karena harus menunggu proses dan persiapannya. 

Memudahkan Identifikasi 

gambar plat nomor

Lebih mudah membaca TNKB dengan warna dasar putih 

Menurut Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri), pengantian latar belakang warna TNKB untuk memudahkan pemantauan melalui kamera CCTV. Kerap ditemui kendala identifikasi karena latar belakang TMKB yang menggunakan warna hitam. Intinya,  ada masalah saat mengidentifikasi huruf “S” yang terbaca malah angka “5”  dan sebaliknya. Demikian pula dengan huruf “I” yang luput terbaca sebagai angka “1”. 

gambar plat nomor

TNKB di Jerman yang memakai warna dasar putih 

Warna dasar putih dan tulisan hitam pada TNKB memudahkan pembacaan angka dan huruf pada pelat nomor kendaraan sehingga lebih efektif dalam penerapan pengawasan dan tilang berbasis ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Tidak heran kalau penggunaan warna dasar berwarna putih atau cerah untuk plat nomor sudah lama diterapkan  di  Eropa dan  kawasan lain.  

Warna TNKB

 gambar pelat nomor

Contoh warna dasar pelat nomor dengan tambahan tanda khusus untuk mobil listrik  

Merunut Pasal 45 Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021, ada empat warna dasar TNKB, yaitu:
1. Putih tulisan hitam untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional
2. Kuning tulisan hitam untuk kendaraan umum
3. Merah tulisan putih untuk kendaraan instansi pemerintah
4. Hijau tulisan hitam untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk. 
Selain itu, ada warna TNKB yang ditambahkan tanda khusus untuk kendaraan bermotor listrik yang ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri.

Penggantian Bertahap

Nantinya, proses penggantian TNKB dengan warna baru akan dilakukan secara bertahap seperti pendaftaran baru, perpanjangan STNK 5 tahun (ganti TNKB), balik nama dan perubahan data kendaraan.

"TNKB dikenakan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sehingga kita akan gantikan bertahap. Nantinya agar masyarakat tidak kaget ketika di lapangan ada dua  macam TNKB, yang lama dan yang baru,”  jelas Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin beberapa waktu lalu.

>>> Catat Ya! Pelat Nomor Khusus Anggota DPR Bukan Buat Gagah-gagahan!

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top