Truk Listrik Ini Bisa Tempuh Jakarta-Bali dalam Sekali Ngecas

12/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Dengan jarak 1.099 km, sebuah truk listrik akhirnya memecahkan rekor jarak tempuh terjauh yang bisa dilalui oleh sebuah truk dalam sekali pengisian daya.

DPD Swiss, Continental Tires, dan Futuricum beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa mereka telah memecahkan rekor dunia Guinness World Record untuk jarak tempuh terjauh yang bisa dilalui oleh truk listrik hanya dalam sekali pengisian daya. Mereka menggunakan satu unit truk Volvo yang sudah dimodifikasi sehingga memiliki daya jangkau yang lebih tinggi

Dilakukan di trek

Pengujian yang mereka lakukan menyelesaikan jarak di trek uji Continental sepanjang 2,8 kilometer yang terletak di dekat Hanover, Jerman. Tim ini menggunakan dua pembalap untuk melaju masing-masing dalam waktu empat setengah jam.

Mereka akhirnya mampu menyelesaikan 392 lap dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam dan total perjalanan selama 23 jam. Hingga akhirnya truk listrik modifikasi ini mampu menempuh jarak 1.099 km, atau hampir setara dengan jarak Jakarta ke Bali yang tercatat 1.154 km.

>>> Transjakarta Uji Coba Bus Listrik Higher, Gratis Selama 3 Bulan

“Kami memutuskan untuk berinvestasi dalam mobilitas listrik pada tahap awal,” kata Marc Frank, Direktur Strategi dan Inovasi di DPD Swiss, yang mengoperasikan proses pengujian tersebut. “Truk Futuricum telah melakukan perjalanan antara depot di Möhlin dekat Basel ke pusat distribusi di Buchs/Zurich selama sekitar enam bulan sekarang.”

Truk dengan bobot muatan hingga 19 ton tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 680 hp dan memiliki kapasitas baterai 680 kWh. Baterai ini merupakan yang terbesar dari semua kendaraan serupa yang ada di Eropa. Untuk efisiensi yang lebih baik, tim pemecah rekor ini menggunakan ban berefisiensi tinggi dan hambatan gelinding rendah milik Continental.

>>> Truk Otonom Bisa Tempuh Jarak Bandung - Padang dalam 14 Jam

Beralih ke era listrik

Sejumlah perusahaan dan pabrikan pembuat truk saat ini berbondong-bondong untuk beralih ke tenaga listrik, sama seperti mobil penumpang. Mulai dari Volvo, Mercedes, hingga Tesla siap memasarkan truk listrik mereka sendiri. Bahkan bukan tak mungkin lebih banyak pabrikan lainnya yang mengikuti tren ini.

truk listrik Volvo berwarna biru
Truk listrik Volvo sudah bisa dipesan di Eropa

Uni Eropa memang sedang mengurangi emisi yang dikeluarkan oleh truk pembakaran internal. Pasalnya pada tahun 2017, bus dan truk heavy duty menyumbang sekitar 19% dari semua emisi gas rumah kaca dari seluruh sektor transportasi di Eropa.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top