Patahkan Rekor Civic Type R, Renault Megane R.S. Jadi Raja Nurburgring

24/05/2019

Pasar mobil
Share this post:
Patahkan Rekor Civic Type R, Renault Megane R.S. Jadi Raja Nurburgring
Gelar mobil penggerak roda depan tercepat di Nurburgring berganti, Renault Megane R.S. Trohpy-R membukukan waktu tiga detik lebih cepat dari rekor sebelumnya dikuasai Honda Civic Type R.

Dua tahun lalu, Honda Civic Type R mematok standar tinggi bagi mobil penggerak roda depan di Sirkuit Nurburgring dengan mencatatkan waktu 7 menit 43,8 detik di sirkuit yang identik dengan kecelakaan Niki Lauda tahun 1976 itu.

Namun, bulan lalu rekor ini telah dipatahkan. Adalah Renault Megane R.S. Trophy-R dengan Lauren Hugron di balik kemudi mencatatkan waktu 7 menit 40,1 detik di Nordschleife.

Renault Megane R.S edsi Trophy-R memecahkan rekor Nurburgring

Renault Megane R.S. Trophy-R melahap sirkuit 20 kilometer tiga detik lebih cepat ketimbang Civic Type R

>>> Setelah Triber, Renault siap hadirkan SUV terbaru

Namun, ada sedikit perubahan metode pencatatan waktu dalam pemecahan rekor ini. Sebelumnya, pencatatan waktu Sirkuit Nurburgring dimulai di ujung lintasan lurus start/finis, dan berakhir di awal lintasan lurus yang sama, membuat panjang trek yang dihitung hanya 12,8 mil (setara 20,5 km). Mulai tahun ini, Nurburgring mulai menerapkan posisi start finis di titik yang sama, dan membuat keseluruhan trek sepanjang 12,94 (setara 20,8 km) dihitung.

Menggunakan metode pencatatan waktu lama, sama seperti Honda Civic Type R 2017 lalu, Renault Megane R.S. Trophy-R mencatatkan waktu 7 menit 40,1 sedangkan dengan regulasi baru, Megane mencatatkan waktu 7 menit 45,399.

>>> Temukan mobil terbaik dengan harga termurah di sini

Meski tampak membingungkan, namun jelas bahwa Renault Megane R.S. Trophy-R adalah mobil yang sangat kencang. Masih menggunakan mesin empat 1,8 liter turbo sama seperti Megane R.S. Trophy standar, Renault Sport mengklaim varian Trophy-R ini lebih ringan 130 kilogram dari versi standar.

Penampakan samping Renault Megane R.S. Trophy-R

Detail Renault Megane R.S. Trophy-R

Meski belum membeberkan detail lengkap terkait Trophy-R, namun disebutkan bahwa bagian aero dan suspensi mendapatkan perubahan dari versi standarnya. Dari gambar yang dikeluarkan Renault, kita bisa lihat Trophy-R menggunakan ban Bridgestone Potenza S007 yang membalut pelek karbon fiber. Selain itu, mobil ini juga menggunakan knalpot Akrapovic, rem Brembo, dan suspensi Ohlins.

Saat ini, Megane R.S. biasa dan R.S. Trophy tersedia dengan transmisi dual-clutch gearbox, namun Renault Megane R.S. Trophy-R menggunakan griboks manual enam-percepatan saat memecahkan rekor Nurburgring.

Renault Sport mengonfirmasi hanya akan menjual beberapa ratus Megane R.S.Trophy-R ke pasar, dan mulai dijual akhir tahun ini, dan kemungkinan akan didominasi pasar Eropa.

>>> Simak perkembangan terbaru pasar mobil di sini

Bagaimana aksi Renault Megane R.S. Trophy-R mematahkan rekor Nurburgring milik Civic Type R? Lihat cupikannya di bawah ini

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

Ganti APM, Servis Mobil Renault Tak Lagi Dilayani Diler Nissan

03/05/2019

Pasar mobil

Pergantian APM dan distributor resmi merek Renault di Indonesia dari Indomobil ke Maxindo Renault Indonesia membawa konsekuensi. Servis mobil Renault kini tak lagi bisa dilayani di diler Nissan manapun.

Lihat juga

SUV Baru Renault Meluncur Di Hanggar Garuda Indonesia

02/05/2019

Event - Promosi

Maxindo Renault Indonesia melakukan penyegaran SUV medium terbarunya di Indonesia. Renault Koleos 2019 yang merupakan SUV baru Renault di Indonesia meluncur di hanggar Garuda Indonesia.

Lihat juga

Renault Siapkan SUV Terbaru Siap Usai Peluncuran MPV Triber

22/04/2019

Mobil baru

Sederet mobil tengah disiapkan pabrikan asal Perancis, Renault untuk mengisi persaingan di segmen MPV dan SUV. Salah satunya SUV terbaru yang bakal diperkenalkan akhir tahun ini usai peluncuran MPV Triber.

Lihat juga

Dr. Z Pensiun Dari CEO Mercedes-Benz, Begini Salam Perpisahan Dari BMW

24/05/2019

Pasar mobil

4 menit

Alih-alih mengirim karangan bunga atas pensiunnya Dr. Z dari jabatan CEO Mercedes-Benz, BMW mengucapkan salam perpisahan secara unik dan sedikit 'menantang'.

Lihat juga

BMW Siapkan X5 M50i & X7 M50i 2020, Dua Super SUV Bertenaga Lebih Dari 500 Hp

24/05/2019

Mobil baru

4 menit

Tak lama lagi, liga super SUV akan kembali dipanaskan dengan kehadiran BMW X5 M50i & BMW X7 M50i 2020. Beberapa peningkatan performa dibekali demi memuaskan adrenalin para calon konsumennya.

Lihat juga