Paska Kasus Carlos Ghosn, Aliansi Renault, Nissan dan Mitsubishi Resmikan Dewan Baru

15/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Paska Kasus Carlos Ghosn, Aliansi Renault, Nissan dan Mitsubishi Resmikan Dewan Baru
Para CEO Renault, Nissan dan Mitsubishi mengumumkan pembentukan dewan operasi baru, menandai “New Start” untuk aliansi yang bermasalah setelah diguncang tuduhan rekayasa keuangan terhadap Carlos Ghosn.

Dilansir dari berbagai sumber, petinggi Renault, Nissan dan Mitsubishi Motors telah sepakat untuk membentuk dewan manajemen baru untuk aliansi mereka. Sebagai bagian dari kesepakatan yang dilakukan di Tokyo, dewan “New Start” akan diketuai oleh Jean-Dominique Senard, bos Renault.

Anggota dewan lainnya adalah Thierry Bollore selaku CEO Renault; CEO Nissan Hiroto Saikawa; dan Osamu Masuko selaku CEO Mitsubishi Motors. Dalam pernyataan pertamanya, mereka mengatakan bahwa dewan operasi aliansi baru akan mengawasi semua operasi yang dilakukan dan “menjadi dasar dari tahap pengembangan baru Aliansi” yang disusun oleh CEO dari ketiga perusahaan.

>>> Nissan Indonesia Buka Dealer Terbaru Yang Telah Adopsi Nissan Retail Concept

beberapa petinggi berjabat tangan dari aliansi Renault, Nissan dan Mitsubishi

Aliansi Renault, Nissan dan Mitsubishi meresmikan dewan operasi baru

>>> Anda suka mobil-mobil dari Nissan? Dapatkan mobil Nissan yang dijual di CintaMobil.com.

Pembentukan dewan operasi baru tidak akan mempengaruhi struktur aliansi yang ada karena bertujuan untuk mempertahankan karakter independent dari ketiga pembuat mobil. Selain itu, Renault juga setuju untuk membiarkan komite khusus Nissan secara mandiri memilih ketua berikutnya.

Dalam pembaruan kerjasama tersebut, Renault, Nissan dan Mitsubishi ingin dewan baru menggantikan perusahaan patungan lainnya dalam aliansi, termasuk Renault-Nissan BV yang berbasis di Belanda dan Nissan-Mitsubishi BV. Perubahan ini dilakukan karena usaha patungan tersebut sedang diselidiki karena kasus yang menimpa Ghosn.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terbaru dan terlengkap hanya di Cintamobil.com

Beberapa laporan menunjukan meningkatnya ketegangan antara Nissan dan Renault sejak penangkapan mantan ketua dan CEO Carlos Ghosn pada 19 November 2018 lalu. Ketegangan dipicu oleh perbedaan pendapat Renault dan Nissan dan upaya meluruskan masalah yang melibatkan Ghosn. Meskipun ia menyangkal semua tuduhan yang ditujukan kepadanya dan menganggap semua itu bagian dari “tuduhan palsu” oleh eksekutif Nissan.

Lihat lagi konferensi pers aliansi Renault, Nissan dan Mitsubishi berikut ini

Menurut ketiga perusahaan, dewan baru akan bertemu setiap bulan, baik di Tokyo maupun Paris. Semua keputusan yang dihasilkan akan dibuat “berdasarkan konsensus”. Perubahan akan dilakukan secepatnya dan struktur manajemen baru akan berlaku pada ulang tahun Aliansi yang ke-20 yang berlangsung pada 27 Maret mendatang.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top