Pasien Covid-19 di India Membludak, Bajaj Diubah Jadi Ambulans Darurat

07/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Horor lonjakan kasus positif COVID-19 di India berdampak pada ketersediaan ambulans. Bahkan pasukan bajaj dipersiapkan untuk mengangkut pasien Covid-19.

Pasien Covid-19 yang menembus 400 ribu di India berdampak pada meluapnya kapasitas rumah sakit. Ambulans menjadi kendaraan langka yang sulit didapatkan akibat lonjakan tajam kasus positif. Bahkan pihak keluarga harus membayar harga selangit kepada operator ambulans swasta untuk membawa sanak saudara mereka ke rumah sakit.

Bajaj dengan protokol kesehatan

Dilansir dari Reuters, pemerintah kota Delhi saat ini bekerja sama dengan organisasi nirlaba Turn Your Concern Into Action untuk mengoperasikan lebih dari puluhan bajaj yang sudah dilengkapi dengan protokol kesehatan. Selain pengemudi yang menggunakan APD lengkap dan hand sanitizer, tabung oksigen juga disediakan untuk kebutuhan pasien Covid-19. Untuk menjaga kesehatan pengemudi, sebuah sekat plastik diberikan.

membersihkan bajaj dengan sanitizer
Bajaj yang digunakan menampung pasien Covid-19 dilengkapi dengan sekat dan memenuhi protokol kesehatan

>>> Jokowi Khawatir 18,9 Juta Orang Tetap Mau Mudik Meski Ada Larangan

Raj Kumar, 42, merupakan salah satu pengemudi bajaj yang bertugas membawa pasien ke Rumah Sakit Lok Nayak Jai Prakash Narayan, sebuah fasilitas kesehatan terbesar di New Delhi yang disiapkan untuk menampung pasien Covid-19.

"Kita semua harus membantu satu sama lain saat ini untuk keluar dari situasi ini," kata Kumar, yang mengenakan setelan APD. "Jika semua orang tetap di rumah karena mereka takut, lalu siapa yang akan membantu mereka yang membutuhkan?"

>>> IIMS 2021 Bisa Jadi Contoh Penyelenggaraan Pameran di Tengah Pandemi Covid-19

Akibat lonjakan kasus positif

Layanan ini sudah beroperasi sejak Selasa (4/5/2021) lalu di New Delhi. Mohit Raj, pendiri dan direktur Turn Your Concern Into Action, menyebutkan bahwa meski respon positif didapatkan, namun skema tersebut membutuhkan lebih banyak kendaraan mengingat meledaknya kasus COVID-19 di India sejak April lalu.

"Sekarang kami menerima telepon tidak hanya dari pasien Covid tetapi dari pekerja lini depan yang tidak dapat menemukan alat angkut pasien, serta dari orang dengan penyakit lain," katanya.

bajaj dengan oksigen untuk mengangkut pasien positif COVID-19
Bajaj pengangkut pasien Covid-19 lengkap dengan tabung oksigen

Lonjakan tajam kenaikan kasus COVID-19 di India sebagian besar karena strain ganda B.1.617 dan tradisi Kumbh Mela pada 13 April lalu, Bukan hanya di Delhi, tapi kota-kota lain mulai menunjukkan tren kenaikan yang sangat signifikan. Raj pun menyebutkan bahwa ia telah menerima permintaan untuk memulai layanan di kota lain.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top