Pasar Turun, Penjualan Mitsubishi Fuso Tetap yang Teratas

20/05/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Meskipun pasar kendaraan komersial mengalami kemerosotan hingga 36,1 persen selama pandemi Covid-19, namun penjualan Mitsubishi Fuso masih memimpin pasar.

Selama masa pandemi virus corona, penjualan mobil di Indonesia seakan terjun bebas. Hal ini mengingat roda perekonomian di dalam negei tidak berputar. Insfrastruktur mandek, serta daya beli masyarakat merosot tajam.

>>> Ambyar, Penjualan Mobil Bulan April Terjun Bebas

Bukan cuma penjualan kendaraan penumpang yang mengalami kemerosotan, namun penjualan kendaraan niaga juga demikian. Naoya Takai, President Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menjelaskan, sebagai distributor tunggal truk-truk Mitsubishi di Indonesia, KTB pun mengalami penurunan penjualan Mitsubishi Fuso.

Tapi Masih Tetap Penguasa Pasar Kendaraan Niaga

Mitsubishi Fuso Fighter

Sektor yang masih bergerak antara lain logistik

Menurut Naoya, penjualan retail kendaraan komersial dari seluruh merek yang ada di Indonesia semuanya mengalami penurunan hingga 36,1 persen. Angka ini tercatat untuk periode penjualan Januari - April 2020 dibanding penjualan periode yang sama tahun lalu.

>>> Cek harga kendaraan Mitsubishi lainnya dengan promo dan diskon menarik disini

"Penjualan retail Mitsubishi Fuso secara total untuk Januari - April 2020 mancapai 9.628 unit. Angka ini turun 28,3 persen dibanding periode tahun lalu. Kita masih sedikit lebih baik dibandingkan kondisi pasar," kata pria yang akrab disapa Rokky itu melalui video conference bersama beberapa media, Rabu (20/05/2020).

Meski demikian, sebut Rokky, penjualan Mitsubishi Fuso di tengah pandemi Covid-19 masih tetap mempertahankan sebagai pemimpin pangsa pasar. "Market share kita tetap 47 persen dari total pasar kendaraan niaga," katanya.

Gencar Lakukan Komunikasi Digital

Promo Mitsubishi Fuso

Komunikasi digital seperti ini yang digencarkan oleh tiap-tiap dealer

>>> Pilihan mobil bekas Mitsubishi yang paling lengkap cuma ada disini

Sementara itu Duljatmono, Direktur Sales and Marketing KTB menyebutkan, meskipun dalam situasi pandemi, pihaknya tidak melakukan perubahan komitmen dalam melayani setiap konsumen Mitsubishi Fuso.

"Kami mengerti banyak mitra kami yang berjuang dimasa sulit ini. Namun kami tetap memastikan seluruh konsumen mendapat layanan 3S yang terbaik," katanya.

"Kita sudah melihat pasar akan turun selama masa pandemi ini, oleh sebab itu strategi yang tepat menurut kita adalah memaksimalkan komunikasi dengan pasar dengan cara online," tambah dia.

Duljatmono melanjutkan, kepuasan dan loyalitas konsumen harus tetap dijaga pada situasi sulit seperti ini. Karena itu KTB terus mendorong dealer untuk aktif dalam kegiatan komunikasi digital baik untuk program penjualan produk atau layanan purna jual.

Menurut dia, saat ini pasar kendaraan komesial yang masih bergairah hanya dari sektor logistik. Sementara untuk kendaraan heavy duty mengalami kemandekan. Hal tersebut lantaran semua proses pembangunan infrastruktur terhenti.

"Mudah mudahan setelah pandemi ini kemudian infrastruktur jalan lagi maka pasar bisa bergairah lagi. Saat ini yang masih jalan volumenya dari logistik," tutup dia.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada disini

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top