Pasar Mobil di China Mulai Lirik Penjualan Mobil Hidrogen

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pasar Mobil di China Mulai Lirik Penjualan Mobil Hidrogen
Selain mobil listrik dan otonomos, mobil hidrogen juga tidak bisa dikesampingkan. Maka dari itu mobil dengan energi alternatif tersebut mulai dilirik di China.

Sejumlah produsen mobil China telah mengumumkan rencana untuk meningkatkan penjualan mobil hidrogen, segmen khusus di pasar otomotif terbesar dunia. Guna memberikan dukungannya, Pemerintah China diperkirakan akan mengumumkan kebijakan baru kemungkinan pada awal bulan ini.

>>> Toyota Ingin Mobil Hidrogen Lebih Terjangkau di Pasar China

Gambar menunjukan Toyota Mirai

Tampilan dari Toyota Mirai bertenaga hidrogen

Dua Produsen Mobil China Genjot Penjualan Mobil Hidrogen

Dilansir dari Reuters (9/15), SAIC Motor, produsen mobil terbesar China yang memiliki kemitraan dengan Volkswagen Group dan General Motors, mengatakan pihaknya berencana untuk menjual lebih dari 10.000 mobil hidrogen pada tahun 2025. Pembuat kendaraan komersial Beiqi Foton Motor juga bertujuan untuk menjual 4.000 mobil  hidrogen pada 2023, dan 15.000 kendaraan serupa di tahun 2025.

Rencana dari kedua produsen mobil tersebut hadir setelah seorang pejabat kementerian keuangan China mengatakan bulan ini bahwa pemerintah China akan meluncurkan paket kebijakan baru untuk mendukung kendaraan sel bahan bakar hidrogen.

China sekarang hanya memiliki armada kendaraan hidrogen lebih dari 7.000 unit, masih jauh dibandingkan dengan lebih dari 4 juta kendaraan listrik baterai murni dan plug-in hybrid.

Tiga orang industri yang akrab dengan kebijakan ini mengatakan bahwa kebijakan baru paling cepat hadir bulan ini.

“Kota-kota percontohan kemungkinan akan mencakup Beijing, Shanghai, serta kota-kota di provinsi Shanxi utara dan timur Jiangsu.” kata orang-orang, yang menolak disebutkan namanya kepada Reuters.

>>> Cek Tabung Reservoir Agar Air Wiper Lancar

Gambar menunjukan Mesin Toyota Mirai

Mesin dari Toyota Mirai

Toyota Juga Ingin Kembangkan Kendaraan Hidrogen di China

Toyota telah mengumumkan rencana untuk mendirikan usaha patungan yang berbasis di Beijing dengan lima perusahaan China, yang bertujuan untuk mengembangkan mobil  hidrogen untuk kendaraan komersial. Selain itu kerjasama ini melibatkan juga pengembangan mobil listrik dan teknologi self-driving.

Dengan investasi awal sebesar 5 miliar yen ($ 46 juta), usaha patungan ini bernama United Fuel Cell System R&D yang akan secara resmi didirikan pada akhir tahun 2020, dengan Toyota memegang 65% saham. Lima perusahaan China yang ikut bekerjasama tersebut termasuk Beijing SinoHytec, FAW, Dongfeng Motor, Guangzhou Automobile Group dan Beijing Automotive Group.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini, 15 September 2020

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Layanan SIM Keliling tetap beroperasi di Jakarta meski ada PSBB. Dan berikut 4 titik lokasi SIM Keliling di Jakarta pada hari ini, Selasa 15 September 2020.

Lihat juga

Mesin Honda F1 Antar Albon Cicipi Podium Pertama Kalinya

15/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Mesin Honda F1 yang digunakan tim Aston Martin Red Bull Racing mengantar Alex Albon raih podium pertama kalinya pada seri balap Grand Prix Formula Satu Tuscany

Lihat juga

BMW Astra Gratiskan Biaya Layanan Perawatan BMW dan MINI di Rumah

15/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Sebagai dukungan dan menjawab kebutuhan pelanggan di tengah pandemi virus Covid-19. BMW Astra gratiskan biaya Layanan Perawatan BMW dan MINI di rumah.

Lihat juga

Aturan Mobilitas Warga Selama PSBB Jakarta

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

PSBB Jakarta sudah dimulai dan pergerakan warga dibatasi. Sejumlah aturan pun disiapkan termasuk diantaranya aturan mobilitas warga selama PSBB berlangsung.

Lihat juga

Mazda Bongo yang Dijual di Jepang Diimpor dari Indonesia

12/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Mazda Bongo rebadge Daihatsu Gran Max telah diluncurkan di Jepang. Rupanya, Bongo diimpor langsung dari Indonesia dengan memenuhi persyaratan pemerintah Jepang.

Lihat juga