Pasar Lesu, Gaikindo Turunkan Target Penjualan Mobil Baru

22/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pasar Lesu, Gaikindo Turunkan Target Penjualan Mobil Baru
GAIKINDO terpaksa merevisi target penjualan mobil baru yang telah dicanangkan awal tahun dari 1.15 juta unit menjadi 1 juta unit karena kondisi pasar dinilai lesu.

Banyak hal terjadi di tahun 2019 yang mempengaruhi pasar industri di tanah air. Mulai suhu panas kontelasi politik hingga melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS. Kondisi ini juga dialami industri otomotif roda empat, penjualan mobil baru yang dicapai tidak seindah pencapaian di tahun lalu.

Dari Januari hingga September 2019, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan mobil baru (wholesales) mencapai 753.594 unit. Turun 12 persen dibanding periode yang sama tahun yang mencapai 856.600 unit.

Foto suasana Bentrok polisi dengan pendemo

Suhu panas konstelasi politik mempengaruhi roda perekonomian sektor industri

>>> Untung Rugi Beli Mobil Bekas di Diler Resmi APM

Dengan alasan ini GAIKINDO terpaksa merevisi target penjualan yang dicanangkan di awal tahun dari 1.15 juta unit menjadi 1 juta unit. "Kita revisi target menjadi 1 juta unit karena sampai saat ini masih terjadi perlambatan. Diperkirakan tiga bulan terakhir bisa mencapai 250.000 unit lagi," tutur Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiharto dalam keterangan resmi seperti dikutip dari laman Gaikindo, (21/10/2019).

Membandingkan lima tahun lalu nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS cenderung melemah. Tahun 2013 rata-rata bernilai Rp 10.451, tahun 2014 rata-rata Rp 11.878, tahun 2015 hingga 2018 rata-rata Rp 13.400. Awal 2019 sempat menembus Rp 15.400 dan kini stabil di angka Rp 14.000.

Diharapkan tahun depan nilai tukar Rupiah menguat sehingga turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di semua sektor termasuk penjualan mobil baru. "Mudah-mudahan di 2020 bisa naik 5 persen dibanding tahun ini, kalau bisa lebih. Sehingga dampak ke semua pihak mulai dari industri otomotif dan pemerintah positif," kata Jongkie.

"Kita juga berharap, pertumbuhan ekonomi dapat meningkat, pembangunan infrastruktur juga bisa dipercepat, suku bunga jangan naik, likuiditas jangan diperketat, sampai peraturan-peraturan yang menyangkut sektor otomotif dapat segera diimplementasikan," tambahnya.

>>> Penjualannya Tetap Tinggi, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Toyota New Avanza Veloz 2019

Foto suasana di pameran GIIAS 2019

Penjualan mobil baru 2019 tak seindah tahun sebelumnya

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Dipersilahkan Gabung Gaikindo, Ini Jawaban Esemka

10/09/2019

Mobil baru

3 menit

Merek Esemka dibukakan pintu lebar-lebar oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) untuk jadi anggota. Bagaimana respon Esemka?

Lihat juga

Esemka Boleh Gabung GAIKINDO, Dengan Syarat...

09/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Peluncuran mobil Esemka disambut baik GAIKINDO. Asosiasi kendaraan bermotor roda empat tersebut bahkan membuka pintu lebar lebar jika Esemka mau bergabung menjadi anggota.

Lihat juga

Soal TKDN Kendaraan Bermotor Listrik, GAIKINDO: Indonesia Punya Bahan Bakunya

17/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Pihak GAIKINDO mendukung munculnya Peraturan Presiden tentang percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Apalagi jika diwajibkan adanya TKDN bagi kendaraan listrik yang beredar di Indonesia.

Lihat juga

Soal Larangan Mobil Tua Beroperasi di DKI, Gaikindo Dukung Gubernur

10/08/2019

Pengemudian

3 menit

GAIKINDO menyatakan dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang melarang mobil berusia 10 tahun ke atas mengaspal di Jakarta mulai 2025 mendatang. Apa alasannya?

Lihat juga

Pembatasan Usia Kendaraan Bermotor, Gaikindo Siap Dukung

04/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Wacana pembatasan usia kendaraan bermotor digulirkan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Bagaimana tanggapan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang notabene asosiasi mitra pemerintah?

Lihat juga