Pasar Bergairah, Peminat Isuzu All New MU-X & D-Max Melonjak Tinggi

17/06/2022

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Pasar Bergairah, Peminat Isuzu All New MU-X & D-Max Melonjak Tinggi
Banyak dilirik oleh perusahaan Migas dan pertambangan, Astra Isuzu berupaya keras untuk memenuhi tingginya permintaan Isuzu All New MU-X dan D-Max terbaru

Tumbuhnya pasar komoditas pertambangan, minyak dan gas, serta perkebunan berpengaruh pada meningkatnya minat konsumen terhadap mobil komersial. Hal itu juga berdampak pada peningkatan kendaraan pendukung seperti mobil sport utility vehicle (SUV) Isuzu All New MU-X 4x4 dan mobil pick up double cabin Isuzu D-Max 4x4. 

Permintaan Naik Eksponensial

“Target kami hanya sekitar 100 sampai 150 unit per bulan, ternyata permintaannya sejak Maret 2022 hingga Juni 2022 ini sudah dua kali lipat yakni sampai 300 hingga 400 unit,” tutur Chief Operation Officer (COO) PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) Yohanes Pratama kepada wartawan di sela-sela kegiatan MU-X dan D-Max MAXperience di Pekanbaru, Riau, Rabu (15/6/2022).

>>> PT IAMI Ungkap Keunggulan Mesin Diesel Isuzu Berbasis Euro IV

Yohanes mengatakan, pihaknya berusaha memenuhi permintaan konsumen. Saat ini, Isuzu di Indonesia sedang beradu cepat untuk mendapatkan lebih banyak kuota kiriman All New Isuzu MU-X dan D-Max dari Thailand. Dua mobil itu memang laris manis di sejumlah negara. “Tinggal kita cepat-cepatan dengan negara lain, soalnya ini mobil CBU (Completely Build Up, Red),” kata Yohanes.

Isuzu All New MU-X

Isuzu All New MU-X diminati pelanggan fleet

Pihaknya optimistis hingga akhir tahun bisa tercapai penjualan 1.200 unit gabungan Isuzu All New MU-X dan D-Max. Diakui, market SUV high 4x4 terus meningkat, setelah pandemi berangsur normal. 

Menurut Yohanes, tingginya permintaan untuk Isuzu All New MU-X dan D-Max dipengaruhi kenaikan market komoditas perkebunan, pertambangan, dan migas. Makanya, untuk dua produk itu, pihaknya memfokuskan penjualan dan after sales service kepada segmen pertambangan, perkebunan, migas, dan perusahaan rental yang melayani tiga segmen tadi.

Isuzu All New D-MAX

Selain Isuzu All New MU-X, D-MAX pun tak ingin ketinggalan

Menurut Yohanes, pihaknya tidak menitikberatkan pada model barunya saja, tetapi juga layanan after sales yang bisa menjangkau kebutuhan konsumen. Pihaknya menyiapkan mekanik on site, artinya menempatkan mekanik di site konsumen. Selain itu, menyediakan spare part on site, berdasarkan kebutuhan suku cadang harian. Program ini menjadi hal yang baru, sebelumnya program itu hanya diterapkan untuk kendaraan truk.

>>> Sabar Menanti 'Penerus' Isuzu Panther Lewat mu-X

Pada kesempatan yang sama, Kepala Wilayah Astra Isuzu Sumatera dan Jawa Barat Irwan Nawir mengatakan, saat ini di Pekanbaru, permintaan akan MU-X dan D-Max model terbaru sangat tinggi. Bahkan, ada satu perusahaan minyak dan gas membeli 65 unit. Namun, pihaknya terkendala pasokan. Hingga saat ini, antrean inden hingga September 2022. Makanya, pihaknya menggelar MU-X dan D-Max 4x4 MAXperience di Pekanbaru.

>>> Inilah Pencapaian Positif Isuzu Di GIIAS 2021

“Di sini kami menjelaskan spesifikasinya. Perbedaan produk lama dan baru. Termasuk memastikan apa saja layanan purna jual, akan ada banyak perbedaan. Selain itu, konsumen juga diberi kesempatan test drive MU-X dan D-Max di medan offroad. Jadi, konsumen betul-betul merasakan produk kita,” tutur dia.

Perusahaan Terkesan Kehandalan & Keiritan Mesin Isuzu 

Diakui, konsumen tertarik dengan model terbaru karena mesin yang kompak, tetapi tenaganya besar. Walau 1.900 cc, tetapi powernya bisa mencapai 150 PS. Sedangkan sebelumnya, dengan mesin 2.500 cc tetapi tenaganya 136 PS. Torsinya pun lebih bagus, dari sebelumnya 32,5 kg sekarang 35,7 kg. Walau tenaga lebih besar, kata Irwan, namun konsumsi bahan bakar tetap hemat yakni berkisar 14 kilometer per liter. 

>>> Inikah Bukti Suspensi Isuzu Panther Lebih Kokoh dari Kijang Innova?

Seperti diakui Anwar Rianto, bagian Procurement PT Berkat Karunia Phala (BKP) yang perusahaannya baru saja membeli 65 unit Isuzu D-Max untuk operasional perusahaan minyak dan gas. Mobil D-Max terbaru itu akan menambah ratusan armada merek Isuzu yang digunakan PT BKP selama beberapa tahun ini. “Kami memilih Isuzu karena hemat BBM. Untuk D-Max terbaru ini, mesinnya 1.900 cc, jelas lebih hemat,” ujar dia.

Isuzu All New MU-X & All New D-MAX 2022

Ketangguhan produk Isuzu rasanya tak perlu diragukan lagi

Alasan lainnya, Isuzu menjamin kualitas unit tetap terjaga walaupun menggunakan berbagai jenis solar, ini menjadi keunggulan ketimbang merek kompetitor. “Apalagi dengan peralihan Euro 2 ke Euro 4, ternyata mesin Isuzu tetap bisa pakai bio solar,” tutur dia.

All New Mu-X 2022

Konsumen bilang konsumsi BBM mobil-mobil Isuzu irit

Hal senada dikatakan Nico Jonathan, pemilik PT Mitra Angkutan Sejati, bergerak di bidang peralatan berat dan kontraktor. Perusahaannya menggunakan belasan unit Isuzu, dan kini membeli model baru D-Max untuk menambah operasional perusahaan.

>>> Mahindra Bolero: Rival Isuzu Traga dengan Value for Money Tinggi

“BBM irit, terlihat dari indikatornya. Tanjakan ekstrim dan turunan curam bisa dilewati dengan mudah, overall semua sangat bagus. Mesin 1.900 cc sudah cukup baik, terbukti bisa mudah melalui medan offroad sesi test drive ini, yang sudah mewakili medan tempat kami bekerja,” tutur Nico di sela-sela kegiatan test drive MU-X dan D-Max di Kawasan Air Hitam, Pekanbaru, Riau.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top