Pantauan Langsung Dari Pabrik Esemka Di Boyolali, Ternyata Belum Ada Aktifitas Produksi Massal, So What?

05/10/2018

Pasar mobil
Share this post:
Pantauan Langsung Dari Pabrik Esemka Di Boyolali, Ternyata Belum Ada Aktifitas Produksi Massal, So What?
Sepekan terakhir pemberitaan media ramai tentang kelanjutan proyek mobil Esemka. Ada yang mengatakan perakitan sudah dimulai, pabrik segera diresmikan hingga ada yang memberitakan pabrik sudah menerima lowongan kerja. Bagaimana sih kondisi sebenarnya? Cintamobil.com melakukan liputan langsung ke lapangan. Simak hasil penelusuran kami.

Sepekan terakhir pemberitaan media ramai tentang kelanjutan proyek mobil Esemka, apa benar mobil tersebut akan segera benar-benar masuk ke jalur produksi setelah sekian lama? Kami dari Cintamobil.com memantau langsung ke lokasi. Dari depan sebuah pagar tembok tinggi sekitar dua meter membentang dari barat ke timur melindungi bangunan besar bercorak merah putih di dalamnya. Teralis besi selebar 10 dengan cat warna putih menjadi pagar pintu keluar dan masuk. Sebuah gapura besar dengan tulisan PT Solo Manufaktur Kreasi masih tertutup rapat spanduk MMT saat kami kunjungi.

Itu lah sedikit gambaran dari pabrik mobil Esemka yang berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Rasa penasaran kami mengenai pemberitaan media yang santer dalam sepekan terakhir menuntun kami Tim Cintamobil.com melihat secara langsung kondisi terkini pabrik yang berada sebelah barat Bandara Adi Soemarmo, Boyolali dengan jarak 5 kilometer ini, hari Kamis (4/10/2018). Pabrik ini berada di jalur Sambi - Mangu, pabrik terlihat cukup mencolok karena bersebelahan dengan area persawahan. Namun dari luar kondisinya cukup sepi, tak banyak lalu lalang orang atau kendaraan keluar masuk pabrik.

>>> Bimantara & Timor Pernah Jadi Mobil Nasional, Lalu Apa Kabar Esemka?

Foto Pabrik Esemka Boyolali tampak dari kejauhan

Kondisi pabrik mobil Esemka Boyolali Jawa Tengah masih sepi, belum ada aktifitas produksi

Masuk kedalam, dibalik gerbang teralis besi putih, ada sebuah gazebo yang terbuat dari bambu disebelah barat sekaligus digunakan oleh security sebagai pos penjagaan. Sama dengan pantauan kondisi dari luar pabrik, dari balik pagar besi pun tidak terlihat banyak aktifitas ataupun orang berlalu lalang seperti halnya di area pabrik yang aktif berproduksi. Hanya ada dua orang security yang ternyata adalah warga sekitar menyambut  kami di gazebo. Entah apa alasannya, kami tidak diperkenankan untuk masuk lebih dalam. 

Tapi walau hanya boleh melihat dari pos security, Cintamobil.com bisa melihat jelas beberapa mobil jenis pick-up dengan hidung mancung tanpa emblem terparkir di sebelah timur gedung utama. Menurut kami pick-up yang konon buatan Esemka tersebut malah agak mirip dengan DFSK Supercab jika dilihat dari jauh. Konon katanya kemungkinan besar mobil-mobil yang kami lihat itu adalah hasil rakitan pabrik Esemka tersebut. Kami mencoba melihat ke arah belakang, hanya satu kali kami melihat sebuah mobil pick-up berhidung pesek tadi melintas. Selebihnya tidak ada aktifitas terlihat dari pos security.

Tampak sebuah mobil Esemka Bima Pick-Up 2019 Mobil Nasional Indonesia

Esemka Bima 2019  yang konon akan segera dipasarkan ke konsumen Indonesia

Intinya kondisi pabrik Esemka itu masih sepi, enggak terlihat aktivitas layaknya pabrik beroperasi secara normal. Dan setelah kami konfirmasi ke security tersebut, mereka meng-iyakan memang kondisi pabrik ini masih sepi, Sebab aktifitas produksi belum dimulai, serta lowongan kerja pun belum dibuka. Di dalam hanya ada beberapa petugas bengkel dan empat orang yang rutin ngantor setiap hari. Sementara untuk aktifitas di gedung belakang kantor hanya ada anak-anak magang dari berbagai SMK di Kabupaten Boyolali, Sragen dan Surakarta saja. Mereka melakukan pelatihan dan praktek pelajaran jurusan otomotif didampingi petugas dari pabrik.

>>> Ingin membeli mobil baru? Intip daftar harga dari Cintamobil.com di sini

"Sampai saat ini lowongan kerja belum dibuka, Mas. Di dalam belum ada produksi mobil yang dikabarkan media. Mobil yang diparkir itu hasil praktek anak-anak SMK. Itu sepeda motor punya anak-anak SMK yang magang disini sudah beberapa bulan," tutur salah satu security yang namanya ogah ngetop ini. Kami memprediksi para security ini memang ditugaskan untuk tidak memperkenankan siapapun memotret area pabrik, baik itu wartawan atau warga. So, Cintamobil.com tidak berhasil mendapatkan gambar apapun di area pabrik.

Tampak depan Foday F22 2019 yang akan jadi basis Esemka Digdaya

Foday F22 2019 akan menjadi basis Esemka Digdaya

"Maaf, kalau untuk urusan ambil gambar kami tidak memperbolehkan. Ada intruksi dari atasan tidak boleh ada gambar tersebar di media sampai pabrik benar-benar siap diresmikan. Nanti semua media bakal diundang," kata security itu, Pun begitu saat kami tanya mengenaikapan pabrik akan diresmikan dan menerima pelamar kerja, mereka juga tidak bisa menjelaskannya. Kami dari Cintamobil.com sangat berharap mobil Esemka benar-benar diproduksi, dibuat, dan dipasarkan di Indonesia. Bukan hanya menjadi kendaraan politik saja. Lalu apa kabar berita yang bilang bahwa Esemka sudah dipesan 7000 unit? Mengapa kita jarang melihatnya di jalan?

Halo Esemka Indonesia?

>>> Permintaan XPANDER Membludak, Mitsubishi Tingkatkan Produksi Di Pabrik Deltamas, Bekasi

Foto Jokowi bersama mobil Esemka

Mobil Esemka yang selalu dipakai Presiden Jokowi sewaktu masih jadi Wali Kota Solo

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top