Jasa Marga Pantau Lalu Lintas via Udara dengan Cara Ini

29/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga mendukung upaya pengendalian transportasi di masa mudik Lebaran 1442 H, salah satunya menggandeng IFC memantau arus lalu lintas jalan tol via udara

Pemerintah melarang mudik lebaran tahun ini dalam untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun demikian, PT Jasa Marga (Persero) tetap mempersiapkan diri. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik BUMN tersebut menggandeng Indonesia Flying Club (IFC) untuk melakukan pemantauan lalu lintas jalan tol via udara menggunakan pesawat Cessna.

Informasi tersebut disampaikan Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur bersamaan dengan peluncuran layanan Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H secara virtual pada Kamis, (29/4/2021).

“Jasa Marga bekerja sama dengan Indonesia Flying Club (IFC) akan melakukan pemantauan sekaligus uji coba patroli udara menggunakan pesawat Cessna untuk memperoleh informasi kondisi lalu lintas secara aktual.” kata Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, dikutip dari laman resminya, (29/4/2021).

Jasa Marga Siaga

Foto Dirut Jasa Marga Subakti Syukur dalam peluncuran Satgas Jasa Marga Siaga

Jasa Marga dukung larangan mudik lebaran 1442

Jasa Marga meluncurkan layanan Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H secara virtual pada Kamis, (29/4/2021). Peluncuran ini dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mengendalian transportasi di masa larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 H.

“Tim Satuan Tugas (Satgas) PT Jasa Marga (Persero) Tbk Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H siap mendukung upaya pengendalian transportasi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H.”  kata Subakti.

Dalam pelaksanaannya, Tim Satgas Jasa Marga Siaga bakal melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan dan prosedur yang berlaku pada lokasi Gerbang Tol, Jalur, Check Point, dan serta di Rest Area. Di tempat persinggahan ini Jasa Marga memastikan penerapan physical distancing serta membatasi kapasitas Rest Area maksimal 50% dari kapasitas normal.

Tim Satgas yang bertugas dipastikan telah mendapatkan vaksinasi dan memperhatikan Protokol Pencegahan Penularan dan Penanggulangan Covid-19, seperti Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

>>> Mudik Dilarang, Jalin Silaturahmi Dengan 4 Cara ini!

Foto Tol Surabaya-Gempol dari udara

Lalu lintas jalan tol akan dipantau dari udara

Maksimalkan Call Center 14080

Upaya lain yang akan dilakukan yaitu memaksimalkan layanan Jasa Marga Toll Road Command Center (JMTC) melalui layanan panggilan satu nomor 14080, atau Call Center 14080. Layanan ini berfungsi sebagai pusat layanan komunikasi untuk informasi dan kebutuhan darurat. Dengan satu nomor ini pengguna jalan tol akan lebih mudah mengingat dibanding nomor lain yang lebih panjang.

Untuk penanganan kecelakaan lalu lintas Jasa Marga bersama BASARNAS berencana menggelar simulasi penyelamatan korban melalui udara.

“Jasa Marga bersama BASARNAS juga berencana melakukan simulasi penyelamatan korban melalui udara. Sebagai salah satu upaya antisipasi dan persiapan penanganan kecelakaan lalu lintas serta peningkatan kemampuan petugas rescue,” kata Subakti.

Secara umum, segala yang diperlukan dalam menghadapi masa larangan mudik Lebaran telah disiapkan Jasa Marga di seluruh jalan tol yang dikelolanya.

>>> Mobil Selain Plat H Dilarang Lewat GT Kalikangkung

Foto Jasa Marga Resque bersama Basarnas

Layanan Resque Jasa Marga siap memberikan penanganan jika terjadi kecelakaan

>>> Simak Daftar Titik Penyekatan Mudik Lebaran 2021

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top