Pantas Setop, Ternyata Hanya Segini Penjualan Hyundai Kona Bensin

09/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Hyundai Kona hilang dari situs resmi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Apakah mobil ini tidak laris, berikut penjualan Hyundai Kona bensin dari data Gaikindo!

Hyundai Kona mesin bensin tidak lagi dipertahankan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memutuskan tidak lagi menjualnya dan menghapus dari daftar line up Hyundai di tanah air. Yang tersisa hanyalah Palisade, Santa Fe, Kona Electric, Ioniq Electric, dan H-1.

"Untuk saat ini pilihan produk yang tersedia bagi para pelanggan di Indonesia adalah produk-produk yang juga diinformasikan di situs resmi Hyundai Motors Indonesia. Adapun pilihan produk tersebut termasuk all-new Palisade, New Santa Fe, IONIQ Electric, KONA Electric, dan juga H1." kata Uria Simanjuntak selaku Head Of Public Relations HMID kepada Cintamobil.com Kamis (8/7/2021).

>>> Hyundai Berharap IONIQ 5 dan Kona N Bisa Dongkrak Penjualan

Penjualan Hyundai Kona Bensin

Tidak dijelaskan alasan penghentiannya, namun diyakini keputusan ini tak lepas dari performa penjualannya yang kurang sesuai ekspektasi. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Hyundai Kona tidak lebih dari angka 205 unit (terhitung dari bulan April 2019 hingga Mei 2021).

Tahun 2019 hanya terjual 119 unit dengan penjualan terbaik bulan Mei sebanyak 28 unit. Tahun berikutnya dari Januari hingga Desember 2020 penjualan turun menjadi 77 unit, dengan rincian 41 unit dijual HMID dan 36 unit dijual dealer Hyundai Indonesia Motors (HIM).

Foto Hyundai Kona bensin tampak depan

Desain extraordinary nyatanya tak mampu mendongkrak penjualan Hyundai Kona di Tanah Air

Itupun didapat dalam 3 bulan terakhir dari bulan Oktober hingga Desember. Sedangkan dari Januari hingga September tidak ada penjualan sama sekali. Tahun 2021 juga tidak membaik, Hyundai Kona bensin hanya terjual di bulan Januari sebanyak 9 unit. Rinciannya 5 unit oleh HMID dan 4 unit oleh HIM.

>>> Sayonara Hyundai Kona Bensin, Inikah Penggantinya di Tanah Air?

Hyundai Kona

Hyundai Kona mengawali kehadirannya di Indonesia di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang digelar di Jakarta International Expo, mulai 25 April 2019.

Mobil ini dibekali mesin bensin 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 147 Hp dan torsi maksimum 179 Nm. untuk transmisi menggunakan transmisi otomatis Shiftronic 6 percepatan.

Foto Hyundai Kona tampak belakang

Hyundai Kona kini hanya tersedia dalam varian listrik

Selain mesin bertenaga, Hyundai Kona juga dibekali fitur keselamatan lengkap seperti 6 airbags, kamera belakang, Emergency Stop Signal (ESS), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Rear Parking Distance Warning, Downhill Brake Control (DBC), Hill-Start Assist Control (HSC), serta sistem pengereman ABS dan ESC.

Sebagai penunjang kenyamanan Hyundai Kona dilengkapi sistem hiburan pada LCD berukuran 9 inci dan sudah didukung koneksi smartphone berbasis iOS maupun Android.

>>> Tertarik mobil Hyundai, cek harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top