Pandemi Virus Corona, Formula E 2020 Dihentikan Sementara

17/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Pandemi Virus Corona, Formula E 2020 Dihentikan Sementara
Di tengah ramainya penyebaran Virus Corona, Formula E musim 2019/20 akan dihentikan selama dua bulan ke depan. Beberapa balapan pun harus dikorbankan, termasuk Jakarta E-Prix.

Krisis yang ditimbulkan virus Corona tak hanya berdampak pada industri otomotif saja, beberapa ajang balap dunia juga terkena imbas dari virus Covid-19, salah satunya beberapa balapan Formula E 2020.

Dihentikan selama dua bulan

Hal ini menyusul deklarasi WHO yang mengklaim Covid-19 sebagai pandemic (penyakit menular yang penyebarannya sangat luas), dan memaksa musim Formula E 2020 dihentikan sementara mengingat sebagian besar E-Prix dihelat di kota dengan kepadatan penduduk tinggi.

Suasana jelang start balapan Formula E

Formula E musim 2019/2020 akan 'dibekukan' selama dua bulan

Untuk menentukan kapan Formula E 2020 bisa lanjut, FE dan FIA menerapkan sistem fase, yang dapat menentukan apakah suatu balapan harus dijadwal ulang, dibatalkan, atau digelar seperti biasa. Pada fase merah, balapan tak boleh digelar, kuning masih melihat berbagai kemungkinan, dan hijau dapat berjalan seperti biasa.

Bulan yang masuk ke fase merah adalah Maret dan April, dengan saat ini Mei masuk ke fase kuning, sedangkan Juni dan Juli masuk ke fase hijau jika situasi dan kondisi terkait penyebaran virus Corona sudah jauh membaik dan stabil.

>>> Gara-gara virus Corona, Jakarta E-Prix dibatalkan

Jakarta batal gelar balap Formula E?

Dengan penghentian sementara ini, setidaknya sudah ada lima E-Prix dibatalkan atau direschedule, yakni Sanya (Cina), Roma (Italia), Paris (Prancis), Seoul (Korea), dan Jakarta. Sebagai catatan, kelima ajang ini dihelat antara Maret sampai awal Juni.

Dengan ini, musim Formula E 2020 akan kembali dimulai di Berlin, yang akan menggelar putaran keenam pada 21 Juni. Kemudian dilanjutkan dengan E-Prix New York pada Juli 11, dengan balapan double header di London akan jadi penutup musim pada 25-26 Juli.

>>> Pilihan mobil baru atau bekas terlengkap bisa Anda temukan di sini

Suasana start balapan Formula E

Kompetisi Formula E akan kembali bergulir di Berlin, 21 Juni mendatang

“Saat ini adalah waktu tepat untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab, dan oleh karena itu kami memutuskan untuk menghentikan sementara musim ini selama dua bulan ke depan,” terang Alejandro Agag, CEO Formula E.

“Motorsport punya peranan besar di hidup kami, dan itu penting. Namun, yang lebih penting saat ini adalah kesehatan dan keselamatan staff kami, penggemar serta keluarganya, dan juga warga kota tempat kami balapan,” tandasnya.

>>> Kabar terbaru seputar pasar mobil dapat Anda temukan di sini

Denah trek Formula E Jakarta

E-Prix Jakarta jadi salah satu ajang yang terkena dampak penyebaran Virus Corona

Masifnya penyebaran Virus Corona di Jakarta juga jadi biang keladi penundaan Formula E Jakarta, yang semula dijadwalkan pada 6 Juni 2020 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. "Saat ini fokus kami bukan Formula E, tapi keselamatan warga Jakarta," tukas Anies Baswedan dalam keterangan resminya di Balai Kota Rabu (11/3) pagi.

>>> Temukan berbagai berita terbaru, tips & trik, serta pilihan mobil terbaik di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top