Pandemi Mulai Mereda, Pabrik Mobil di Eropa Kembali Beroperasi

12/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Pandemi Mulai Mereda, Pabrik Mobil di Eropa Kembali Beroperasi
Setelah operasional terganggu selama dua bulan terakhir, pabrik mobil di Eropa mulai kembali beroperasi. Hal ini tak ubahnya angin segar di tengah pandemi Covid-19 yang mengacaukan industri otomotif di Eropa.

Dampak yang dihasilkan pandemi Covid-19 sangatlah tinggi, di mana asosiasi pabrikan mobil di Eropa mengestimasi bahwa di Uni Eropa dan Britania Raya, penutupan pabrik mobil menyebabkan dua juta mobil tak diproduksi, dengan kerugian mencapai Milliaran Poundsterling.

>>> Jaga perekonomian, satu dari empat pabrik Toyota Malaysia kembali beroperasi

Namun, secercah harapan tiba seiring dengan tren penyebaran virus Covid-19 yang menurun di beberapa negara Eropa. Di mana pabrik Mobil di Eropa kembali beroperasi, tentu dengan mengikuti prosedur kesehatan dan keselamatan yang telah direkomendasikan.

Toyota

Toyota Yaris yang baru saja selesai diproduksi di pabrik TMMF

TMMF jadi pabrik mobil pertama yang kembali beroperasi di Eropa

Toyota menjadi salah satu pabrikan yang lebih dulu membuka keran produksi di Eropa. Pabrik Toyota Motor Manufacturing France (TMMF), yang terletak di Valenciennes telah kembali beroperasi sejak 21 April setelah diliburkan sejak 17 Maret, yang berarti pabrik kembali beroperasi setelah satu bulan libur.

Namun, tidak semua dari 4.500 pekerja langsung bekerja, di mana 500 staff mulai bekerja sejak Selasa (21/4), dan menargetkan 1.400 orang bekerja mulai kamis (23/4), dengan target produksi 50 mobil sebagai langkah awal, sebelum menuju angka normal sebanyak 1.000 mobil per hari sebelum pandemi.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di Cintamobil.com

Saat ini, TMMF jadi basis perakitan Toyota Yaris, termasuk varian Cross yang baru dilanjutkan. Di saat yang hampir bersamaan, Toyota Motor Manufacturing Poland (TMMP), yang memproduksi powertrain untuk supply ke TMMF, juga akan kembali beroperasi dengan load yang disesuaikan permintaan dari Prancis.

Selain itu, Toyota Motor Manufacturing Turkey (TMMT) juga mulai dibuka pada 11 Mei. Fasilitas di Turki menjadi basis produksi Toyota C-HR dan Corolla Sedan. Dan sama seperti TMMF dengan TMMP, Toyota Motor Manufacturing UK (TMMU) memproduksi powertrain untuk unit yang dirakit di Turki. Oleh karena itu, pabrik TMMU yang berlokasi di Deeside Industrial Park, Wales, juga kembali beroperasi.

Volkswagen

Pabrik Volkswagen di Wolfsburg

Volkswagen akan memulai kembali produksi dengan kapasitas 40% pada awal Mei

Volkswagen membuka pabrik Mobil di Eropa, dan memulai kembali operasional mulai 27 April, dengan pabrik di Wolfsburg, Jerman kembali beroperasi setelah libur sejak awal Maret.

Kembali beroperasi setelah libur selama satu bulan, Volkswagen memulai produksi secara perlahan, dengan pekan awal menargetkan produksi 15% dan naik ke 40% memasuki bulan Mei. Untuk mendukung hal ini, 2.600 supplier juga kembali beroperasi.

Fiat Chrysler Automobiles

Pabrik Fiat Chriysler Automobiles di Eropa

FCA kembali membuka keran produksi di Eropa mulai 28 April

Mulai 28 April, pabrik Fiat Chrysler Automobiles di Atessa sudah kembali beroperasi, kembali beroperasinya fasilitas yang diplot untuk produksi mobil komersial untuk wilayah Eropa ini merupakan pertanda positif, mengingat status Italia sebagai pusat dari penyebaran virus Corona.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar pasar mobil di Cintamobil.com

Para pekerja akan menerima masker dan sarung tangan baru tiap harinya, dan pabrik akan dilengkapi dengan stasiun disinfektan dan perubahan layout yang akan mendukung social distancing. Sementara itu, pabrik FCA di Amerika Serikat akan kembali produksi mulai 18 Mei.

Ferrari

Ferrari Monza SP2, mobil pertama yang diproduksi Ferrari setelah pabrik kembali dibuka

Pasca pandemi, Ferrari langsung memproduksi Monza SP2

Mulai 4 Mei, Ferrari secara perlahan memulai kegiatan operasional pada pabrik di Maranello, dengan proses produksi mulai berjalan normal pada 8 Mei, dengan unit pertama yang diproduksi merupakan sebuah Monza SP2.

Dalam operasionalnya, Ferrari mengikuti prosedur pemerintah Italia dalam memonitoring kondisi para pekerja, termasuk tes darah dan aplikasi untuk memonitor apakah para pegawai pernah mengalami kontak dengan penderita virus.

Lamborghini

Pabrik Lamborghini kembali beroperasi

Lamborghini bahkan sampai meluncurkan mobil baru setelah pabrik kembali beroperasi

Selain Ferrari, Lamborghini juga kembali membuka pabriknya pada 4 Mei dengan serangkaian protokol keselamatan. Jadi salah satu negara yang paling terdampak pandemi Covid-19, pabrik Lamborghini di Sant’Agata, Bologna, mulai ditutup tanggal 13 Maret, dan selama fase kosong itu pabrik dialih fungsikan untuk membuat APD untuk para petugas kesehatan.

Bukanya beberapa pabrik mobil di Eropa menandakan tren pandemi yang sudah menurun, dan bukan mungkin dalam beberapa waktu ke depan pabrik lain di penjuru dunia lainnya kembali ngebul, dan industri otomotif kembali pulih.

>>> Berita otomtotif terbaru bisa Anda simak di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Lagi, Pabrik Hino di Indonesia Stop Produksi Sampai 5 Juni 2020

09/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Kondisi pandemi virus Corona yang belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda memaksa pabrik Hino Indonesia stop produksi sementara unit truk baru Hino

Lihat juga

Pabrik Ngebul Lagi, Lamborghini Siapkan Mobil Baru

06/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Lamborghini tak mau membuang momentum pasca pandemi. Setelah libur produksi hampir 3 bulan, pabrikan supercar asal Italia itu menyiapkan mobil baru yang akan diperkenalkan pekan ini.

Lihat juga

Bekerja Dua Hari Sekali, Karyawan Pabrik Daihatsu Tetap Dibayar Penuh

01/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Sejalan dengan imbauan physical distancing Daihatsu buat kebijakan waktu kerja karyawannya lebih singkat dari biasanya menariknya upah tetap dibayar penuh.

Lihat juga

Pabrik BMW di Sunter Masih Beroperasi di Tengah Wabah Corona

05/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Pabrik BMW Indonesia masih beroperasi di tengah pandemi virus corona. Meski begitu pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi hal utama sebagai langkah keselamatan.

Lihat juga

GM dan Toyota Perpanjang Penutupan Pabrik di Brazil Hingga 60 Hari

14/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus Corona (COVID-19) memaksa General Motors (GM) dan Toyota memperpanjang penutupan pabrik di Brazil, setidaknya sampai 60 hari ke depan.

Lihat juga
 
back to top