Pandemi Bikin Penggunaan Robot di Pabrik Mobil Kian Umum

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pandemi Bikin Penggunaan Robot di Pabrik Mobil Kian Umum
Masa pandemi membuat penggunaan robot di pabrik kian umum. Hal itu bisa terjadi lantaran adanya imbauan untuk menjaga jarak antar individu satu sama lain.

Dalam beberapa tahun belakangan, peran robot di dalam industri otomotif tak bisa dikesampingkan. Terutama di saat pandemi seperti saat ini, penggunaan robot di pabrik produksi mobil cukup membantu para pabrikan. 

Di pabrik kawasan Toyota City, Jepang, robot sendiri sudah memiliki peran untuk melakukan inspeksi dalam hal mengontrol kualitas suatu barang. Adanya pandemi, membuat penggunaan robot dalam produksi mobil kian dimaksimalkan. 

Robot di pabrik Ford

Pabrik Ford juga mempekerjakan robot anjing

>>> 2 Robot Anjing Jadi 'Pekerja' di Pabrik Ford

Covid Membuat Penggunaan Robot Makin Maksimal

Melansir Reuters, Selasa (1/9/2020), pabrik suku cadang Musashi Seimitsu Industry menggunakan lengan robot untuk mengambil dan memutar roda gigi sekaligus memastikan kondisi permukaan sudah sempurna. 

Pekerjaan ini biasa dilakukan oleh manusia setiap dua detik. Namun, robot bisa menggantikan pekerjaan itu yakni memeriksa 1.000 unit per shift. 

"Melakukan inspeksi terhadap 1.000 unit untuk hal yang sama membutuhkan keterampilan dan keahlian tapi tidak dengan kreatifitas," ungkap Chief Executive Musashi Seimitsu Industry, Hiroshi Otsuka. 

"Maka dari itu kami ingin mengurangi pekerja dalam melakukan hal itu," sambungnya. 

Robot memang sudah banyak digunakan di sejumlah pabrik dunia dan mulai menggantikan peran manusia pada sejumlah sektor. Tapi dengan adanya penyebaran Covid-19 yang mengharuskan antar manusia menjaga jarak, maka penggunaan robot tampaknya akan semakin dimaksimalkan. 

tak semua pekerjaan pabrik dilakukan robot

Ada beberapa pekerjaan di pabrik yang harus dilakukan manusia

Di Jepang, metodologi seperti itu telah dikembangkan pada sistem produksi Toyota dan pabrikan Jepang lainnya. Toyota pun tak menampik bahwa akan memaksimalkan pemakaian robot di pabrik dalam proses produksi. 

"Kami selalu melihat kemungkinan terbaik dalam proses produksi, termasuk proses secara otomatis yang masih masuk akal untuk dilakukan," ungkap juru bicara Toyota. 

>>> Bukan Lagi Khayalan,Inilah 7 Mobil Ala Transformer di Dunia Nyata

Bukan Hal Baru di Indonesia

Penggunaan robot di pabrik produksi mobil sebenarnya bukan hal baru di Tanah Air. Seperti diketahui produsen mobil asal China PT Sokonindo Automobile (DFSK) yang memiliki pabrik di Serang telah memiliki fasilitas produksi otomasi tingkat tinggi. 

Banyak proses di pabrik yang dilakukan oleh robot seperti pencetakan, pengelasan, pengecatan, dan juga perakitan. 

Di pabriknya, DFSK memproduksi mobil-mobil berjenis SUV dan juga kendaraan komersial ringan.  

"Ini merupakan smart factory berstandar internasional dengan tingkat kepresisian tinggi sekaligus memiliki daya saing yang tinggi juga," kata Alexander Barus, Co-CEO PT Sokonindo Automobile di Serang kala itu. 

>>> Berita seputar mobil baru bisa Anda lihat di sini 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Pertama Kali di Dunia VW Ciptakan Robot Pengisi Baterai Mobil Listrik

30/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Era elektrifikasi makin mudah, Volkswagen tengah mengembangkan robot pengisi baterai mobil listrik yang bisa mengisi baterai tanpa campur tangan manusia.

Lihat juga

Perhatikan Hal Ini Saat Cuci Mobil Dengan Teknologi Robotic

Seiring berkembangnya zaman, teknologi membuat segala hal menjadi semakin mudah, termasuk cuci mobil. Yang kini semakin mutakhir dengan teknologi cuci mobil robotic.

Lihat juga

Mobil Balap Robot Robocar Melaju Di Goodwood Festival of Speed

15/07/2018

Event - Promosi

Robocar dari Roborace menjadi mobil balap tanpa pengemudi pertama yang berhasil menyelesaikan lintasan perbukitan yang terkenal di Goodwood Festival of Speed 2018.

Lihat juga

Mobil Robot General Motor, GM Cruise, Direncanakan Dijual Pada 2019 Nanti

15/01/2018

Mobil baru

Masa depan tepat berada di depan anda. Setidaknya untuk industri otomotif, General Motors membuat anda melihat apa yang ada di masa depan dengan meluncurkan kendaraan otonom tanpa sopir dan tanpa kemudi pada tahun depan, sebagaimana dinyatakan oleh eksekutifnya.

Lihat juga

Teknologi Ini Dapat Membunuh Virus di Kabin Mobil

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dua perusahaan angkutan swakemudi jadikan sinar ultraviolet sebagai cara membunuh virus di kabin mobil untuk yakinkan pelanggan di tengah pandemi Covid-19.

Lihat juga