Pandemi Belum Berakhir, Penjualan Mobil Online Bakal Jalan Terus

11/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Pandemi Belum Berakhir, Penjualan Mobil Online Bakal Jalan Terus
Pandemi corona di Indonesia belum diketahui kapan berakhir. Untuk itu, pabrikan harus rela memutar otak salah satunya dengan melakukan penjualan mobil online.

Pandemi corona di Indonesia belum diketahui dengan pasti kapan akan berakhir. Maka dari itu, seluruh pihak setidaknya harus bisa beradaptasi dengan hal-hal baru yang sebelumnya hampir jarang dilakukan. Ini juga berlaku ketika bicara soal penjualan mobil di Indonesia. 

Penjualan mobil yang umumnya dilakukan secara langsung di dealer, semenjak pandemi melanda perlahan-lahan mulai beralih ke jalur digital. Ya, adanya sejumlah pembatasan membuat aktifitas masyarakat ikut terhambat. Jalur digital dianggap menjadi salah satu cara ampuh agar pabrikan bisa tetap menjual mobilnya. 

pembelian mobil

Umumnya masyarakat membeli mobil langsung di dealer

>>> Langkah Jitu Siapkan Mobil untuk Dijual Secara Online

Penjualan Mobil Online Masih Berlanjut

Setidaknya, jalur digital tersebutlah yang akan terus ditempuh Toyota menginjak tahun 2021. Memang penjualan mobil online juga diprediksi menjadi suatu kenormalan baru saat ini. 

"Tentu dengan pandemi lanjut, beberapa strategi masih kami lanjutkan seperti digital marketing," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy ketika dikonfirmasi Cintamobil belum lama ini. 

Sekadar kilas balik, tahun 2020 Toyota juga kian gencar menawarkan produknya lewat jalur digital. Dijelaskan Anton, masyarakat Indonesia pun kini mulai terbiasa dengan mengakses jalur digital termasuk saat berencana membeli mobil. 

Kala itu Anton mengaku bahwa situs TAM kian banyak diakses masyarakat yang hendak membeli mobil. 

"Memang growth dari jalur online ini luar biasa. Di website TAM sebelum covid itu terima prospek 3.000 calon pembeli yang di follow up dealer. Di kondisi Covid Mei, itu hampir 12.000 ribu prospek jadi peningkatan cukup tinggi," sebut Anton kala itu. 

Tak cuma melayani penjualan. Anton juga merinci bahwsa layanan servis juga bisa dilakukan di rumah. Ini semata-mata dilakukan guna mengikuti imbauan pemerintah agar masyarakat tetap berada di rumah saja namun mobilnya tetap dirawat. 

penjualan mobil

Toyota menyajikan showroom mobil lewat Digiroom

>>> Orang Indonesia Mulai 'Melek' Beli Mobil Lewat Online

Model Baru Masih Rahasia

Pun demikian dengan model baru. Toyota termasuk salah satu pabrikan yang cukup agresif dalam mendatangkan model baru di masa pandemi. Tercatat pada tahun 2020 ada lebih dari lima mobil baru Toyota yang dikenalkan di Indonesia mulai dari Corolla Cross, Fortuner, Innova, Hilux, Yaris, hingga Sienta. Sayang untuk tahun 2021 ini ia masih enggan membeberkan mobil apa saja yang bakal meluncur. 

Santer dikabarkan Toyota akan ikut mengisi persaingan di segmen SUV murah lewat peluncuran Raize. Kemudian juga ada kabar berhembus mengenai Avanza model terbaru. Tapi sayang, hal itu masih sekadar rumor. Untuk kepastiannya, tentu harus menunggu pernyataan resmi dari Toyota. 

"Tentu product movement akan kita pelajari dan consider. Semua hal pasti diconsider ya dalam strategy," pungkas Anton.

>>> Dealer Boleh Buka Lagi, Penjualan Mobil Online Masih Bakal Berlanjut

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top