Pameran Otomotif Manila 2020 Ditunda karena Virus Corona

10/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Pameran Otomotif Manila 2020 Ditunda karena Virus Corona
Melalui pemberitahuan media sosial Facebook, penyelenggaraan Manila International Auto Show 2020 resmi ditunda. Virus Corona kembali menjadi penyebabnya.

Mewabahnya virus corona atau COVID-19 sejak awal tahun ini menggagalkan dihelatnya berbagai pameran otomotif dunia. Sebelumnya awal bulan ini gelaran Geneva Motor Show 2020 resmi dibatalkan, kini yang terbaru pameran otomotif Manila International Auto Show (MIAS) 2020 dikabarkan akan ditunda.

Gambar menunjukan pengumuman Manila Auto Show

Pengumuman resmi panitia terkait ditundanya MIAS 2020

>>> Wabah Corona Masuk Indonesia, Bagaimana Nasib Formula E di Jakarta?

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis di media sosial, penyelenggara MIAS 2020 menyatakan: “Sehubungan dengan mewabahnya virus corona pemerintah Filipina mendeklarasikan keadaan darurat untuk kesehatan masyarakat, manajemen Worldbex Services International telah mengambil keputusan untuk menunda sementara MIAS 2020.” tulis Worldbex Services International, penyelenggara MIAS 2020 dalam unggahan di Facebook.

Maksud di balik keputusan panitia penyelenggara menunda MIAS 2020 yang dijadwalkan akan dihelat pada 2 hingga 5 April 2020 ini diyakini untuk membantu mencegah penyebaran virus dan untuk memastikan keamanan terbaik bagi semua pemangku kepentingan, peserta pameran, serta pengunjung.

Gambar menunjukan MIAS 2020

Sebelumnya MIAS 2020 dijadwalkan akan dihelat pada tanggal 2 hingga 5 April 2020

>>> Antisipasi Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

"Keputusan ini dibuat dengan pertimbangan yang luas dan hati-hati tentang situasi saat ini, kami bersama pemerintah berkomitmen untuk bekerja sama dalam upaya menahan penyebaran virus COVID-19.” sambung panitia MIAS 2020.

Belum ada kabar tentang kapan panitia berencana menjadwal ulang MIAS tahun ini, tapi kabar ini menambah satu lagi dibatalkannya pemeran otomotif dunia akibat dampak krisis kesehatan. Sebelumnya pameran otomotif Geneva International Motor Show 2020 harus dihelat secara online karena mewabahnya virus COVID-19. Tidak hanya itu saja, jadwal MotoGP, Moto2, dan Moto3 diatur ulang jadwalnya. Kabar terbaru MotoGP Qatar, Buriram hingga Thailand harus ditunda penyelenggaraannya.

>>> Review DFSK Gelora 2020: Van Kekar nan Luas dari Negeri Tirai Bambu

Sedangkan di dalam negeri, belum ada kabar pengunduran atau pembatalan pemeran otomotif tahunan baik itu IIMS maupun GIIAS. Kabar baiknya akhir pekan lalu, pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 telah resmi selesai dihelat pada 5-8 Maret 2020.

Mewabahnya virus corona sejak awal tahun, hingga saat ini dilaporkan total sudah ada sekitar 90.872 kasus orang-orang terinfeksi virus COVID-19. Sebanyak 48.002 orang dinyatakan sudah sembuh dan 3,117 orang dinyatakan kehilangan nyawa akibat virus yang ditularkan dari hewan ini.

>>> Berita otomotif lainnya ada di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top