Paket SMART, Amunisi Mitsubishi Xpander Hadang Toyota Avanza 2019

17/01/2019

Pasar mobil
Paket SMART, Amunisi Mitsubishi Xpander Hadang Toyota Avanza 2019
Pertempuran dari sisi aftersales merupakan salah satu hal harus dimenangkan mobil kategori low-MPV jika ingin berjaya, dan ini lah yang ditawarkan Mitsubishi Xpander untuk menghadapi kemunculan Toyota Avanza 2019

foto Mitsubishi Xpander sedang servis

Layanan aftersales berperan penting dalam mendongkrak penjualan Mitsubishi Xpander

“Program pemasaran memang mampu menjual mobil, tetapi berkat program aftersales konsumen akan kembali,” sebuah mantra sakti diamini produsen otomotif di seluruh dunia. Terlebih untuk segmen “big volume” seperti MPV dengan karakter pembeli yang rasional. Satu kesalahan di sektor ini, dijamin bakal viral dan merusak brand image produsen bersangkutan.

Sebagai pemain baru di segmen low-MPV, Mitsubishi paham betul bahwa produk tidak lah cukup untuk dapat merebut kue dari kompetitor utamanya. Harus ada terobosan soal aftersales. Terlebih, sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya perawatan pabrikan tiga berlian jauh lebih mahal dibanding Toyota yang menjadi benchmark ketika bicara aftersales.

>>> Penjualan Nasional Dirilis, Mitsubishi Xpander Harus Bersabar Untuk Jadi Nomor Satu Di Segmen Low MPV

 Solusi dihadirkan bisa disebut terobosan untuk segmen low-MPV, meski sebetulnya sudah bayak diaplikasikan produsen Eropa. Mitsubishi menyebutnya dengan nama Paket SMART. Yakni paket pembelian biaya servis untuk tempo kilometer tertentu.

Semakin menarik ketika Paket SMART sudah termasuk dalam paket ketika konsumen membeli Mitsubishi Xpander. Yaitu paket 50 ribu km / 3 tahun. Artinya, konsumen sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk biaya perawatan selama masa paket masih berlaku.

flyer paket SMART Mitsubishi Xpander

Paket SMART dimiliki Mitsubishi Xpander

Ada pun Paket SMART didapat setiap pembelian Xpander adalah kategori Gold senilai Rp 4,35 juta. “Konsumen juga dapat upgrade ke paket Diamond dengan menambah Rp 600 ribuan,” jelas Ronald Reagan, Department Head Aftersales Marketing & Development Department Sales MMKSI,

Konsumen juga mendapatkan free satu tahun asuransi personal accident. Tidak hanya sesuai nama pemilik, tetapi seluruh anggota keluarga tertera dalam satu kartu keluarga.

Dari sisi konsumen, paket perawatan ini lebih menarik dibandingkan apa ditawarkan “toko sebelah”. Informasi didapat dari brosur Toyota Avanza 2019, pemilik mendapat bebas biaya jasa untuk 4 tahun atau 50 ribu kilometer, mana tercapai terlebih dahulu.

Apakah semua ini cukup untuk menghadang laju Toyota Avanza 2019?

Mitsubishi Siapkan Pembaruan Xpander?

Dari data whole sales dirilis GAIKINDO, tahun 2018 silam Mitsubishi Xpander laris terjual sebanyak 75 ribu unit. Meski sempat menjadi nomor satu untuk beberapa bulan, pada akhirnya Xpander masih harus mengakui keunggulan Toyota Avanza yang laku 82 ribu unit. Tentu, banyak analisa mengapa “mobil sejuta umat” bisa menyalip Xpander, walau secara jujur harus diakui kalah dari sisi produk.

Naoya Nakamura, presiden direktur MMKSI menyebut keterbatasan produksi Xpander versi otomatis menjadi salah satu penyebab menurunnya penjualan di akhir tahun. Selain perang diskon masif akhir tahun dilakukan mayoritas pemain di segmen ini.

Inilah mobil yang paling ditunggu-tunggu, Toyota New Avanza 2019. Mobil ini mendapat berbagai ubahan pada eksterior sekaligus dengan tambahan fitur-fitur baru tanpa adanya perubahan harga. 

>>> Baca review Toyota Avanza Veloz 2019 selengkapnya di sini

Nakamura-san sendiri masih sangat percaya diri dengan keunggulan produk dimiliki Mitsubishi Xpander dalam menghadapi kemunculan Toyota Avanza baru. “Ubahannya bersifat minor, kami optimistis konsumen Avanza akan beralih ke Xpander,” ucapnya di tengah-tengah sesi afternoon tea bersama media (16/1).  

Meski begitu, hal ini tidak membuat MMKSI diam berpangku tangan. “Kami tengah menyiapkan sejumlah pembaruan untuk Xpander. Apa saja itu, masih terlalu dini dibicarakan. Tunggu saja tanggal mainnya,” tambah Nakamura.

Saat ini konsumen masih perlu menunggu inden dua bulan sebelum mendapatkan Mitsubishi Xpander.

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

 
back to top