Pakai Plat Polisi dan Tabrak Mobil, Sopir Fortuner Diamankan Polisi

23/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Sopir Fortuner yang menggunakan plat nomor polisi dan nekat lawan arah hingga menabrak mobil lain akhirnya diamankan polisi untuk dilakukan pemeriksaan.

Jagat sosial media diramaikan dengan berita soal Toyota Fortuner berplat dinas polisi dan melakukan tabrak lari terhadap mobil lain di Jalan Tentara Pelajar, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Tak cuma itu, sopir Fortuner tersebut juga diketahui mengendarai mobil dengan cara lawan arah sehingga bisa menabrak Peugeot berwarna putih. Tentu yang membuat heboh adalah penggunaan plat dinas kepolisian namun justru melanggar aturan lalu lintas. 

Fortuner plat polisi

Mobil Peugeot tampak ringsek di bagian depan

>>> Polisi: Tidak Boleh Memasang Stiker Di Pelat Nomor Kendaraan

Mobil Peugeot yang Ditabrak Sopir Fortuner Ringsek

Dalam video yang diunggah akun instagram mala_hasan04, tampak aksi kejar-kejaran antara mobil Peugeot dan Mercedes-Benz terhadap mobil Toyota Fortuner bernomor dinas polisi 3488-07.

Kendaraan itu dikejar setelah menyerempet Mercedes dan Peugeot ketika melaju melawan arah di Jalan Tentara Pelajar, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (20/8/2021) sekitar pukul 02.30 WIB.

Setelah diserempet sampai kaca spion pecah, kedua mobil korban berbalik arah dan mengejar pelaku. Bukannya berhenti, mobil itu malah semakin ngebut dan bahkan menabrak bagian depan mobil Peugeot hingga ringsek.

Pengendara Mercedes sempat berhasil menghadang laju kendaraan mobil berplat dinas polisi itu di Pos Pengumben 2. Saat korban menghampiri sopir Fortuner dan hendak membuka pintu bukannya meminta maaf dan bertanggung jawab, kendaraan itu malah tancap gas hingga korban jatuh dan terseret.

Korban kemudian melaporkan tindak tabrak lari itu ke Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan menangkap sang sopir pada Sabtu (21/8/2021).

>>> Plat Nomor Kendaraan Bakal Ganti Warna Putih, Berapa Biayanya?

Sudah Diamankan Polisi

Fortuner plat polisi

Pelaku telah diamankan pihak kepolisian

Akibat aksinya itu, sopir Fortuner tentu harus mempertanggung jawabkan perbuatannya. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut bahwa pelaku telah diamankan untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan. 

Sambodo menambahkan, penangkapan pengemudi Fortuner dilakukan setelah polisi menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP). Menurut Sambodo, saat ini polisi masih memeriksa sopir Fortuner tersebut. 

“Pelaku sudah diamankan, (sopir Fortuner) bukan polisi,” kata Sambodo dikutip laman Korlantas Polri. 

Diketahui belakangan, plat dinas polisi yang digunakan tersebut asli namun sudah tak lagi diperpanjang. Dengan kata lain, plat nomor itu sudah tidak lagi bisa digunakan.

Penggunaan plat dinas polisi ini memang tak sembarangan melainkan bakal diawasi oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Polri sesuai amanat Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas. 

>>> Super Canggih, Mobil Kepolisian Dubai Dilengkapi Pemindai Wajah dan Plat Nomor

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top