Pajak Sedan Turun: Ekspor Mobil Berpotensi Meningkat

30/08/2017

Pasar mobil
Pajak Sedan Turun: Ekspor Mobil Berpotensi Meningkat
Di pasar mobil Indonesia, model sedan selama ini dipandang sebagai kendaraan mewah. Pajak yang dikenai model ini lebih tinggi daripada model MPV atau model lainnya. Kementerian Perindustrian sedang mengusulkan penurunan pajak untuk kendaraan berjenis sedan sehingga dapat meningkatkan penjualan di luar negeri.Kementerian ini akan membahas peraturan skema pajak tersebut dengan Kementerian Keuangan.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013, beban Pajak Penjualan atas Barang Mewah untuk sedan yakni sebesar 30 persen jika mesinnya tidak sampai 1.500cc. Lebih dari itu kena tarif 40 persen – 75 persen.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita mobil pasar mobil terbaru!

Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga mengatakan “Ada beberapa regulasi yang akan disesuaikan. Pertama sekarang kan ada pembedaan antara mobil yang SUV atau MPV dengan sedan. Nah sedan memang dulu pada regulasi didorong, sedan termasuk barang mewah, tetapi sekarang posisi sedan tidak mewah lagi.”

banyak sedan Sedan Mercedes-Benz warna hitam

Sedan menjadi salah satu jenis kendaraan menarik pada masa depan

Dia melanjutkan, sedan memiliki potensi penjualan yang tinggi di luar negeri atau diekspor. Untuk itu, pihaknya akan mengusulkan agar pajaknya sama dengan kendaraan jenis special utility vehicle (SUV) ataupun multi-purpose vehicle (MPV). Saat ini SUV atau MPV dikenai pajak sebesar 10 persen. 

Asumsinya bila berkurang besaran pajak, maka nilai jual sedan kepada konsumen juga akan berkurang. Harga yang lebih rendah diharapkan bisa menjadi pendongkrak permintaan segmen sedan. Meningkatnya permintaan pasar akan mendorong industri otomotif menambah kuota produksi sedan.

Namun sasaran sebenarnya bukan pasar di dalam negeri yang sedang didominasi SUV, MPV serta LCGC. Pemerintah justru berharap industri otomotif nasional meningkatkan produksi sedan masing-masing untuk pasar eksport yang permintaannya terus meningkat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita mobil terbaru!

 
back to top