Pajak Parkir di Jakarta Naik 30%

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pajak Parkir di Jakarta Naik 30%
DPRD DKI Jakarta akhirnya mengesahkan kenaikan tarif pajak parkir di Jakarta dari semula 20% menjadi 30% untuk meningkatkan pendapatan di daerah Ibu Kota.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi DKI Jakarta mengesahkan adanya perubahan Peraturan Daerah Nomor 16 tahun 2010 tentang pajak parkir. Adanya pengesahan tersebut menandakan pajak parkir di Jakarta mengalami kenaikan. 

Pengesahan tersebut dibahas dalam Sidang Paripurna dengan agenda Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD) Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019, Usulan Raperda tentang Perubahan Atas Perda No.15 tahun 2010 tentang Pajak Penerangan Jalan dan Raperda tentang perubahan atas Perda No.16 tahun 2010 tentang pajak parkir. 

Parkir mobil

Ilustrasi parkir mobil

>>> Jakarta Akan Terapkan Aturan Beli Mobil Wajib Punya Garasi

Pajak Parkir di Jakarta Naik 30%

Pada kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi DPRD DKI yang menyetujui dua raperda yang diusulkan Pemprov DKI. 

Antara lain perubahan Perda 16 tahun 2010 yang mengatur tarif pajak parkir semula 20 persen ditingkatkan menjadi 30 persen (Sesuai sesuai undang-undang 28 tahun 2009). Kedua, terkait Perda No. 15 Tahun 2010 Tentang Pajak Penerangan Jalan yang semula flat 2,4 persen sekarang diubah menjadi progesif.

“Kenaikan pajak parkir ini sudah dijelaskan alasan-alasannya. Ini dari pengelola parkir kepada Pemprov. Adapun tarif parkir ditetapkan tersendiri, jadi tidak otomatis berubah," ucap Anies seperti Cintamobil.com kutip dari laman PPID DKI Jakarta, Senin (7/9/2020).

"Begitu juga dengan tarif penerangan jalan umum yang semula flat 2,4 persen, sekarang diubah jadi progesif. Jadi dengan cara seperti ini maka kita berharap satu sisi ada pemasukan yang lebih optimal untuk dimanfaatkan masyarakat banyak," lanjut Anies. 

>>> Hindari Kebiasaan Aktifkan Rem Tangan Terlalu Lama Saat Parkir di Rumah

Untuk Meningkatkan Pendapatan Jakarta

Salah satu alasan kenaikan tarif parkir adalah untuk meningkatkan pendapatan Jakarta yang dinilai sudah tak relevan dengan aturan dan targetnya. 

Parkir mobil

Kenaikan pajak parkir Jakarta untuk tingkatkan pendapatan Ibu Kota

Ketiga Raperda dari Pemprov DKI Jakarta tersebut secara berurutan disetujui oleh pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta melalui penandatanganan persetujuan bersama pimpinan DPRD dan Anies. 

“Saya bersama eksekutif menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan para anggota DPRD atas kecermatan ketelitian dan kesungguhan dalam menelaah seluruh subtansi materi Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 serta usulan dua Raperda yang telah diajukan,” ucap Anies. 

Terkait dengan Raperda P2APBD 2019 yang disetujui DPRD, Anies berharap ke depan kinerja pengelolaan keuangan Pemprov DKI Jakarta semakin baik, transparan, dan akuntabel sehingga sejalan dengan komitmen Pemprov DKI bersama DPRD DKI Jakarta untuk mewujudkan tertib penyelenggaraan pemerintahan yang bersih.

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Turki Jadi Negara dengan Pajak Mobil Tertinggi di Dunia

02/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Turki menjadi negara dengan pajak mobil tertinggi setelah menerapkan peraturan baru untuk pajak mobil impor guna meningkatkan penjualan mobil dalam negeri.

Lihat juga

Diskon Pajak Ampuh Tingkatkan Penjualan Mobil di Malaysia

26/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Kebijakan pemerintah di Malaysia untuk memberikan diskon pajak mobil baik itu CKD maupun CBU cukup ampuh dalam meningkatkan penjualan dari bulan ke bulan.

Lihat juga

Beli Toyota Corolla Cross 2020 Enggak Perlu Bayar Pajak, Begini Caranya

06/08/2020

Mobil baru

3 menit

PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan beragam solusi untuk memiliki Toyota Corolla Cross terbaru, bahkan pengguna tidak perlu membayar pajak, begini caranya

Lihat juga

Pembebasan Pajak Mobil di Malaysia Bikin Warga Mulai Sambangi Dealer

01/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemerintah Malaysia beberapa waktu lalu menerapkan pembebasan pajak mobil untuk kembali meningkatkan penjualannya. Hal itu membuat warga mulai datang ke dealer.

Lihat juga

Kenaikan Pajak Mobil di Inggris Jadi Solusi Pengurangan Pencemaran Udara

27/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Komite Perubahan Iklim di Inggris menyerukan bahwa pajak mobil untuk mesin konvensional bisa dinaikan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara.

Lihat juga