Pajak Diturunkan, Honda Siap Produksi Sedan Versi Lokal?

20/05/2017

Pasar mobil
Share this post:
Pajak Diturunkan, Honda Siap Produksi Sedan Versi Lokal?
Saat ini, sedan masih adalah salah satu penentu status sosial sang pemilik. Sebabnya produksi tersebut punya tampilan yang lebih canggih dan harganya juga lebih mahal kalau dibandingkan dengan mobil-mobil jenis lain. Di samping itu, sedan saat ini masih dikenakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).
PPnBM sedan yang terlalu tinggi berdampak buruk terhadap penjualan mobil jenis ini. Akibat yalah, penjualan sedan saat ini semakin menurun. Dalam menghadapi situasi ini,Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) meminta  kepada pemerintah untuk menurunkan PPnBM agar pasar mobil jenis sedan ini kembali bergairah.

Jika nanti pajak tersebut diturunkan apakah Honda bakal memproduksi sedan versi lokal ?
 

Honda Civic coupe 2016 berwarma biru canggih dan mewah, menarik konsumen

PPnBM sedan yang terlalu tinggi berdampak buruk terhadap penjualan mobil jenis ini

 

Menurut Otodetik, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM, Jonfis Fandy, di Tangerang sudah mengatakan: “Ya kita akan studi, saya nggak bisa tahu karena peraturan saya gak tahu, sama nanti ada hubungan dengan yang lain-lain. Pemerintah kan tidak menurunkan pajak serta merta gitu tapi industri nggak bisa terima serta merta”.

Jonfis Fandy melanjutkan: “Toyota saya tahu karena sudah produksi Toyota Vios tapi itu kan karena dia ada taksi dulunya, tapi sekarang ada Uber segala dan beralih ke 7-seater, taksi konvensional pun jadi 7, apakah volumenya akan besar seperti itu lagi karena kan tidak ada proteksi taksi sekarang”.

Honda Civic 2016 berwarna putih  - Salah satu model sedan Honda yang dikenalkan PPnBM

Honda Civic 2016 - Salah satu model sedan Honda
 

>>> Honda Civic Turbo Kuasai 75% Pangsa Pasar Medium Sedan Pada Bulan April 2017

Akibat tingginya PPnBM menurunkan penjualan tidak hanya sedan pribadi tetapi juga sedan yang notabene produksi untuk kendaraan taksi seperti Toyota Vios Limo. PPnBM diterapkan  untuk segmen tersebut mulai dari 30 persen untuk sedan dengan kapasitas dibawah 1.500 cc hingga 125 persen untuk sedan diatas 3.500 cc.

>>> Klik disini untuk mengupdate berita terbaru

Share this post:
 
back to top