Pabrikan Vietnam VinFast Beli Tempat Pengujian Mobil Milik Holden

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pabrikan Vietnam VinFast Beli Tempat Pengujian Mobil Milik Holden
VinFast kian serius jajaki industri otomotif di dunia. Perlahan tapi pasti, VinFast baru saja dikabarkan membeli tempat pengujian mobil Holden di Australia.

Perusahaan start-up asal Vietnam, Vinfast kian serius jajaki pasar otomotif terutama di kawasan Asia Pasifik. VinFast yang dimiliki orang terkaya di Vietnam disebut-sebut menjadi pemilik trek pengujian bersejarah kepunyaan Holden. 

Sebelum berpindah tangan, trek pengujian yang terletak di kota Lang Lang, Australia itu digunakan oleh General Motors saat mengetes keseluruhan model Holden sejak tahun 1958. Kini trek itu bakal digunakan sebagai tempat pengujian dalam rangka mengembangkan mobil merek Vietnam itu di kawasan Asia Pasifik. 

>>> SUV Buatan Vietnam, VinFast President Siap Tantang BMW X7-Lexus LX570

Sudah Rekrut Pekerja dari Pabrikan Ternama 

Nantinya, mobil akan tetap diproduksi di Vietnam kemudian melakoni pengujian jalan di dalam fasilitas rahasia dekat kota Lang Lang. 

Test track Holden

Jadi tempat pengujian bersejarah bagi Holden

Dilaporkan CarAdvice, Jumat (11/9/2020), meski tak disebutkan secara gamblang berapa dana yang dikeluarkan VinFast namun diyakini transaksinya melebihi 20 juta dolar. 

VinFast sendiri memang diketahui telah merekrut banyak pekerja dari beragam raksasa otomotif ternama di dunia seperti Holden, Ford, dan Toyota untuk menggarap mobil barunya. 

Namun sebagai awalan, VinFast akan diproduksi menggunakan basis model BMW sesuai dengan kesepakatan pembelian dengan pabrikan Jerman tersebut. Yang unik adalah desainnya bakal berbeda dengan mobil-mobil BMW lainnya. 

Test track yang sebelumnya milik Holden ini sempat menuai kontroversi. Para pencinta lingkungan di kawasan Lang Lang telah melobi pejabat setempat untuk memangkas lahan Holden itu agar bisa digunakan sebagai kawasan konservasi.

Sebagai informasi, setengah dari 872 hektar fasilitas produksi tersebut tidak terpakai sejak 1958 dan kawasan itu mempunyai spesies flora dan fauna yang langka. 

>>> Mobil Listrik VinFast Terjepret Lakukan Tes, Rilis November 2020

Klub Holden Masih Boleh Berkunjung

Juru bicara Save the Holden Bushlands Group pernah menyampaikan agar pemilik fasilitas tersebut bisa menjadikan lahan sebagai tempat konservasi yang sudah tak tersentuh selama 60 tahun. 

SUV VinFast

SUV VinFast yang kini menjadi salah satu andalan

Dalam pernyataannya Holden mengatakan VinFast akan berkomitmen untuk kehidupan berkelanjutan dari hutan di lingkungan sekitar test track dan akan memberikan akses untuk kegiatan perawatan di lingkungan tersebut. 

"VinFast juga tetap menghormati warisan Holden dengan memberikan akses pada klub mobil dan mantan karyawannya," tulis pernyataan Holden. 

Dalam perjanjian jual beli juga disebutkan bahwa General Motors Speciality Vehicles akan menggunakan Lang Lang sebagai tempat pengujian sekaligus validasi mobil baru di kawasan lokal.

>>> Klik sini untuk lanjut baca berita otomotif terkini lainnya

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Ada Peran Konglomerat di Balik Mobil Nasional Vietnam VinFast

18/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Dalam dua tahun Vietnam mampu melahirkan mobil nasional yang diproduksi dalam negeri dengan menggaet banyak pihak. Rupanya ada sosok konglomerat di baliknya,

Lihat juga

Ekspor Mobil Indonesia ke Vietnam Lampaui Thailand

06/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2016, Indonesia menggeser Thailand sebagai pengekspor mobil terbanyak. Tercatat ekspor mobil Indonesia ke Vietnam meningkat.

Lihat juga

Dijual di Vietnam, Berapa Harga Mitsubishi Xpander Cross Buatan Bekasi?

17/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Mitsubishi mulai memasarkan SUV Xpander Cross di Vietnam. SUV ini menyusul sang adik Xpander yang lebih dulu diekspor. Berapa harga Xpander Cross di sana?

Lihat juga

Honda CR-V Facelift Masuk ASEAN, Vietnam Jadi Negara Pertama

04/06/2020

Mobil baru

3 menit

Diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat, CR-V facelift siap dijual di pasar ASEAN dengan Vietnam jadi negara pertama yang kedatangan SUV andalan Honda itu.

Lihat juga

Ini Pilihan Mobil Murah Paling Populer Di Vietnam

03/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Di Indonesia, nyaris di semua segmen mobil berkapasitas tujuh penumpang menjadi pilihan konsumen. Tapi ternyata tidak di Vietnam. Mereka punya pilihan mobil lain yang populer. Yuk kita simak apa saja.

Lihat juga