Pabrikan Pembuat Produk Non-Kendaraan, Salah Satunya Tak Dinyana

10/04/2019
Beberapa dari kita mungkin sudah tahu beberapa produk yang dimaksud. Pada roda dua, Yamaha juga dikenal sebagai pembuat beberapa instrumen musik, seperti gitar, bas, dan piano. Bagaimana dengan mobil? Produk non-kendaraan apa saja yang mereka buat?

Bukan hal aneh bila ada satu perusahaan membuat berbagai jenis produk, contohnya dari bidang Fast Moving Good Consumer (FMCG), atau produsen berbagai kebutuhan konsumsi rumah tangga. Dalam skala lebih besar, perusahaan elektronik juga berlomba-lomba unjuk gigi menampilkan produk terbaik mereka, begitu pula dengan pabrikan mobil.

Tak sedikit dari mereka yang memulai usahanya bukan dari bidang otomotif, Mitsubishi misalnya. Pabrikan tiga berlian itu dikenal sebagai perusahaan kargo pada 1870 sebelum merambah ke militer pada Perang Dunia II. Apa saja pabrikan pembuat produk non-kendaraan lainnya?

>>> Baca juga: Bahaya menyimpan makanan di dalam mobil

1. Mitsubishi-Hyundai: Perangkat Elektronik dan Alat Berat

Gambar menunjukkan galangan kapal buatan Hyundai Heavy

Selain mobil, Hyundai juga bermain di industri kargo dan perkapalan

Selain dikenal dengan berbagai produk roda empat dan pesawat tempur, Mitsubishi juga merambah bidang elektronik lewat Mitsubishi Electric. Beberapa dari kita mungkin pernah menemukan logo pabrikan tersebut di lift, AC rumah, atau mungkin Anda sendiri salah satu pemilik salah satu perangkat elektronik seperti kipas angin?

Demikian halnya dengan Hyundai. Lewat anak perusahaan Hyundai Heavy Industries, mereka menjadi salah satu pemain di bidang perkapalan dan kargo. Pabrikan Seoul tersebut juga berkecimpung di elektronik, meski produknya kurang begitu terdengar di Indonesia.

>>> Baca juga: SUV Kian Digemari di Pasar Global, Toyota Fortuner Ketiban Berkah

2. Toyota-Aston Martin: Perumahan

Gambar menunjukkan contoh rumah buatan Toyota Housing di Jepang

Rumah Toyota, furnitur dari Aston Martin

Selain mobil, Toyota dan Aston Martin menjadi pabrikan pembuat produk non-kendaraan berikutnya, tepatnya di bidang perumahan. Untuk yang pertama disebut, mereka punya kantor perwakilan di Indonesia, dengan produk unggulan berupa rumah tanpa batu bata.

Menggandeng perusahaan furnitur FORMITALIA, Aston Martin menghadirkan koleksi furnitur mewah sesuai dengan filosofi mereka, ‘Art of Living’. Rasanya sangat cocok untuk Anda fans pabrikan supercar Inggris tersebut yang mendambakan perabotan premium di rumah.

>>> Sedang mencari berbagai merek mobil? Klik Cintamobil.com aja

3. Honda: Robot

Gambar menunjukkan salah satu produk robot Honda, Asimo

Benar-benar seperti manusia pada umumnya

Nama Asimo rasanya sudah tak asing di telinga. Diluncurkan pada 2000, robot humanoid buatan Honda itu mampu melakukan berbagai hal, seperti bermain sepakbola hingga menjadi pelayan di kantor. Sayangnya, robot berbentuk mirip seperti astronot itu ‘dipensiunkan’ pertengahan tahun lalu. Mereka memilih fokus mengaplikasikan berbagai data dari Asimo untuk keperluan mobil komersialnya.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review New Honda Mobilio S 2019, LMPV Dibawah Rp 200 Juta Paling Value For Money?

4. Volkswagen: Sosis

Gambar menunjukkan sosis buatan VW di Jerman

Seperti apa ya rasanya?

Anda tidak salah baca. Terkenal sebagai pembuat mobil murah Jerman, Volkswagen juga membuat sosis sebagai salah satu bahan pembuat Currywurst, kudapan khas Negeri Panser. Bahkan, divisi pembuat daging asap VW itu berkali-kali mengungguli sektor otomotifnya dari segi kuantitas penjualan. Mereka dikabarkan juga membuat saos sebagai bahan pelengkap.

Itu tadi enam pabrikan pembuat produk non-kendaraan. Bukan tidak mungkin daftarnya bertambah, khususnya di bidang teknologi. 

>>> Baca berita otomotif terkini di Cintamobil.com!

Wisnu Setioko

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain