Pabrik Tutup, Nissan Komit Jualan di Indonesia dan Bakal Launching Kicks

31/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pabrik Tutup, Nissan Komit Jualan di Indonesia dan Bakal Launching Kicks
Nissan telah mengumumkan untuk menutup pabriknya di Indonesia. Namun tak berarti aktivitas penjualan dan layanan after sales ikut terhenti karenanya.

Pabrik tutup, tak berarti aktivitas Nissan di Indonesia ikut berhenti. Dalam konferensi pers tentang rencana transformasi dalam kurun waktu empat tahun ke depan, pabrikan Jepang itu tetap berkomitmen untuk melanjutkan penjualannya di Tanah Air. 

Nantinya, mobil akan didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Build Up) dari Thailand yang kini menjadi basis produksi untuk kawasan ASEAN dan juga Jepang. 

Tak Berdampak untuk Konsumen di Indonesia

>>> Innova, Fortuner, Sienta dan Vios Diskon Rp 100 Juta di Auto2000 Digiroom

Nissan juga belum memiliki rencana soal masa depan pabriknya di Indonesia. 

CEO Nissan Makoto Uchida

Makoto Uchida dan Ashwani Gupta saat menjelaskan rencana transformasi Nissan

Sedangkan produksinya di Indonesia masih akan terus dilanjutkan di pabrik milik mitra aliansinya yakni Mitsubishi. Seperti diketahui pada Februari 2019, pabrikan Jepang itu merilis generasi terbaru MPV andalannya yang berwajah kembar dengan Xpander yakni Livina.

"Merek Nissan masih akan hidup di Indonesia dan fokus pada SUV serta MPV," ungkap COO Nissan Ashwani Gupta dalam konferensi pers bersama dengan jajaran direksi lainnya. 

>>> Formula Pabrikan Mobil di Indonesia Hadapi New Normal

MPV merupakan salah satu segmen yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Mobil yang memiliki beragam fungsi ini juga identik dengan masyarakat di Tanah Air. Tak heran jika pabrikan yang bermarkas di Yokohama itu turut ambil bagian di dalamnya. 

Demikian pula dengan SUV. Dalam beberapa tahun belakangan tren SUV juga ikut mencuat di Indonesia. Celah tersebutlah yang diambilnya untuk bersaing dengan para kompetitornya. 

"DNA Nissan di Indonesia itu SUV dan MPV maka dari itu kami memutuskan untuk merilis Kicks e-Power dan Serena e-Power dan kami akan meneruskan untuk mengimpor CBU ke Indonesia," jelas Ashwani. 

>>> Orang Berduit Manfaatkan Momen Pandemi Corona untuk Beli Mobil Bekas

Segera Meluncurkan Kicks

Tak sekadar meluncurkan model baru. Nissan juga memastikan seluruh konsumennya bisa terlayani dengan baik. Artinya, masyarakat yang memiliki mobil Nissan tidak perlu khawatir untuk melakukan perawatan dan juga servis. 

Nissan Kicks

Kicks e-Power bakal diboyong ke Indonesia

"Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada pelanggan kami di sini," ungkap Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi belum lama ini soal penghentian produksi mobil di pabrik Purwakarta. 

Sedangkan untuk merek mobil murahnya Datsun, Nissan sudah memutuskan untuk menyetop produksi serta penjualannya. Penghentian penjualan merek Datsun juga merupakan salah satu langkah yang ditempuh Nissan dalam efisiensi biaya yang dilakukan oleh perusahaan. 

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini  

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Tips Singkat Memeriksa Mobil Menuju Era New Normal

31/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mobil yang tidak digunakan selama PSBB bisa menyebabkan masalah, sebaiknya sebelum new normal ada baiknya cek dulu kondisinya. Berikut tipsnya dari Auto2000.

Lihat juga

Begini Tips Aman Menjual Mobil di Tengah Pandemi Corona

27/05/2020

Jual beli

3 menit

Tak bisa dipungkiri ada beberapa orang yang memutuskan untuk tetap menjual mobil di tengah pandemi corona. Supaya tetap aman simak tips-tipsnya berikut ini.

Lihat juga

Kondisi New Normal Berpotensi Kerek Penjualan Mobil Baru

28/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Industri otomotif Indonesia harus beradaptasi dengan kondisi New Normal. Kondisi ini juga disebut-sebut dapat meningkatkan penjualan mobil di Indonesia.

Lihat juga
 
back to top