Pabrik Transparent Disiapkan Jadi 'Rumah' Mobil Listrik VW ID.3

01/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Lokasi pabrik tersebut sebelumnya rumah bagi e-Golf sejak Maret 2017 silam. Kini pabrik tersebut telah diatur menjadi basis produksi dari mobil listrik ID.3.

Pabrik Transparent Volkswagen di Dresden Jerman telah menjadi basis produksi kedua bagi mobil listrik ID.3. Selain itu, pabrik tersebut juga telah dipersiapkan untuk menjadi pusat mobilitas masa depan bagi seri ID.

>>> Jarak Tempuh VW ID.3 Tembus 531 Km Dengan Sekali Pengisian Daya

Gambar menunjukan Pabrik VW

Pabrik Transparent Volkswagen di Dresden Jerman 

Menawarkan Banyak Fasilitas

Volkswagen telah berencana agar pabrik tersebut bukan hanya memproduksi mobil saja. Tetapi menawarkan juga kepada pelanggan, pengunjung, dan tamu pengalaman holistik dari keluarga ID, mulai dari saran awal dan uji coba, hingga kunjungan produksi hingga penyerahan mobil yang telah dipesan. Selain itu pabrik tersebut juga menawarkan penelitian dan inovasi yang mendorong proyek inovatif dalam skala percontohan untuk digunakan untuk Volkswagen Group.

“Pabrik Transparent memainkan peran penting dalam merek Volkswagen. Di sini, pengunjung, pelanggan, dan tamu bersentuhan langsung dengan mobilitas masa depan. Kami adalah pabrik produksi, objek wisata, lokasi acara, lab uji, dan pusat pengiriman, semuanya dalam satu. Dengan dimulainya produksi mobil listrik ID.3, kami memberikan lampu hijau untuk penataan kembali strategis kami,” kata Danny Auerswald, manajer lokasi Pabrik Transparent dalam keterangan resminya.

Lokasi pabrik tersebut sebelumnya telah menjadi rumah bagi proses pembuatan VW Phaeton yang telah diproduksi sebanyak 84.235 unit, Bentley Flying Spur 2.186 unit dan terakhir e-Golf telah berhasil diproduksi sebanyak 50.401 unit. Namun kini pabrik tersebut telah menjadi rumah dari produksi seri mobil listrik ID.3.

>>> Ini Dia Sebab Pelek Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Gambar menunjukan Platform mobil listrik

Platform Modular Electric Drive Toolkit

Jaringan Produksi MEB Berkembang di Seluruh Dunia

Pabrik Transparent sudah menjadi pabrik keempat di dunia yang memproduksi mobil listrik Volkswagen berdasarkan Modular Electric Drive Toolkit (MEB). Pabrik Zwickau menjadi pabrik pertama yang memproduksi mobil listrik berbasis platform MEB. Pada akhir tahun 2020, pabrik Cina di Anting dan Foshan juga mulai memproduksi kendaraan MEB. 

Bersama-sama, keempat pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi maksimum lebih dari 900.000 kendaraan setahun. Pabrik Volkswagen berikutnya di Emden, Hanover dan Chattanooga (AS) juga sedang mempersiapkan produksi mobil menggunakan MEB.

“Volkswagen terus melakukan ekspansi ke pasar mobil listrik. Selain model listrik baru, ini juga termasuk transformasi jaringan produksi global. Di Dresden, kami telah mengubah situs Volkswagen keempat yang memproduksi mobil berdasarkan MEB. Pada saat yang sama, kami meningkatkan produksi volume di pabrik Zwickau dan di dua pabrik MEB China setiap minggu. Dengan melakukan itu, kami menegaskan kembali ambisi kami untuk mengambil peran sebagai pemimpin global dalam mobilitas listrik,” ungkap Thomas Ulbrich, Anggota Dewan Manajemen Mobilitas Listrik Volkswagen.

>>> Polisi Targetkan Tilang Elektronik Berlaku Maret 2021 di 19 Provinsi

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top