Pabrik Toyota di China Mulai Kembali Beroperasi

16/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pabrik Toyota di China Mulai Kembali Beroperasi
Aktivitas industri otomotif di China mulai berangsur normal, beberapa pabrik kembali beroperasi setelah libur panjang akibat Virus Corona, salah satunya Toyota.

Virus Corona, yang kini dianggap sebagai pandemic, masih jauh dari kata mereda, namun kondisi di negara asal virus, China, sudah mulai berangsur pulih, di mana dari 80.858 kasus yang tercatat, 67.752 di antaranya telah sembuh. Hal ini jelas menjadi kabar baik bagi industri otomotif global, yang selama satu bulan terakhir seolah mati suri karena penyebaran Covid-19.

Seperti diberitakan Automotive News, Toyota Motor Corp. mengatakan pada Jumat (13/3) bahwa kegiatan produksi di pabrik Toyota di Guangzhou, China, akan kembali seperti biasa mulai Senin (16/3) setelah satu bulan libur karena penyebaran virus Covid-19.

>>> Gara-gara Corona, pemerintah Cina beri subsidi untuk beli mobil

Sudah mulai beroperasi dua shift

Pabrik Toyota di bagian Tenggara China, yang memproduksi sedan Camry dan Toyota Yaris, akan kembali beroperasi seperti biasa dengan dua shift. Sebelumnya, pada awal bulan pabrik Toyota Guangzhou sudah mulai beroperasi satu shift.

Toyota C-HR dan Camry berada di ujung production line pabrik

Beberapa pabrik Toyota Cina sudah mulai beroperasi dua shift

Sementara itu, operasional dua pabrik Toyota lainnya di Changchun, provinsi Jilin, dan Chengdu, provinsi Sichuan, juga sudah kembali ke normal. Satu-satunya pabrik yang masih menerapkan shift tunggal adalah di wilayah Tianjin, dengan kondisi normal dua shift pada awal tahun.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Rantai pasokan global kembali stabil

Pembuat mobil global masih terus bergulat dengan produksi mobil di Cina akibat penundaan logistik dan terbatasnya tenaga kerja. Alhasil, kembalinya industri otomotif Cina setelah libur panjang akibat Virus Corona akan memulihkan mata rantai pasokan suku cadang mobil global.

Pabrik pembuatan spare parts mobil di provinsi Hubei, Cina

Pulihnya industri otomotif Cina dapat mempengaruhi rantai pasokan global

>>> Selalu update kabar terbaru seputar pasar mobil di sini

Wakil Menteri Industri China, Xin Guobin, mengatakan pada Jumat (13/3) bahwa pabrik suku cadang di provinsi Hubei akan kembali beroperasi secara perlahan, mengingat Hubei jadi salah satu daerah dengan penyebaran Virus Corona paling parah, dan sedang coba memulihkan kondisi ekonominya.

Xin mengonfirmasi kepada para wartawan dalam sebuah konferensi pers bahwa Kementrian Industri Cina akan memonitor situasi terkini pabrik suku cadang mobil di Hubei, dan memastikan pasokan rantai global kembali stabil.

>>> Temukan berbagai  tips dantrik yang berguna di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Corona Hantam Italia, Pabrik Ferrari Ditutup Sementara

16/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Dampak penyebaran Virus Corona yang sangat masif di Italia, pabrik Ferrari yang mengatur seluruh kegiatan operasionalnya ditutup, termasuk markas tim Formula 1 yang batal berlaga di Australia.

Lihat juga

Di Tiongkok, Orang Ogah Beli Mobil pada Musim Corona

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Selain kesehatan virus corona atau COVID-19 berdampak juga pada perekonomian di Tiongkok. Lalu bagaiamana kondisi beli mobil pada musim corona di Tiongkok?

Lihat juga

Hindari Wabah Coronavirus, GM dan Ford Batasi Perjalanan ke China

26/01/2020

Pasar mobil

2 menit

General Motors, Ford dan pabrikan otomotif Amerika lainnya membatasi perjalanan ke China untuk melindungi karyawan dari penyebaran coronavirus yang mematikan.

Lihat juga

Wabah Virus Corona, Beberapa Pabrikan Tutup Sementara Pabriknya di China

03/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona, beberapa pabrikan ambil langkah antisipatif dengan menutup sementara pabrik dan fasilitas lainnya di China

Lihat juga

Wow, Wabah Virus Corona di Tiongkok Justru Bisa Tingkatkan Penjualan Mobil?

03/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Akibat penyebaran wabah virus Corona yang begitu masif, penjualan mobil di Tiongkok malah justru diprediksi dapat meningkat. Bagaimana bisa?

Lihat juga