Pabrik Porsche Pertama di Luar Jerman Siap Dibangun di Malaysia

09/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Laporan terbaru menyebutkan bahwa Porsche sedang mempersiapkan pembangunan pabrik perakitan di Malaysia, pabrik Porsche pertama yang berada di luar Jerman.

Porsche sepertinya sedang bersiap menggeluti pasar Asia, tak terkecuali kawasan ASEAN. Porsche saat ini dilaporkan sedang mempersiapkan pabrikan perakitan di Malaysia. Jika diresmikan, maka pabrik Porsche ini menjadi yang fasilitas perakitan pertama di luar Jerman dalam hampir 90 tahun umur produsen mobil premium ini.

Investasi di pasar Asia Tenggara

Dilansir dari The Edge, fasilitas ini akan berlokasi di Kulim, Kedah, 27 kilometer dari timur ibu kota Penang, George Town. Porsche turut menggandeng Inokom sebagai partner lokalnya. Inokom merupakan anak perusahaan Sime Darby yang telah menjadi distributor lokal Porsche di Malaysia sejak 2010 silam.

“Sudah cukup banyak investasi besar yang masuk ke Malaysia di bidang otomotif, tapi pemerintah belum mengumumkannya. Karena pandemi Covid-19 dan movement control order (MCO), banyak pelaku tidak bisa datang ke Malaysia,” ungkap seorang sumber yang tak disebutkan namanya kepada The Edge.

rencana pabrik Porsche yang akan dibangun di Malaysia
Pabrik Porsche yang dipersiapkan dibangun di Kulim, Kedah

>>> Porsche Taycan Siapkan Varian Murah Berpenggerak RWD, Harganya?

Sumber lain menyebutkan insentif yang diberikan terhadap investasi tersebut telah disetujui oleh Kementerian Keuangan Malaysia. Begitu pula dengan kepastian Inokom membangun pabrik baru khusus untuk Porsche di Kulim. Fasilitas Kulim Inokom sebelumnya sudah meluncurkan produk CKD (Completely Knock Down) milik BMW dan Hyundai.

Ketika diwawancarai oleh The Edge, wakil direktur komunikasi serta juru bicara Porsche, Christian Weiss, mengatakan bahwa, "ASEAN adalah kawasan yang menjanjikan dengan potensi besar, dan kami terus memeriksa opsi untuk pertumbuhan lebih lanjut di pasar ini.”

>>> Porsche 911 Jadi Mobil Klasik Paling Diburu Kolektor

Pabrik pertama di luar Jerman

Porsche merupakan salah satu pabrikan yang eksklusif. Pasalnya sebagian besar mobil baru Porsche diproduksi secara lokal di pabrik Porsche di Leipzig dan Zuffenhausen. Namun ini bukan kali pertama mobil Porsche dirakit di luar negeri. SUV Porsche Cayenne lebih dulu dirakit di pabrik produksi mobil Volkswagen di Bratislava, Slovakia.

pabrik Porsche di Leipzig yang merakit mobil baru Porsche
Pabrik Porsche Leipzig tempat perakitan mobil baru Porsche

Perkembangan otomotif di Malaysia semakin tinggi. Negara tetangga ini terus kedatangan investasi dari berbagai pabrikan otomotif. Sejak 2015, tak kurang dari 27 pabrikan mobil, termasuk Mazda, Mercedes-Benz, hingga BMW, memiliki pabrik perakitan maupun produksi kendaraan di Malaysia. Namun sebagian besar diproduksi untuk pasar lokal serta sebagian datang sebagai model rakitan atau CKD.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top