Pabrik Mercedes-Benz di Bogor Tak Terganggu dari Virus Corona

12/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Pabrik Mercedes-Benz di Bogor Tak Terganggu dari Virus Corona
Penyebaran virus corona di Jerman dilaporkan terus meningkat. Masifnya penyebarannya dikhawatirkan pengaruhi distribusi suplai komponen, termasuk ke Indonesia.

PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia mengkonfirmasi hingga saat ini proses produksi di pabrik Wanaherang, Gunung Putri, Bogor tidak berdampak akibat virus corona atau COVID-19. Pabrik Wanaherang merupakan basis produksi lokal untuk C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE, dan GLS.

Gambar menunjukan Mercedes pabrik wanaherang

Versi rakitan lokal Mercedes-Benz GLC terbaru hadir di pabrik Wanaherang

>>> Mercedes-Benz Resmikan Dealer Baru di Kota Makassar

Rantai Pasok Mercedes-Benz Indonesia Masih Aman

Seperti diketahui Jerman adalah 'rumah' bagi Mercedes-Benz dan saat ini dikabarkan sebanyak 1.112 warga Jerman dinyatakan positif terjangkit virus COVID-19. Meski sejauh ini belum ada laporan terkait korban kematian akibat virus corona, dikhawatirkan distribusi suplai komponen ke beberapa negara termasuk Indonesia terhenti akibat virus tersebut.

Ditemui di acara Star Drive di Senayan City, Jakarta, Kariyanto Hardjosoemarto selaku Deputy Director Sales Operations and Product Management PT. MBDI memaparkan hingga saat ini proses produksi di pabrik Wanaherang masih aman. “Sejauh ini rantai pasokan produksi kami dari Jerman tidak ada gangguan akibat efek virus corona.” ungkapnya.

>>> Ini Rekomendasi Buah untuk Mencegah Virus Corona Bagi Pengemudi

Gambar menunjukan Event Star Drive Mercedes-Benz

SUV GLC 200 tengah diuji coba calon pelanggan Mercedes-Benz di Senayan City

>>> Tips Merawat Mobil untuk Mencegah Virus Corona dari Lyft dan Uber

Meski kapasitas produksi masih aman, Kariyanto menjelaskan penjualan Mercedes-Benz awal tahun ini masih cukup lambat akibat musibah banjir awal tahun lalu dan mewabahnya virus COVID-19 baru-baru ini di Indonesia.

“Dari sisi supply tidak ada kendala, tapi kalau ditanya efek virus corona terhadap penjualan, kami pikir itu masih terlalu dini, kami belum bisa memberikan pernyataan secara terukur. Awal tahun ini memang agak lambat karena ada musibah banjir dan corona kasusnya ramai baru belakangan ini. Tapi kami masih terus memantau perkembangan virus ini.” ungkapnya.

>>> Updatelah berita terbaru di pasar mobil dengan klik sini

Mercedes-Benz Harap Kondisi Bisa Kembali Pulih

Meski saat ini  virus COVID-19 semakin masif penularannya di Indonesia, semua rencana yang dijadwalkan Mercedes-Benz tahun ini masih sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Bicara rencana kami kedepannya yang telah kami buat sampai saat ini belum ada perubahan dari yang sudah direncanakan. Tetapi tentu kami juga akan melihat aturan yang ditetapkan pemerintah pusat maupun daerah. Kami berharap kedepan ditemukan penyembuh untuk virus COVID-19 ini dan penularannya semakin menurun.” tutup Kariyanto.

Saat ini Mercedes-Benz tengah mengadakan acara test drive bertajuk Star Drive yang berlangsung sejak hari ini Kamis (12/3/2020) sampai Minggu (15/3/2020) di Senayan City, Jakarta. Acara kesempatan uji kendaraan ini menawarkan 9 model yang dipajang dan 11 model untuk diuji kemewahan dan kenyamanannya.

>>> Berita otomotif menarik lainnya dari seluruh dunia ada di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top