Pabrik Mazda Kembali Beroperasi, MX-30 Mulai Diproduksi

24/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Dengan pembatasan di tengah pandemi COVID-19 mulai dilonggarkan, pabrik Mazda di berbagai belahan dunia ngebul lagi. Selain itu, SUV listrik MX-30 juga mulai diproduksi.

Seiring dengan pembatasan di tengah pandemi COVID-19 dilonggarkan, Mazda mengumumkan pihaknya akan kembali memulai operasional pabrik dan dealernya secara bertahap di seluruh dunia.

>>> Mazda MX-30 siapkan varian range extender dengan mesin rotary

Dimulai dari dua pabrik Mazda di Ujina, Jepang, Hofu, dan Yamaguchi akan dibuka mulai Juni. Meski secara operasional masih berjalan satu shift saat kembali dibuka.

Target produksi dua kali lipat dari bulan April, mulai produksi Mazda MX-30

Di saat yang sama, pabrik Mazda di Meksiko juga akan dibuka, sementara itu fasilitas perakitan milik AutoAlliance Thailand (AAT) di Provinsi Rayong, Thailand, akan ditutup selama 12 hari.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Secara keseluruhan, Mazda berharap volume produksi di fasilitasnya naik dua kali lipat pada bulan Mei, meski penyesuaian yang berlaku sepanjang bulan April masih akan berlanjut. Seiring kembali aktifnya operasional pabrik Mazda, mobil listrik MX-30 akan mulai dirakit di pabrik Ujima.

Mobil listrik Mazda MX-30 dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019

Tampak samping Mazda MX-30 yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019

Sosok Crossover listrik MX-30 yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di Tokyo Motor Show 2019

Mazda MX-30 merupakan mobil listrik pertama Mazda, yang hadir dalam bentuk body SUV kompak. Beberapa ciri khas pada mobil ini adalah model pintu suicide doors yang terinspirasi dari sportscar RX-8, dan tidak adanya pillar-B yang memberikan akses leluasa ke dalam kabin, yang hadir dengan konsol tengah touchscreen yang dibuat mengambang dan layar 7 inci yang dibuat sebagai climate control panel.

>>> Jangan lewatkan kabar terbaru seputar pasar mobil di sini

Mazda MX-5 memakai layout motor elektrik depan, yang menghasilkan tenaga 141 HP dan torsi 264 Nm, dengan baterai berkapasitas 35,5 kWh yang ditaruh di bagian bawah sasis, dapat menghasilkan jarak tempuh sekitar 200 km, selain itu akan hadir juga model range extender dengan mesin rotary yang akan ditawarkan akhir tahun ini.

Kontrol panel Mazda MX-30

Mazda MX-30 memakai panel layar sentuh berukuran 7 inci

Untuk pengisian, Mazda MX-30 memakai konceksi AC 6,6 kW sebagai standar, atau 50 kW dengan DC baik itu memakai CHAdeMO atau CCS plug, yang bisa mengisi dari 0-80% dalam waktu 30-40 menit. MX-30 juga akan mendapat berbagai teknologi terbaru Mazda seperti G-Vectoring Control, e-GVC Plus, yang memanfaatkan motor listrik untuk memberi kontrol lebih baik dari perpindahan beban dari depan ke belakang.

Produksi mobil sesuai pesanan

Meski sudah mulai memproduksi mobil lagi, proses perakitan di pabrik Mazda akan berjalan sesuai pesanan, dan tidak akan menghadirkan unit ready stock sampai beberapa waktu.

Mazda CX-5 selesai dirakit di pabrik Mazda Hiroshima

Mazda hanya akan memproduksi mobil sesuai dengan permintaan pelanggan

Hal ini dilakukan Mazda untuk menjaga permintaan pelanggan, sembari terus mengimplementasikan prosedur keselamatan dan kesehatan dari ancaman penyebaran Virus Corona.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top